Senin, 12 November 2012

Standar Proses Akreditasi SMA/MA


INSTRUMEN, PETUNJUK TEKNIS DAN DATA PENDUKUNG
STANDAR PROSES AKREDITASI SMA/MA


16.
Sekolah/Madrasah mengembangkan silabus secara mandiri atau cara lainnya berdasarkan standar isi, standar kompetensi lulusan, dan panduan penyusunan KTSP. 

5  A.
Mengembangkan silabus secara mandiri.

5   B.
Mengembangkan silabus melalui kelompok guru mata pelajaran dalam sebuah sekolah/madrasah.

5  C.
Mengembangkan silabus melalui kelompok guru dari beberapa sekolah/madrasah.

5  D.
Mengembangkan silabus dengan mengadopsi contoh yang sudah ada.

5  E.
Tidak mengembangkan silabus.          
16.
Sudah jelas.
16.  Proses pengembangan silabus.

No.
Cara pengembangan silabus
Mata pelajaran
1
Silabus dikembangkan sendiri
................................................
2
Silabus dikembangkan dengan MGMP tingkat sekolah/madrasah

...............................................
3
Silabus dikembangkan dengan MGMP tingkat kab/kota

...............................................
4
Silabus mengadopsi contoh yang sudah ada

...............................................


17.
Setiap mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.

5  A.
Sebanyak 13 (tiga belas) mata pelajaran atau lebih memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.

5   B.
Sebanyak 9 (sembilan) sampai 12 (dua belas) mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.

5  C.
Sebanyak 5 (lima) sampai 8 (delapan) mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.

5  D.
Sebanyak 1 (satu) sampai 4 (empat) mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.

5  E.
Tidak ada satu pun mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus. 

17.
RPP yang dikembangkan guru memuat:
a.        Identitas mata pelajaran.
b.        SK.
c.         KD dari silabus yang akan dicapai.
d.        Indikator pencapaian kompetensi.
e.        Tujuan pembelajaran.
f.         Materi ajar.
g.        Alokasi waktu yang diperlukan.
h.        Metode pembelajaran.
i.          Kegiatan pembelajaran.
j.          Penilaian hasil belajar, dan
k.        Sumber belajar.
Jumlah mata pelajaran dimaksud diperhitungkan pada setiap program/ jurusan (IPA, IPS, Bahasa, dan/atau Keagamaan).
17.  Mata pelajaran yang memiliki RPP.

No.
Mata pelajaran yang telah memiliki RPP
1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12





18.
Penyusunan RPP sudah memerhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

5  A.
Sebanyak 76% - 100% RPP sudah memerhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

5   B.
Sebanyak 51% - 75% RPP sudah memerhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

5  C.
Sebanyak 26% - 50% RPP sudah memerhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

5  D.
Sebanyak 1% - 25% RPP sudah memerhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

5  E.
Tidak ada satu pun RPP memerhatikan prinsip perbedaan individu siswa, mendorong partisipasi aktif siswa, dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

18.
Jawaban dibuktikan dengan mengecek metode pembelajaran serta sumber belajar dan/atau media pembelajaran dalam RPP.
18.  RPP yang telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan.

No.
Mata pelajaran yang telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan RPP
1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12




19.
Sekolah/Madrasah melaksanakan proses pembelajaran dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

5  A.
Memenuhi 4 (empat) persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran.

5   B.
Memenuhi 3 (tiga) persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran.

5  C.
Memenuhi 2 (dua) persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran.

5  D.
Memenuhi 1 (satu) persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran.

5  E.
Tidak memenuhi persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran.

19.
Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran meliputi:
a.      Rombongan belajar SMA/MA maksimal 32 siswa.
Dalam akreditasi ini setidaknya 90% rombongan belajar tidak melebihi persyaratan maksimal siswa.
b.      Beban mengajar guru sekurang-kurangnya 24 jam tatap muka dalam satu minggu.
Dalam akreditasi ini setidaknya 90% guru memenuhi persyaratan minimal tatap muka.
c.      Tersedianya 1 (satu) buku teks pelajaran untuk setiap siswa.
Dalam akreditasi ini setidaknya 90% siswa terpenuhi persyaratan ketersediaan buku teks.
d.     Pengelolaan kelas.
19.  Persyaratan proses pembelajaran.

No.
Persyaratan proses pembelajaran
1
Jumlah siswa tiap kelas, rata-rata = .............siswa
2
Jumlah jam beban mengajar guru, rata-rata = .............jam/minggu
3
Perbandingan jumlah buku teks : siswa = .......... : .........
4
Pengelolaan kelas yang dilakukan:
   ................................................................................................
   ................................................................................................
   ................................................................................................
   ................................................................................................


20.
Proses pembelajaran di sekolah/madrasah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

5  A.
Sebanyak 76% - 100% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

5   B.
Sebanyak 51% - 75% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

5  C.
Sebanyak 26% - 50% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

5  D.
Sebanyak 1% - 25% guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

5  E.
Tidak ada seorang pun guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

20.
Langkah-langkah pembelajaran meliputi:
a.        Kegiatan pendahuluan.
b.        Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi), dan
c.         Kegiatan penutup.
Jawaban dibuktikan dengan observasi secara acak saat melakukan visitasi, dan/atau melihat hasil supervisi kepala sekolah/madrasah, dan/atau melihat kesesuaian RPP dengan pelaksanaan proses pembelajaran, dan/atau mengamati hasil penilaian berbasis kelas yang dilakukan oleh guru.

20.  Langkah-langkah pembelajaran.

No.
Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan
1

2

3

4

5





21.
Pemantauan proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/ madrasah mencakup tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian hasil pembelajaran.

5  A.
Mencakup 3 (tiga) tahap pemantauan serta dilakukan diskusi hasil pemantauan.

5   B.
Mencakup 3 (tiga) tahap pemantauan tanpa dilakukan diskusi hasil pemantauan.

5  C.
Mencakup 2 (dua) tahap pemantauan.

5  D.
Mencakup 1 (satu) tahap pemantauan.

5  E.
Tidak pernah melakukan pemantauan.

21.
Tahap-tahap pemantauan meliputi:
a.        Perencanaan.
b.        Pelaksanaan, dan
c.         Penilaian hasil pembelajaran.
Jawaban dibuktikan dengan laporan pemantauan proses pembelajaran pada setiap tahapnya disertai catatan kepala sekolah/madrasah dan tanda tangan guru yang dipantau.
21. Pemantauan proses pembelajaran.

No.
Tgl. pemantauan
Nama guru yg dipantau
Tahap yang dilakukan
1



2



3



4



5



6



7



8



9









          22.
Supervisi proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.

5  A.
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui 4 (empat) cara.

5   B.
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui 3 (tiga) cara.

5  C.
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui 2 (dua) cara.

5  D.
Melakukan supervisi proses pembelajaran melalui 1 (satu) cara.

5  E.
Tidak melakukan supervisi.

22.
Tahap-tahap supervisi meliputi:
a.        Tahap perencanaan.
b.        Tahap pelaksanaan, dan
c.         Tahap penilaian hasil pembelajaran.
Jawaban dibuktikan dengan laporan pelaksanaan supervisi proses pembelajaran pada setiap aspeknya, mencakup 4 (empat) cara yaitu: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
22. Supervisi proses pembelajaran.

No.
Tgl. supervisi
Nama guru yg disupervisi
Cara yang dilakukan
1



2



3



4



5



6



7



8



9








23.
Evaluasi proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah.

5  A.
Dengan memerhatikan 2 (dua) aspek evaluasi yaitu proses pembelajaran dan kinerja guru.

5   B.
Dengan memerhatikan 1 (satu) aspek evaluasi yaitu proses pembelajaran.

5  C.
Dengan memerhatikan 1 (satu) aspek evaluasi yaitu kinerja guru.

5  D.
Evaluasi dilakukan tetapi tidak memerhatikan kedua aspek evaluasi.

5  E.
Tidak ada proses evaluasi.

23.
Jawaban dibuktikan dengan catatan hasil evaluasi proses pembelajaran oleh kepala sekolah/madrasah.

23.  Evaluasi proses pembelajaran.

No.
Tgl. evaluasi
Nama guru yg dievaluasi
Aspek yang dievaluasi
1



2



3



4



5



6



7



8



9









24.
Kepala sekolah/madrasah melaporkan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan.


5  A.
Pengawasan dilaporkan kepada yang bersangkutan, dewan guru, dan pengawas sekolah/madrasah.


5   B.
Pengawasan dilaporkan kepada yang bersangkutan dan dewan guru.


5  C.
Pengawasan dilaporkan kepada yang bersangkutan saja.


5  D.
Tidak dilaporkan.


5  E.
Tidak melakukan pengawasan.

24
Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan seperti: guru yang bersangkutan, dewan guru, dan pengawas sekolah/madrasah.


24

Pelaporan pengawasan proses pembelajaran.

No.
Tgl. Pelaporan
Pihak yang mendapat laporan
Keterangan
1



2



3



4










25.
Kepala sekolah/madrasah melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses pembelajaran.


5  A.
Sebanyak 76% - 100% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir dilakukan tindak lanjut.


5   B.
Sebanyak 51% - 75% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir dilakukan tindak lanjut.


5  C.
Sebanyak 26% - 50% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir dilakukan tindak lanjut.


5  D.
Sebanyak 1% - 25% hasil pengawasan selama satu tahun terakhir dilakukan tindak lanjut.


5  E.
Tidak ada satu pun hasil pengawasan ditindaklanjuti.

25.
Bukti tindak lanjut meliputi:
a.        Memberikan penghargaan terhadap guru yang telah memenuhi standar, dan/atau
b.        Memberikan teguran yang bersifat mendidik terhadap guru yang belum memenuhi standar, dan/atau
c.         Memberikan kesempatan para guru untuk mengikuti pelatihan/penataran.

25. Tindak lanjut hasil pengawasan proses pembelajaran.

No.
Hasil pengawasan
Bentuk tindak lanjut
1


2


3


4





Tidak ada komentar:

Posting Komentar