Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Biologi
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
|
1.1.Mengidentifikasi ruang lingkup
Biologi
1.2.Mendeskripsikan objek dan
permasalahan biologi pada berbagai
tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu,
populasi, ekosistem, dan bioma)
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
|
2.1
Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
2.2
Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan
peranannya bagi kehidupan
2.3
Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya
bagi kehidupan
2.4
Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil
pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
3. Memahami manfaat
keanekaragaman hayati
|
3.1 Mendeskripsikan konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman
hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan
peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum
dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
1.
Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
|
1.1
Mendeskripsikan
komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil
kehidupan
1.2
Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
1.3
Membandingkan mekanisme transpor pada membran
(difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
2.
Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan
hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas
|
2.1
Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan
fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2
Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya
dengan fungsinya
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
3.
Menjelaskan struktur dan fungsi
organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin
terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
|
3.1
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
3.2
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
3.
Menjelaskan struktur dan fungsi
organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin
terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
|
3.3
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan
proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
3.4
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
3.5
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan
proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi
pada manusia dan hewan (misalnya pada
ikan dan serangga)
3.6
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan
penginderaan)
3.7
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel
kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI,
serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.8
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa
antigen dan bibit penyakit
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
1.
Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
|
1.1
Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan
1.2
Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan
1.1 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh
faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada
organisme
|
2.1
Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
2.2
Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
2.3
Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan
metabolisme lemak dan protein
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
3.
Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta
implikasinya pada Salingtemas
|
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
3.2
Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis
protein
3.3
Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis
dengan pewarisan sifat
3.4
Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
3.5
Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
4.
Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada Salingtemas
|
4.1
Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
4.2
Mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi
4.3
Mendeskripsikan kecenderungan
baru tentang teori evolusi
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
5.
Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada
Salingtemas
|
5.1
Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan
jenis-jenis bioteknologi
5.2
Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada
Salingtemas
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Mandiri
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli Kesehatan
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan
hasil
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar