Senin, 12 November 2012

EEK dalam RPP

Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

EKSPLORASI
ELABORASI
KONFIRMASI
Membaca tentang
Mendengar tentang
Berdiskusi tentang
Mengamati model (texy / karya)
Mengamati demonstrasi
Mengamati simulasi khusus
Mengamati 2 perbandingan (salah dan benar)
Mencoba melakukan kegiatan tertentu
Membaca kasus
Talk show
Berwawancara dengan sumber tertentu / menggali informasi
Observasi terhadap lingkungan
Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
Mencoba bereksperimen
Bernyanyi
Bermain

Diskusi / mandiri
Mengidentifikasi ciri
Menemukan knsep
Melakukan generalisasi
Mencari bagian-bagian
Mendeskrisikan persamaan dan perbedaan
Memasukkan ke dalam kelompok yang mana / memilah-memilih
Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki / analisa beda dan persamaannya
Menganalisis kejadian dari hasil eksperimen/demonstrasi
Meramalkan suatu eksperimen
Mengidentifikasi mana yang beda/sama dengan model perbandingan
Mengidentifikasi mana salah/benar, mengapa salah/benar
Mengurutkan
Mengelompokkan
Mengkombinasikan
Menyusun mana yang berhubunga mana yang tidak
Menghubung-hubungkan
Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model)
Penyimpulan
Memberikan balikan
Penjelasan mengapa salah
Penjelasan mana benar/salah
Meluruskan
Menegaskan
Melajutkan / menambahkan
Mengangkan kasus yang salah/ benar dan menjelaskan mengapa salah/benar
Memperluas contoh yang benar dan salah
Menjelaskan bagaimana seharusnya
Menciptakan rubrik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar