INSTRUMEN, PETUNJUK TEKNIS DAN DATA PENDUKUNG
STANDAR PENILAIAN AKREDITASI SMA/MA
146. 
 | 
  
Guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian yang ada dalam silabus mata pelajaran kepada siswa pada semester yang berjalan. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% guru menginformasikan rancangan
  dan kriteria penilaian kepada siswa. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 51% - 75% guru menginformasikan rancangan
  dan kriteria penilaian kepada siswa. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% guru menginformasikan rancangan
  dan kriteria penilaian kepada siswa. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% guru menginformasikan rancangan
  dan kriteria penilaian kepada siswa. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak ada seorang pun guru
  menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa. 
 | 
 |
146. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan adanya
  bukti berupa bahan yang dibagikan kepada siswa atau bahan sosialisasi (foto)
  atau bukti sosialisasi lainnya yang bisa dipertanggungjawabkan. Apabila tidak
  ada bukti dapat dilakukan wawancara secara acak kepada beberapa siswa. 
 | 
 
146. Sosialisasi rancangan dan kriteria
penilaian.
No. 
 | 
  
Nama Guru 
 | 
  
Mata pelajaran yang diampu 
 | 
  
Cara sosialisasi yang dilakukan 
 | 
 
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  |||
3 
 | 
  |||
4 
 | 
  |||
5 
 | 
  |||
6 
 | 
  |||
7 
 | 
  |||
8 
 | 
  |||
9 
 | 
  |||
147. 
 | 
  
Silabus mata pelajaran
  dilengkapi dengan indikator pencapaian
  kompetensi dasar (KD) dan teknik penilaian. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% silabus mata pelajaran dilengkapi indikator pencapaian KD dan teknik
  penilaian. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 51% - 75% silabus mata pelajaran dilengkapi indikator pencapaian KD dan teknik
  penilaian. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% silabus mata pelajaran dilengkapi indikator pencapaian KD dan teknik
  penilaian. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% silabus mata pelajaran dilengkapi indikator pencapaian KD dan teknik
  penilaian. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak ada satu pun silabus
  dilengkapi indikator pencapaian KD dan
  teknik penilaian. 
 | 
 |
147. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  lengkapnya indikator dan teknik penilaian dalam silabus. 
 | 
 
147. Silabus mata pelajaran. 
No. 
 | 
  
Silabus mata pelajaran 
 | 
  
Kelengkapan silabus * 
 | 
 |
Kompetensi dasar (KD) 
 | 
  
Teknik penilaian 
 | 
 ||
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  |||
3 
 | 
  |||
4 
 | 
  |||
5 
 | 
  |||
6 
 | 
  |||
7 
 | 
  |||
8 
 | 
  |||
9 
 | 
  |||
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (ü) sesuai dengan “Kelengkapan
silabus”
148. 
 | 
  
Guru mengembangkan
  instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% guru mengembangkan instrumen dan
  pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 51% - 75% guru mengembangkan instrumen dan
  pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% guru mengembangkan instrumen dan
  pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% guru mengembangkan instrumen dan
  pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak ada seorang pun guru
  mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian. 
 | 
 |
148. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  perangkat tes buatan guru. 
 | 
 
148. Instrumen dan pedoman penilaian yang
dikembangkan oleh guru.
No. 
 | 
  
Nama guru 
 | 
  
Mata pelajaran yang diampu 
 | 
  
Instrumen dan pedoman penilaian yang telah dibuat 
 | 
 
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  |||
3 
 | 
  |||
4 
 | 
  |||
5 
 | 
  |||
6 
 | 
  |||
7 
 | 
  |||
8 
 | 
  |||
9 
 | 
  |||
149. 
 | 
  
Guru menggunakan teknik
  penilaian berupa tes, pengamatan,
  penugasan, dan/atau bentuk lain dalam menilai siswa. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% guru menggunakan teknik penilaian berupa tes, pengamatan, penugasan terstuktur,
  penugasan mandiri, dan/atau bentuk lain. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 51% - 75% guru menggunakan teknik penilaian
  berupa tes, pengamatan, penugasan
  terstuktur, penugasan mandiri, dan/atau bentuk lain. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% guru menggunakan teknik penilaian
  berupa tes, pengamatan, penugasan
  terstuktur, penugasan mandiri, dan/atau bentuk lain. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% guru menggunakan teknik penilaian
  berupa tes, pengamatan, penugasan
  terstuktur, penugasan mandiri, dan/atau bentuk lain. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak ada seorang pun guru
  melaksanakan penilaian.  
 | 
 |
149. 
 | 
  
Empat teknik penilaian
  yang digunakan guru meliputi:  
a.    
  Tes. 
b.    
  Pengamatan. 
c.    
  Tugas terstruktur, dan 
d.    
  Tugas mandiri. 
Dibuktikan
  dengan adanya kumpulan arsip nilai tes, nilai pengamatan, dan nilai tugas
  terstruktur maupun mandiri. 
 | 
 
149. Teknik penilaian. 
No. 
 | 
  
Nama Guru 
 | 
  
Mata pelajaran 
 | 
  
Teknik penilaian yang digunakan* 
 | 
 |||
Tes 
 | 
  
Pengamatan 
 | 
  
penugasan 
 | 
  
lainnya 
 | 
 |||
1 
 | 
  ||||||
2 
 | 
  ||||||
3 
 | 
  ||||||
4 
 | 
  ||||||
5 
 | 
  ||||||
6 
 | 
  ||||||
7 
 | 
  ||||||
8 
 | 
  ||||||
9 
 | 
  ||||||
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (ü) sesuai dengan “Teknik
penilaian yang digunakan”
150. 
 | 
  
Guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui
  kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan
  kesulitan belajar siswa. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 51% - 75% guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan
  kesulitan belajar siswa. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan
  kesulitan belajar siswa. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan
  kesulitan belajar siswa. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak ada seorang pun guru
  mengolah hasil penilaian untuk mengetahui
  kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa. 
 | 
 |
150. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  hasil analisis tes. 
 | 
 
150. Pengolahan hasil penilaian.
No. 
 | 
  
Nama guru 
 | 
  
Mata pelajaran 
 | 
  
Bentuk dari bukti pengolahan hasil penilaian 
 | 
 
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  |||
3 
 | 
  |||
4 
 | 
  |||
5 
 | 
  |||
6 
 | 
  |||
7 
 | 
  |||
8 
 | 
  |||
9 
 | 
  |||
151. 
 | 
  
Guru mengembalikan hasil
  pemeriksaan pekerjaan siswa
  disertai balikan/komentar yang mendidik. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% guru mengembalikan hasil
  pemeriksaan pekerjaan siswa
  disertai balikan/komentar yang mendidik. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 51% - 75% guru mengembalikan hasil pemeriksaan
  pekerjaan siswa disertai
  balikan/komentar yang mendidik. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% guru mengembalikan hasil pemeriksaan
  pekerjaan siswa disertai
  balikan/komentar yang mendidik. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% guru mengembalikan hasil pemeriksaan
  pekerjaan siswa disertai
  balikan/komentar yang mendidik. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak ada seorang pun guru
  mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa. 
 | 
 |
151. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  buku pekerjaan rumah (PR) siswa yang di dalamnya terdapat tanda tangan orang
  tua/wali murid atau dokumen lain yang mendukung.  
 | 
 
151. Daftar guru yang mengembalikan hasil
pekerjaan siswa. 
No. 
 | 
  
Nama guru 
 | 
  
Mata pelajaran 
 | 
  
Jumlah hasil pekerjaan siswa yang dikembalikan 
 | 
 
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  |||
3 
 | 
  |||
4 
 | 
  |||
5 
 | 
  |||
6 
 | 
  |||
7 
 | 
  |||
8 
 | 
  |||
9 
 | 
  |||
152. 
 | 
  
Guru memanfaatkan hasil
  penilaian untuk perbaikan pembelajaran. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% guru memanfaatkan hasil penilaian
  untuk perbaikan pembelajaran. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 51% - 75% guru memanfaatkan hasil penilaian
  untuk perbaikan pembelajaran. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% guru memanfaatkan hasil penilaian
  untuk perbaikan pembelajaran. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk
  perbaikan pembelajaran. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak ada seorang pun guru
  memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran. 
 | 
 |
152. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan: 
a.      
  Program
  remedial dan pengayaan, dan 
b.      
  Perbedaan
  antara RPP tahun yang lalu dengan tahun yang sedang berjalan baik dilihat
  dari materi, metode, strategi, dan alat evaluasi yang digunakan oleh guru. 
 | 
 
152. Daftar guru yang melaksanakan program
remedial dan pengayaan.
No. 
 | 
  
Nama guru 
 | 
  
Mata pelajaran 
 | 
  
Keterangan program remedial dan pengayaan yang
  dilakukan 
 | 
 
1 
 | 
  |||
2 
 | 
  |||
3 
 | 
  |||
4 
 | 
  |||
5 
 | 
  |||
6 
 | 
  |||
7 
 | 
  |||
8 
 | 
  |||
9 
 | 
  |||
153. 
 | 
  
Guru melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada
  setiap akhir semester kepada
  kepala sekolah/madrasah dalam bentuk laporan prestasi belajar siswa. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala
  sekolah/madrasah. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 51% - 75% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala
  sekolah/madrasah. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala
  sekolah/madrasah. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala
  sekolah/madrasah. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak ada seorang pun guru
  melaporkan hasil penilaian prestasi
  belajar siswa. 
 | 
 |
153. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  adanya arsip hasil evaluasi belajar yang telah ditandatangani guru dan kepala
  sekolah/madrasah. 
 | 
 
153. Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran pada akhir
semester (yang baru selesai).
No. 
 | 
  
Kategori 
 | 
  
Jumlah 
 | 
 
1 
 | 
  
Guru yang sudah melaporkan. 
 | 
  |
2 
 | 
  
Guru yang belum melaporkan.  
 | 
  |
Jumlah 
 | 
  ||
154. 
 | 
  
Guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada
  guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru
  Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir
  semester. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama
  dan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 51% - 75% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama
  dan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama
  dan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama
  dan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak seorang pun guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada
  guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru
  Pendidikan Kewarganegaraan. 
 | 
 |
154. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan adanya catatan laporan penilaian
  akhlak dan kepribadian siswa dari guru-guru lain di kelas yang
  bersangkutan selain guru Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan.
   
 | 
 
154. Pelaporan hasil penilaian akhlak siswa dan kepribadian
pada akhir semester (yang baru selesai), dari guru di luar guru agama.
No. 
 | 
  
Kategori 
 | 
  
Jumlah 
 | 
 
1 
 | 
  
Guru yang sudah melaporkan 
 | 
  |
2 
 | 
  
Guru yang belum melaporkan 
 | 
  |
Jumlah 
 | 
  ||
155. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap
  mata pelajaran melalui rapat dewan guru. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sebanyak 76% - 100% mata pelajaran ditentukan KKM-nya
  melalui rapat dewan guru. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sebanyak 50% - 75% mata pelajaran ditentukan KKM-nya
  melalui rapat dewan guru. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sebanyak 26% - 50% mata pelajaran ditentukan KKM-nya
  melalui rapat dewan guru. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sebanyak 1% - 25% mata pelajaran ditentukan KKM-nya
  melalui rapat dewan guru. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak ada satu pun mata
  pelajaran ditentukan KKM-nya melalui rapat dewan guru. 
 | 
 |
155. 
 | 
  
Jawaban
  dibuktikan dengan adanya dokumen rapat dewan guru untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 
 | 
 
155. KKM mata pelajaran.
No. 
 | 
  
Mata
  pelajaran yang telah ditentukan KKM-nya 
 | 
  
Nilai KKM
  (1-100) 
 | 
 
1 
 | 
  ||
2 
 | 
  ||
3 
 | 
  ||
4 
 | 
  ||
5 
 | 
  ||
6 
 | 
  ||
7 
 | 
  ||
8 
 | 
  ||
9 
 | 
  ||
156. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah mengkoordinasikan ulangan tengah semester dan ulangan
  akhir semester. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah mengkoordinasikan ulangan tengah dan akhir semester.   
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah mengkoordinasikan ulangan akhir semester saja. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah mengkoordinasikan ulangan tengah semester saja. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Tidak tentu. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak pernah. 
 | 
 |
156. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  Surat Keputusan kepala sekolah/madrasah tentang kepanitiaan ulangan tengah
  semester dan ulangan akhir semester. 
 | 
 
156. Koordinasi ulangan tengah dan akhir semester.
No. 
 | 
  
Bentuk/jenis
  koordinasi  
 | 
  
Tgl
  pelaksanaan 
 | 
 
1 
 | 
  ||
2 
 | 
  
157. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah
  menentukan kriteria kenaikan kelas atau kriteria program pembelajaran (beban
  Sistem Kredit Semester/SKS) melalui rapat. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Menentukan kriteria kenaikan kelas atau kriteria
  program pembelajaran melalui rapat dewan guru. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Menentukan kriteria kenaikan kelas atau kriteria
  program pembelajaran melalui rapat dengan perwakilan guru-guru mata
  pelajaran.  
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Menentukan kriteria kenaikan kelas atau kriteria
  program pembelajaran melalui rapat dengan wali kelas saja. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Menentukan kriteria kenaikan kelas atau kriteria
  program pembelajaran melalui rapat pimpinan sekolah.  
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Hanya ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah. 
 | 
 |
157. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  berita acara rapat dan hasil rapat. 
 | 
 
157. Penentuan kriteria kenaikan kelas. 
No. 
 | 
  
Acara 
 | 
  
Tgl. rapat 
 | 
  
Jml yang
  hadir 
 | 
  
Hasil putusan
  rapat 
 | 
 
1 
 | 
  
Penentuan kriteria kenaikan kelas 
 | 
  
158. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran agama
  dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, iptek, estetika, serta jasmani, olahraga, dan kesehatan. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Menentukan nilai akhir melalui rapat dewan guru dengan
  mempertimbangkan hasil penilaian oleh
  guru. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Menentukan nilai akhir melalui rapat dewan guru tanpa
  mempertimbangkan hasil penilaian oleh
  guru. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Menentukan nilai akhir tanpa
  melalui rapat dewan guru tetapi
  mempertimbangkan hasil penilaian oleh
  guru. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Menentukan nilai akhir bersama
  wali kelas saja. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Hanya ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah. 
 | 
 |
158. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  surat undangan, berita acara rapat, dan hasil rapat. 
 | 
 
158. Penentuan nilai akhir
kelompok mata pelajaran. 
No. 
 | 
  
Acara 
 | 
  
Tgl. rapat 
 | 
  
Jml yang
  hadir 
 | 
  
Hasil putusan
  rapat 
 | 
 
1 
 | 
  
Penentuan
  nilai akhir kelompok mata pelajaran 
 | 
  
159. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah menyelenggarakan ujian sekolah/madrasah dan
  menentukan kelulusan siswa sesuai dengan kriteria yang berlaku. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Lebih tinggi dari 1,1 atau lebih
  di atas kriteria yang berlaku.  
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Lebih tinggi dari 0,6 sampai 1,0
  di atas kriteria yang berlaku.  
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Lebih tinggi dari 0,1 sampai 0,5
  di atas kriteria yang berlaku.  
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Sama dengan kriteria yang
  berlaku.  
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak menyelenggarakan ujian sekolah/madrasah. 
 | 
 |
159. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  berita acara penyelenggaraan ujian sekolah/madrasah dan penentuan kelulusan
  siswa sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) ujian
  sekolah/madrasah. Misalnya sesuai SOP batas kelulusan ujian sekolah/madrasah
  suatu mata pelajaran sebesar 6,0. Jika sekolah/madrasah menentukan batas
  kelulusan mata pelajaran tersebut sebesar 7,1 (=6,0 + 1,1) maka
  sekolah/madrasah tersebut memperoleh skor 4 (opsi jawaban “A”). 
 | 
 
159. Penentuan kelulusan siswa.
Kriteria
  kelulusan yang berlaku 
 | 
  
Kriteria
  kelulusan yang ditentukan sekolah 
 | 
 
160. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah melaporkan hasil penilaian setiap akhir
  semester kepada orang tua/wali siswa dalam
  bentuk buku laporan hasil belajar siswa. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Diawali dengan penjelasan umum kepala sekolah/madrasah dilanjutkan penjelasan wali kelas
  dengan masing-masing orang tua/wali siswa dan siswa yang bersangkutan. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Diawali dengan penjelasan umum kepala sekolah/madrasah dilanjutkan penjelasan wali kelas
  dengan masing-masing orang tua/wali siswa tanpa siswa yang bersangkutan. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Diawali dengan penjelasan umum kepala sekolah/madrasah tetapi langsung dari wali kelas
  ke masing-masing orang tua/wali siswa dengan siswa yang bersangkutan. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Tanpa diawali dengan penjelasan
  umum kepala sekolah/ madrasah tetapi langsung dari wali kelas
  ke masing-masing orang tua/wali siswa tanpa siswa yang bersangkutan. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak melaporkan hasil penilaian langsung kepada
  siswa.  
 | 
 |
160. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan undangan kepada wali murid,
  daftar hadir orang tua, dan buku laporan hasil belajar siswa. 
 | 
 
160. Laporan hasil penilaian setiap akhir semester.
No. 
 | 
  
Kegiatan
  pokok yang dilakukan  
 | 
 
1 
 | 
  |
2 
 | 
  |
3 
 | 
  |
4 
 | 
  |
5 
 | 
  |
161. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah melaporkan pencapaian hasil belajar tingkat
  satuan pendidikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kanwil Depag. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Kurang dari 1 (satu) bulan setelah
  akhir semester. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Antara 1 (satu)
  sampai 2 (dua) bulan setelah akhir semester. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Antara 2 (dua)
  sampai 3 (tiga) bulan setelah akhir semester. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Antara 3 (tiga)
  sampai 4 (empat) bulan setelah akhir semester. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Lebih dari 1 (satu) semester. 
 | 
 |
161. 
 | 
  
Jawaban
  dibuktikan dengan tanda terima dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk SMA
  dan Kanwil Departemen Agama untuk MA.
 | 
 
161. Laporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan
pendidikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kanwil Depag. 
. 
No. 
 | 
  
Tgl. pelaksanaan UAS 
 | 
  
Tgl. pelaporan  
 | 
  
Selisih hari 
 | 
 
1 
 | 
  
162. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah menentukan kelulusan siswa sesuai kriteria kelulusan. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Menentukan kelulusan
  siswa sesuai kriteria kelulusan melalui rapat dewan guru. 
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Menentukan kelulusan
  siswa sesuai kriteria kelulusan melalui rapat dengan perwakilan
  guru-guru mata pelajaran.  
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Menentukan kelulusan
  siswa sesuai kriteria kelulusan melalui rapat dengan wali kelas saja. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Menentukan kelulusan
  siswa sesuai kriteria kelulusan melalui rapat pimpinan sekolah.  
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Hanya ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah. 
 | 
 |
162. 
162 
 | 
  
Pedoman ketentuan kelulusan
  siswa adalah: 
a.      
  Menyelesaikan
  seluruh program pembelajaran. 
b.      
  Memperoleh
  nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok
  mata pelajaran: (i) agama dan akhlak mulia, (ii) kewarganegaraan dan
  kepribadian, (iii) estetika, dan (iv) jasmani, olahraga, dan kesehatan. 
c.      
  Lulus
  ujian sekolah/madrasah, serta 
d.      
  Lulus
  UN. 
Rapat Penentuan
  kelulusan siswa. 
  | 
 |||||||||||||
163. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah menerbitkan dan menyerahkan Surat Keterangan
  Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
  setiap siswa yang mengikuti Ujian
  Nasional (UN). 
 | 
 |||||||||||||
5  A. 
 | 
  
Kurang dari 1 (satu) minggu
  setelah pengumuman hasil ujian.  
 | 
 |||||||||||||
5  B. 
 | 
  
Antara 1 (satu) sampai 2 (dua)
  minggu setelah pengumuman hasil ujian.  
 | 
 |||||||||||||
5  C. 
 | 
  
Antara 2 (dua) sampai 3 (tiga)
  minggu setelah pengumuman hasil ujian. 
 | 
 |||||||||||||
5  D. 
 | 
  
Antara 3 (tiga) sampai 4 (empat)
  minggu setelah pengumuman hasil ujian. 
 | 
 |||||||||||||
5  E. 
 | 
  
Lebih
  dari 4 (empat) minggu setelah pengumuman hasil ujian. 
 | 
 |||||||||||||
163. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  tanda terima Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari minimal 90 persen setiap siswa yang
  mengikuti ujian nasional. 
 | 
 
163. Penerbitan dan penyerahan surat
keterangan hasil ujian
nasional (SKHUN).
No. 
 | 
  
Tgl. pengumuman hasil UN 
 | 
  
Tgl. penyerahan SKHUN 
 | 
  
Selisih hari  
 | 
 
1 
 | 
  
164. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah menerbitkan dan menyerahkan ijazah kepada setiap siswa
  yang telah lulus.  
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Kurang dari 1 (satu) minggu
  setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag.  
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Antara 1 (satu) sampai 2 (dua)
  minggu setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Antara 2 (dua) sampai 3 (tiga)
  minggu setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Antara 3 (tiga) sampai 4 (empat)
  minggu setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Lebih
  dari 4 (empat) minggu setelah blangko ijazah diterima dari Dinas Pendidikan/Kandepag. 
 | 
 |
164. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan
  tanda terima telah menerbitkan ijazah dari
  minimal 90 persen siswa yang lulus
  dari satuan pendidikan. 
 | 
 
164. Penerbitan dan penyerahan
ijazah.
No. 
 | 
  
Tgl.  blanko
  diterima 
 | 
  
Tgl. penyerahan Ijazah 
 | 
  
Selisih hari  
 | 
 
1 
 | 
  
165. 
 | 
  
Sekolah/Madrasah
  menggunakan hasil Ujian Nasional (UN)
  SMP/MTs/ Paket B sebagai salah satu penentu penerimaan siswa baru. 
 | 
 |
5  A. 
 | 
  
Menggunakan hasil UN
  SMP/MTs/Paket B secara transparan
  sebagai penentu penerimaan siswa baru.  
 | 
 |
5  B. 
 | 
  
Menggunakan hasil UN
  SMP/MTs/Paket B dan seleksi masuk secara transparan sebagai penentu
  penerimaan siswa baru. 
 | 
 |
5  C. 
 | 
  
Menggunakan hasil UN
  SMP/MTs/Paket B dan seleksi masuk secara tidak transparan sebagai penentu
  penerimaan siswa baru. 
 | 
 |
5  D. 
 | 
  
Menggunakan hasil UN
  SMP/MTs/Paket B secara tidak transparan sebagai penentu penerimaan siswa
  baru. 
 | 
 |
5  E. 
 | 
  
Tidak menggunakan UN SMP/MTs/Paket B sebagai penentu penerimaan siswa
  baru.  
 | 
 |
165. 
 | 
  
Jawaban dibuktikan dengan berita acara rapat
  penentuan kelulusan.  
 | 
 
165. Penerimaan siswa baru.
No. 
 | 
  
Mekanisme
  seleksi penerimaan siswa baru yang digunakan 
 | 
 
1 
 | 
  |
2. 
 | 
  |
3 
 | 
  |
4. 
 | 
  |
5. 
 | 
  |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar