INSTRUMEN, PETUNJUK TEKNIS DAN DATA PENDUKUNG
STANDAR PROSES AKREDITASI SMA/MA
16.
|
Sekolah/Madrasah mengembangkan silabus secara
mandiri atau cara lainnya berdasarkan standar isi, standar kompetensi
lulusan, dan panduan penyusunan KTSP.
|
|
5 A.
|
Mengembangkan silabus secara mandiri.
|
|
5 B.
|
Mengembangkan silabus melalui kelompok guru
mata pelajaran dalam sebuah sekolah/madrasah.
|
|
5 C.
|
Mengembangkan silabus melalui kelompok guru dari
beberapa sekolah/madrasah.
|
|
5 D.
|
Mengembangkan silabus dengan mengadopsi contoh
yang sudah ada.
|
|
5 E.
|
Tidak mengembangkan silabus.
|
|
16.
|
Sudah jelas.
|
16. Proses
pengembangan silabus.
No.
|
Cara pengembangan silabus
|
Mata pelajaran
|
1
|
Silabus dikembangkan
sendiri
|
................................................
|
2
|
Silabus dikembangkan
dengan MGMP tingkat sekolah/madrasah
|
...............................................
|
3
|
Silabus dikembangkan
dengan MGMP tingkat kab/kota
|
...............................................
|
4
|
Silabus mengadopsi contoh yang sudah ada
|
...............................................
|
17.
|
Setiap mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.
|
|
5 A.
|
Sebanyak 13 (tiga belas) mata pelajaran atau
lebih memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 9 (sembilan) sampai 12 (dua belas)
mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 5 (lima) sampai 8 (delapan) mata
pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1 (satu) sampai 4 (empat) mata
pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.
|
|
5 E.
|
Tidak ada satu pun mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari
silabus.
|
17.
|
RPP yang dikembangkan guru memuat:
a.
Identitas mata pelajaran.
b.
SK.
c.
KD dari silabus yang akan dicapai.
d.
Indikator pencapaian kompetensi.
e.
Tujuan pembelajaran.
f.
Materi ajar.
g.
Alokasi waktu yang diperlukan.
h.
Metode pembelajaran.
i.
Kegiatan pembelajaran.
j.
Penilaian hasil belajar, dan
k.
Sumber belajar.
Jumlah mata pelajaran dimaksud diperhitungkan pada setiap program/
jurusan (IPA, IPS, Bahasa, dan/atau Keagamaan).
|
17. Mata pelajaran yang memiliki RPP.
No.
|
Mata pelajaran yang telah
memiliki RPP
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
|
6
|
|
7
|
|
8
|
|
9
|
|
10
|
|
11
|
|
12
|
|
18.
|
Penyusunan RPP sudah memerhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan teknologi
informasi dan komunikasi.
|
|
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100% RPP sudah memerhatikan
prinsip perbedaan individu siswa,
mendorong partisipasi aktif siswa,
dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75% RPP sudah memerhatikan prinsip
perbedaan individu siswa,
mendorong partisipasi aktif siswa,
dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% RPP sudah memerhatikan prinsip
perbedaan individu siswa,
mendorong partisipasi aktif siswa,
dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% RPP sudah memerhatikan
prinsip perbedaan individu siswa,
mendorong partisipasi aktif siswa,
dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
|
|
5 E.
|
Tidak ada satu pun RPP memerhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan teknologi
informasi dan komunikasi.
|
18.
|
Jawaban dibuktikan dengan mengecek metode pembelajaran serta sumber
belajar dan/atau media pembelajaran dalam RPP.
|
18. RPP yang telah memenuhi prinsip-prinsip
penyusunan.
No.
|
Mata pelajaran yang telah
memenuhi prinsip-prinsip penyusunan RPP
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
|
6
|
|
7
|
|
8
|
|
9
|
|
10
|
|
11
|
|
12
|
|
19.
|
Sekolah/Madrasah melaksanakan proses pembelajaran dengan memenuhi
persyaratan yang ditentukan.
|
|
5 A.
|
Memenuhi 4 (empat) persyaratan pelaksanaan
proses pembelajaran.
|
|
5 B.
|
Memenuhi 3 (tiga) persyaratan pelaksanaan proses
pembelajaran.
|
|
5 C.
|
Memenuhi 2 (dua) persyaratan pelaksanaan proses
pembelajaran.
|
|
5 D.
|
Memenuhi 1 (satu) persyaratan pelaksanaan
proses pembelajaran.
|
|
5 E.
|
Tidak memenuhi persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran.
|
19.
|
Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
meliputi:
a.
Rombongan belajar SMA/MA maksimal 32 siswa.
Dalam akreditasi ini setidaknya 90% rombongan belajar tidak melebihi
persyaratan maksimal siswa.
b.
Beban mengajar guru sekurang-kurangnya 24 jam tatap
muka dalam satu minggu.
Dalam akreditasi ini setidaknya 90% guru memenuhi persyaratan minimal
tatap muka.
c.
Tersedianya 1 (satu) buku teks pelajaran untuk setiap
siswa.
Dalam akreditasi ini setidaknya 90% siswa terpenuhi persyaratan
ketersediaan buku teks.
d.
Pengelolaan kelas.
|
19. Persyaratan proses pembelajaran.
No.
|
Persyaratan proses pembelajaran
|
1
|
Jumlah siswa tiap kelas, rata-rata
= .............siswa
|
2
|
Jumlah jam beban mengajar
guru, rata-rata = .............jam/minggu
|
3
|
Perbandingan jumlah buku
teks : siswa = .......... : .........
|
4
|
Pengelolaan kelas yang
dilakukan:
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
|
20.
|
Proses pembelajaran di sekolah/madrasah dilaksanakan sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100% guru melaksanakan proses
pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75% guru melaksanakan proses
pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% guru melaksanakan proses
pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% guru melaksanakan proses
pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
5 E.
|
Tidak ada seorang pun guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
20.
|
Langkah-langkah pembelajaran meliputi:
a.
Kegiatan pendahuluan.
b.
Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi),
dan
c.
Kegiatan penutup.
Jawaban dibuktikan dengan observasi secara acak saat melakukan visitasi,
dan/atau melihat hasil supervisi kepala sekolah/madrasah, dan/atau melihat
kesesuaian RPP dengan pelaksanaan proses pembelajaran, dan/atau mengamati
hasil penilaian berbasis kelas yang dilakukan oleh guru.
|
20. Langkah-langkah
pembelajaran.
No.
|
Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
|
21.
|
Pemantauan proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/ madrasah
mencakup tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian hasil
pembelajaran.
|
|
5 A.
|
Mencakup 3 (tiga) tahap pemantauan serta
dilakukan diskusi hasil pemantauan.
|
|
5 B.
|
Mencakup 3 (tiga) tahap pemantauan tanpa
dilakukan diskusi hasil pemantauan.
|
|
5 C.
|
Mencakup 2 (dua) tahap pemantauan.
|
|
5 D.
|
Mencakup 1 (satu) tahap pemantauan.
|
|
5 E.
|
Tidak pernah melakukan pemantauan.
|
21.
|
Tahap-tahap pemantauan meliputi:
a.
Perencanaan.
b.
Pelaksanaan, dan
c.
Penilaian hasil pembelajaran.
Jawaban dibuktikan dengan laporan pemantauan proses pembelajaran pada
setiap tahapnya disertai catatan kepala sekolah/madrasah dan tanda tangan
guru yang dipantau.
|
21. Pemantauan proses
pembelajaran.
No.
|
Tgl. pemantauan
|
Nama guru yg dipantau
|
Tahap yang dilakukan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
22.
|
Supervisi proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah
dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
|
|
5 A.
|
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui
4 (empat) cara.
|
|
5 B.
|
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui
3 (tiga) cara.
|
|
5 C.
|
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui
2 (dua) cara.
|
|
5 D.
|
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui
1 (satu) cara.
|
|
5 E.
|
Tidak melakukan supervisi.
|
22.
|
Tahap-tahap supervisi meliputi:
a.
Tahap perencanaan.
b.
Tahap pelaksanaan, dan
c.
Tahap penilaian hasil pembelajaran.
Jawaban dibuktikan dengan laporan pelaksanaan supervisi proses
pembelajaran pada setiap aspeknya, mencakup 4 (empat) cara yaitu: pemberian
contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
|
22. Supervisi proses
pembelajaran.
No.
|
Tgl. supervisi
|
Nama guru yg disupervisi
|
Cara yang dilakukan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
23.
|
Evaluasi proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah.
|
|
5 A.
|
Dengan memerhatikan 2 (dua) aspek evaluasi
yaitu proses pembelajaran dan kinerja guru.
|
|
5 B.
|
Dengan memerhatikan 1 (satu) aspek evaluasi
yaitu proses pembelajaran.
|
|
5 C.
|
Dengan memerhatikan 1 (satu) aspek evaluasi
yaitu kinerja guru.
|
|
5 D.
|
Evaluasi dilakukan tetapi tidak memerhatikan
kedua aspek evaluasi.
|
|
5 E.
|
Tidak ada proses evaluasi.
|
23.
|
Jawaban dibuktikan dengan catatan hasil
evaluasi proses pembelajaran oleh kepala sekolah/madrasah.
|
23. Evaluasi proses pembelajaran.
No.
|
Tgl. evaluasi
|
Nama guru yg dievaluasi
|
Aspek yang dievaluasi
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
24.
|
Kepala sekolah/madrasah melaporkan pengawasan proses pembelajaran kepada
pemangku kepentingan.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 A.
|
Pengawasan dilaporkan kepada yang bersangkutan,
dewan guru, dan pengawas sekolah/madrasah.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 B.
|
Pengawasan dilaporkan kepada yang bersangkutan
dan dewan guru.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 C.
|
Pengawasan dilaporkan kepada yang bersangkutan
saja.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 D.
|
Tidak dilaporkan.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 E.
|
Tidak melakukan pengawasan.
|
|||||||||||||||||||||||||||
24
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
24
|
Pelaporan pengawasan proses pembelajaran.
|
|||||||||||||||||||||||||||
25.
|
Kepala sekolah/madrasah melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan
proses pembelajaran.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100% hasil pengawasan selama
satu tahun terakhir dilakukan tindak lanjut.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75% hasil pengawasan selama satu
tahun terakhir dilakukan tindak lanjut.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% hasil pengawasan selama satu
tahun terakhir dilakukan tindak lanjut.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% hasil pengawasan selama satu
tahun terakhir dilakukan tindak lanjut.
|
|||||||||||||||||||||||||||
5 E.
|
Tidak ada satu pun hasil pengawasan ditindaklanjuti.
|
|||||||||||||||||||||||||||
25.
|
Bukti tindak lanjut meliputi:
a.
Memberikan penghargaan terhadap guru yang telah
memenuhi standar, dan/atau
b.
Memberikan teguran yang bersifat mendidik terhadap guru
yang belum memenuhi standar, dan/atau
c.
Memberikan kesempatan para guru untuk mengikuti
pelatihan/penataran.
|
|||||||||||||||||||||||||||
25. Tindak lanjut hasil pengawasan proses
pembelajaran.
No.
|
Hasil pengawasan
|
Bentuk tindak lanjut
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar