EKSPLORASI
|
ELABORASI
|
KONFIRMASI
|
Membaca tentang
Mendengar tentang
Berdiskusi tentang
Mengamati model (texy /
karya)
Mengamati demonstrasi
Mengamati simulasi khusus
Mengamati 2 perbandingan
(salah dan benar)
Mencoba melakukan kegiatan
tertentu
Membaca kasus
Talk show
Berwawancara dengan sumber
tertentu / menggali informasi
Observasi terhadap
lingkungan
Mencoba melakukan
kompetensi dengan kemampuan awalnya
Mencoba bereksperimen
Bernyanyi
Bermain
|
Diskusi / mandiri
Mengidentifikasi ciri
Menemukan knsep
Melakukan generalisasi
Mencari bagian-bagian
Mendeskrisikan persamaan
dan perbedaan
Memasukkan ke dalam
kelompok yang mana / memilah-memilih
Membandingkan dengan dunia
nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki / analisa beda dan persamaannya
Menganalisis kejadian dari
hasil eksperimen/demonstrasi
Meramalkan suatu eksperimen
Mengidentifikasi mana yang
beda/sama dengan model perbandingan
Mengidentifikasi mana
salah/benar, mengapa salah/benar
Mengurutkan
Mengelompokkan
Mengkombinasikan
Menyusun mana yang berhubunga
mana yang tidak
Menghubung-hubungkan
Memasangkan contoh dan
bukan contoh (memanfaatkan model)
|
Penyimpulan
Memberikan balikan
Penjelasan mengapa salah
Penjelasan mana benar/salah
Meluruskan
Menegaskan
Melajutkan / menambahkan
Mengangkan kasus yang salah/
benar dan menjelaskan mengapa salah/benar
Memperluas contoh yang
benar dan salah
Menjelaskan bagaimana
seharusnya
Menciptakan rubrik
|
Label
- Biologi (16)
- Kurikulum (8)
- Mapel Tambahan (MTK) (3)
- Organisasi (2)
- Paedagogi (3)
- Perangkat Sekolah (13)
- Regulasi Pendidikan (2)
- Rumah Tangga (1)
- Tulisan (4)
Senin, 12 November 2012
EEK dalam RPP
Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar