INSTRUMEN, PETUNJUK TEKNIS DAN DAYA PENDUKUNG
STANDAR PEMBIAYAAN AKREDITASI SMA/MA
| 
121. | 
Sekolah/Madrasah memiliki
  catatan tahunan berupa dokumen nilai aset sarana dan prasarana secara
  menyeluruh.  | |
| 
5  A. | 
Memiliki catatan tahunan
  berupa dokumen nilai aset sarana dan prasarana secara menyeluruh selama 3
  (tiga) tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Memiliki catatan tahunan
  berupa dokumen nilai aset sarana dan prasarana secara menyeluruh hanya selama
  2 (dua) tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Memiliki catatan tahunan
  berupa dokumen nilai aset sarana dan prasarana secara menyeluruh hanya selama
  1 (satu) tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Memiliki catatan tahunan
  berupa dokumen nilai aset sarana dan prasarana secara tidak menyeluruh hanya selama
  1 (satu) tahun terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak memiliki catatan
  tahunan berupa dokumen nilai aset sarana dan prasarana. | |
| 
121. | 
Sudah jelas. | 
121.  Anggaran pendapatan dan belanja
sekolah/madrasah selama tiga tahun terakhir (tuliskan dalam ribuan rupiah).
| 
Kurun
  waktu | 
200.... | 
200.... | 
200.... | |
| 
PENDAPATAN | 
Rupiah | 
rupiah | 
rupiah | |
| 
1 | 
Anggaran pemerintah | |||
| 
  APBN | ||||
| 
  APBD Provinsi | ||||
| 
  APBD Kabupaten/Kota | ||||
| 
  Sumber anggaran pemerintah lainnya | ||||
| 
2 | 
Dana masyarakat | |||
| 
  Biaya pendidikan siswa (SPP) | ||||
| 
  Biaya pendaftaran | ||||
| 
  Sumbangan orangtua siswa | ||||
| 
  Sumber dana masyarakat lainnya | ||||
| 
3 | 
Donasi | |||
| 
  Yayasan | ||||
| 
  Hibah (block
  grant) | ||||
| 
  Sumber donasi lainnya | ||||
| 
4 | 
Pendapatan lain | |||
| 
  Penjualan hasil produksi | ||||
| 
  Sumber pendapatan lainnya | ||||
| 
TOTAL PENDAPATAN | ||||
| 
PENGELUARAN | ||||
| 
1 | 
Langsung pada sekolah/madrasah | |||
| 
  Gaji dan tunjangan guru | ||||
| 
  Gaji dan tunjangan tenaga kependidikan | ||||
| 
  Biaya pengembangan guru dan tenaga
  kependidikan | ||||
| 
  Kegiatan pembelajaran | ||||
| 
  Kegiatan kesiswaan | ||||
| 
  Alat tulis sekolah/madrasah | ||||
| 
  Bahan habis pakai | ||||
| 
  Alat habis pakai | ||||
| 
  Kegiatan rapat | ||||
| 
  Transport dan perjalanan dinas | ||||
| 
  Penggandaan soal-soal ulangan/ujian | ||||
| 
  Daya dan jasa | ||||
| 
  Lainnya | ||||
| 
2 | 
Tidak langsung pada sekolah/madrasah | |||
| 
  Investasi untuk program sekolah/madrasah | ||||
| 
  Lainnya | ||||
| 
3 | 
Pengeluaran lain | |||
| 
TOTAL PENGELUARAN | ||||
| 
122. | 
Sekolah/Madrasah
  membelanjakan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
  berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M). | |
| 
5  A. | 
Membelanjakan biaya
  sebanyak 76% - 100% dari anggaran pengembangan pendidik dan tenaga
  kependidikan dalam RKA-S/M. | |
| 
5  B. | 
Membelanjakan biaya
  sebanyak 51% - 75% dari anggaran pengembangan pendidik dan tenaga
  kependidikan dalam RKA-S/M. | |
| 
5  C. | 
Membelanjakan biaya
  sebanyak 26% - 50% dari anggaran pengembangan pendidik dan tenaga
  kependidikan dalam RKA-S/M. | |
| 
5  D. | 
Membelanjakan biaya
  sebanyak 1% - 25% dari anggaran pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
  dalam RKA-S/M. | |
| 
5  E. | 
Tidak membelanjakan biaya
  untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan. | |
| 
122. | 
Biaya pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
  meliputi biaya pendidikan lanjut, pelatihan, seminar dan lain-lain termasuk
  yang dibiayai oleh pemerintah/pemerintah daerah, yayasan, maupun lembaga
  lain. | 
122.  Biaya
pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan.
| 
No. | 
Jenis kegiatan pengembangan | 
Jumlah (dalam rupiah) | 
| 
1 | ||
| 
2 | ||
| 
3 | ||
| 
123. | 
Sekolah/Madrasah memiliki
  modal kerja untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  A. | 
Memiliki modal kerja
  sebanyak 76% - 100% untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan selama satu
  tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Memiliki modal kerja
  sebanyak 51% - 75% untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  C. | 
Memiliki modal kerja
  sebanyak 26% - 50% untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan selama satu
  tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Memiliki modal kerja
  sebanyak 1% - 25% untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan selama satu
  tahun terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak memiliki modal kerja
  sama sekali. | |
| 
123. | 
Modal kerja tetap adalah anggaran yang disediakan untuk
  membiayai gaji pendidik dan tenaga kependidikan, biaya operasi pendidikan dan
  biaya pendidikan tidak langsung agar terlaksana proses pembelajaran secara
  teratur dan berkelanjutan. Jawaban dibuktikan dengan buku kas keuangan dan
  Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M), istilah lainnya adalah
  Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Sekolah/Madrasah (RAPB-S/M). | 
123.  Anggaran
untuk kebutuhan pendidikan selama satu tahun terakhir.
| 
No. | 
Alokasi
  anggaran | 
Jumlah
  (dalam rupiah) | 
| 
1 | 
Gaji dan tunjangan guru | |
| 
2 | 
Gaji dan tunjangan tenaga kependidika | |
| 
3 | 
Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan | |
| 
4 | 
Kegiatan pembelajaran | |
| 
5 | 
Kegiatan kesiswaan | |
| 
6 | 
Alat tulis sekolah/madrasah | |
| 
7 | 
Bahan habis pakai | |
| 
8 | 
Alat habis pakai | |
| 
9 | 
Kegiatan rapat | |
| 
10 | 
Transport dan perjalanan dinas | |
| 
11 | 
Penggandaan soal-soal ulangan/ujian | |
| 
12 | 
Daya dan jasa | |
| 
13 | 
Kegiatan operasional tidak langsung | |
| 
14 | 
Biaya kebutuhan pendidikan lainnya | 
| 
124. | 
Sekolah/Madrasah membayar
  gaji, insentif, transport, dan tunjangan lain bagi guru pada tahun berjalan.  | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan dana untuk
  pembayaran gaji, insentif, transport, dan tunjangan lain bagi guru pada tahun
  berjalan.   | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan dana untuk
  pembayaran gaji, insentif, dan transport bagi guru, tetapi tidak mengeluarkan
  dana tunjangan lain bagi guru pada tahun berjalan.  | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan dana untuk
  pembayaran gaji, dan insentif bagi guru, tetapi tidak mengeluarkan dana
  transport dan tunjangan lain bagi guru pada tahun berjalan.  | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan dana untuk
  pembayaran gaji bagi guru, tetapi tidak mengeluarkan dana insentif, transport
  dan tunjangan lain bagi guru pada tahun berjalan. | |
| 
5  E. | 
Tidak mengeluarkan dana
  apapun bagi guru pada tahun berjalan. | |
| 
124. | 
Pengeluaran gaji guru serta tunjangan yang melekat pada
  gaji (insentif, transport, dan tunjangan lain) pada tahun berjalan. Jawaban
  dibuktikan dengan struktur dan sistem penggajian.  | 
124.Biaya operasional untuk
guru pada tahun berjalan (dalam rupiah). 
| 
No. | 
Nama | 
Jabatan* | 
Gol.** | 
Gaji pokok | 
Insentif | 
Transport | 
Tunjangan | 
| 
1 | |||||||
| 
2 | |||||||
| 
3 | |||||||
| 
4 | |||||||
| 
5 | |||||||
| 
6 | |||||||
| 
7 | |||||||
| 
8 | |||||||
| 
9 | |||||||
| 
10 | |||||||
| 
                                Jumlah total | |||||||
      Keterangan:  *  
Jabatan diisi dengan:
                               1.  Kepala sekolah/madrasah (Kasek/mad.),
                               2.  Wakil kepala sekolah/madrasah (Wakasek/mad.),
                               3.  Guru tetap (GT), dan
                               4.  Guru tidak tetap (GTT).       
                          ** Hanya untuk
pegawai negeri sipil (PNS)
| 
125. | 
Sekolah/Madrasah membayar
  gaji, insentif, transport, dan tunjangan lain bagi tenaga kependidikan pada
  tahun berjalan.  | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan dana untuk
  pembayaran gaji, insentif, transport, dan tunjangan lain bagi tenaga
  kependidikan pada tahun berjalan.   | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan dana untuk
  pembayaran gaji, insentif, dan transport, tetapi tidak mengeluarkan tunjangan
  lain bagi tenaga kependidikan pada tahun berjalan.   | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan dana untuk
  pembayaran gaji dan insentif, tetapi tidak mengeluarkan transport dan
  tunjangan lain bagi tenaga kependidikan pada tahun berjalan.   | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan dana untuk
  pembayaran gaji, tetapi tidak mengeluarkan insentif, transport dan tunjangan
  lain bagi tenaga kependidikan pada tahun berjalan.   | |
| 
5  E. | 
Tidak mengeluarkan dana
  apa pun bagi tenaga kependidikan pada tahun berjalan. | |
| 
125. | 
Gaji tenaga kependidikan serta tunjangan yang melekat
  pada gaji pada tahun berjalan. Jawaban dibuktikan dengan struktur dan sistem
  penggajian.  | 
125.  Biaya
operasional untuk tenaga kependidikan pada tahun berjalan (dalam rupiah). 
| 
No. | 
Nama | 
Jabatan* | 
Gol.** | 
Gaji pokok | 
Insentif | 
Transport | 
Tunjangan | 
| 
1 | |||||||
| 
2 | |||||||
| 
3 | |||||||
| 
4 | |||||||
| 
5 | |||||||
| 
6 | |||||||
| 
7 | |||||||
| 
8 | |||||||
| 
9 | |||||||
| 
10 | |||||||
| 
                                  Jumlah
  total | |||||||
      Keterangan:  * 
Jabatan diisi dengan:
                              1.  Kepala tata usaha (Ka TU),
                              2.  Tata usaha (TU),
                              3.  Tenaga perpustakaan (TP),
                              4.  Tenaga laboratorium (TL),             
                              5.  Penjaga sekolah/madrasah (PS/M),
                              6.  Tukang kebun (TK),
                              7.  Tenaga kebersihan (TB),
                              8.  Pengemudi (Pm), 
                              9.  Pesuruh (Psh) dan sebagainya.
                         ** Hanya untuk PNS
| 
126. | 
Sekolah/Madrasah
  mengalokasikan biaya untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama
  tiga tahun terakhir. | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 76% - 100% dari anggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran
  selama tiga tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 51% - 75% dari anggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran
  selama tiga tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 26% - 50% dari anggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran
  selama tiga tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 1% - 25% dari anggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran
  selama tiga tahun terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak mengeluarkan biaya
  dari anggaran penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama tiga tahun
  terakhir. | |
| 
126. | 
Biaya untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran
  antara lain meliputi: pengadaan alat peraga, penyusunan modul, buku teks pelajaran,
  CD pembelajaran, kamus, globe, peta, ensklopedia dan sejenisnya. Jawaban
  dibuktikan dengan laporan keuangan. | |
126 s.d.
135.      Alokasi biaya operasional
sekolah/madrasah di luar pendidik dan tenaga 
kependidikan. 
| 
Jenis
  biaya pengeluaran | 
Jumlah
  (dalam rupiah) | |
| 
1 | 
Kegiatan pembelajaran | |
| 
2 | 
Kegiatan kesiswaan | |
| 
3 | 
Alat tulis sekolah/madrasah | |
| 
4 | 
Bahan habis pakai | |
| 
5 | 
Alat habis pakai | |
| 
6 | 
Kegiatan rapat | |
| 
7 | 
Transport dan perjalanan
  dinas | |
| 
8 | 
Penggandaan soal-soal
  ulangan/ujian | |
| 
9 | 
Daya dan jasa | |
| 
10 | 
Kegiatan operasional tidak
  langsung | 
| 
127. | 
Sekolah/Madrasah
  mengalokasikan dana untuk kegiatan kesiswaan. | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan dana sebanyak
  76% - 100% dari anggaran kegiatan kesiswaan selama satu tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan dana sebanyak
  51% - 75% dari anggaran kegiatan kesiswaan selama satu tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan dana sebanyak
  26% - 50% dari anggaran kegiatan kesiswaan selama satu tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan dana sebanyak
  1% - 25% dari anggaran kegiatan kesiswaan selama satu tahun terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak mengeluarkan dana
  dari anggaran kegiatan kesiswaan selama satu tahun terakhir. | |
| 
127. | 
Kegiatan kesiswaan yang dibiayai
  sekolah/madrasah antara lain: kegiatan pramuka, kerohanian, olahraga, UKS/M,
  OSIS/M, LKIR dan lain sebagainya. | 
| 
128. | 
Sekolah/Madrasah
  mengeluarkan biaya pengadaan alat tulis untuk kegiatan pembelajaran. | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 76% - 100% dari anggaran pengadaan alat tulis selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 51% - 75% dari anggaran pengadaan alat tulis selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 26% - 50% dari anggaran pengadaan alat tulis selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 1% - 25% dari anggaran pengadaan alat tulis selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak mengeluarkan biaya
  pengadaan alat tulis selama satu tahun terakhir. | |
| 
128. | 
Biaya untuk pengadaan alat tulis
  sekolah/madrasah misalnya: pengadaan pensil, pena, penghapus, penggaris,
  stapler, kertas, buku-buku administrasi, penggandaan atau fotocopi dan lain
  sebagainya. Jawaban dibuktikan dengan adanya alokasi dana dalam RKA-S/M dan
  laporan keuangan untuk pengadaan alat tulis.  | 
| 
129. | 
Sekolah/Madrasah
  menyediakan biaya pengadaan bahan habis pakai untuk kegiatan pembelajaran. | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 76% - 100% dari anggaran pengadaan bahan habis pakai selama satu
  tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 51% - 75% dari anggaran pengadaan bahan habis pakai selama satu
  tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 26% - 50% dari anggaran pengadaan bahan habis pakai selama satu
  tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 1% - 25% dari anggaran pengadaan bahan habis pakai selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak menyediakan biaya
  pengadaan bahan habis pakai selama satu tahun terakhir. | |
| 
129. | 
Biaya pengadaan bahan habis pakai
  sekolah/madrasah misalnya: pengadaan bahan-bahan praktikum, tinta, bahan
  kebersihan dan sebagainya. Jawaban dibuktikan dengan adanya alokasi dana
  dalam RKA-S/M dan laporan keuangan pengadaan bahan habis pakai.  | 
| 
130. | 
Sekolah/Madrasah
  menyediakan biaya pengadaan alat habis pakai untuk kegiatan pembelajaran. | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 76% - 100% dari anggaran pengadaan alat habis pakai selama satu
  tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 51% - 75% dari anggaran pengadaan alat habis pakai selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 26% - 50% dari anggaran pengadaan alat habis pakai selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 1% - 25% dari anggaran pengadaan alat habis pakai selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak menyediakan biaya
  pengadaan alat habis pakai selama satu tahun terakhir. | |
| 
130. | 
Biaya untuk pengadaan alat habis pakai
  sekolah/madrasah seperti: alat-alat olahraga, set alat jahit, alat kebersihan
  dan sebagainya. Jawaban dibuktikan dengan adanya alokasi dana dalam RKA-S/M
  dan laporan keuangan pengadaan alat habis pakai.  | 
| 
131. | 
Sekolah/Madrasah
  menyediakan biaya pengadaan kegiatan rapat. | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 76% - 100% dari anggaran pengadaan kegiatan rapat selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 51% - 75% dari anggaran pengadaan kegiatan rapat selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 26% - 50% dari anggaran pengadaan kegiatan rapat selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 1% - 25% dari anggaran pengadaan kegiatan rapat selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak menyediakan biaya
  pengadaan kegiatan rapat selama satu tahun terakhir. | |
| 
131. | 
Biaya rapat yang dibiayai antara lain: rapat
  penerimaan siswa baru, rapat evaluasi semester siswa, rapat kenaikan kelas,
  rapat kelulusan, rapat pemecahan masalah, rapat koordinasi, rapat wali murid,
  dan sebagainya. | 
| 
132. | 
Sekolah/Madrasah
  menyediakan biaya pengadaan transport dan perjalanan dinas. | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 76% - 100% dari anggaran pengadaan transport dan perjalanan dinas
  selama satu tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 51% - 75% dari anggaran pengadaan transport dan perjalanan dinas
  selama satu tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 26% - 50% dari anggaran pengadaan transport dan perjalanan dinas
  selama satu tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 1% - 25% dari anggaran pengadaan transport dan perjalanan dinas
  selama satu tahun terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak menyediakan biaya
  pengadaan transport dan perjalanan dinas selama satu tahun terakhir. | |
| 
132. | 
Biaya pengadaan transport atau perjalanan dinas
  di antaranya: perjalanan dinas kepala sekolah/madrasah, guru, dan tenaga
  kependidikan. Jawaban dibuktikan dengan adanya alokasi dana dalam RKA-S/M dan
  laporan keuangan pengadaan transport atau perjalanan dinas. | 
| 
133. | 
Sekolah/Madrasah
  menyediakan biaya penggandaan soal-soal ulangan/ujian. | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 76% - 100% dari anggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian selama
  satu tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 51% - 75% dari anggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian selama
  satu tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 26% - 50% dari anggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian selama
  satu tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 1% - 25% dari anggaran penggandaan soal-soal ulangan/ujian selama
  satu tahun terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak menyediakan biaya
  penggandaan soal-soal ulangan/ujian selama satu tahun terakhir. | |
| 
133. | 
Biaya pengadaan penggandaan soal ulangan/ujian
  seperti: ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian kenaikan
  kelas dan sebagainya. Jawaban dibuktikan dengan adanya alokasi dana dalam
  RKA-S/M dan laporan keuangan penggandaan soal ujian. | 
| 
134. | 
Sekolah/Madrasah
  menyediakan biaya pengadaan daya dan jasa. | |
| 
5  A. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 76% - 100% dari anggaran pengadaan daya dan jasa selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  B. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 51% - 75% dari anggaran pengadaan daya dan jasa selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  C. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 26% - 50% dari anggaran pengadaan daya dan jasa selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  D. | 
Mengeluarkan biaya
  sebanyak 1% - 25% dari anggaran pengadaan daya dan jasa selama satu tahun
  terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak menyediakan biaya
  pengadaan daya dan jasa selama satu tahun terakhir. | |
| 
134. | 
Biaya pengadaan daya dan jasa misalnya:
  listrik, telepon, dan air. Jawaban dibuktikan dengan adanya alokasi dana
  dalam RKA-S/M dan laporan keuangan daya dan jasa. | 
| 
135. | 
Sekolah/Madrasah
  menyediakan anggaran untuk mendukung kegiatan operasional tidak langsung
  selama tiga tahun terakhir | |
| 
5  A. | 
Memiliki biaya sebanyak
  76% - 100% untuk mendukung kegiatan operasional tidak langsung selama tiga
  tahun terakhir | |
| 
5  B. | 
Memiliki biaya sebanyak
  51% - 75% untuk mendukung kegiatan operasional tidak langsung selama tiga
  tahun terakhir | |
| 
5  C. | 
Memiliki biaya sebanyak
  26% - 50% untuk mendukung kegiatan operasional tidak langsung selama tiga
  tahun terakhir | |
| 
5  D. | 
Memiliki biaya sebanyak 1%
  - 25% untuk mendukung kegiatan operasional tidak langsung selama tiga tahun
  terakhir | |
| 
5  E. | 
Tidak memiliki biaya untuk
  mendukung kegiatan operasional tidak langsung selama tiga tahun terakhir | |
| 
135. | 
Biaya untuk mendukung kegiatan operasional tidak
  langsung di antaranya: uang lembur, konsumsi, asuransi dan lain sebagainya.
  Jawaban dibuktikan dengan adanya RKA-S/M dan laporan keuangan. | 
| 
136. | 
Sumbangan
  pendidikan atau dana dari masyarakat digunakan untuk kesejahteraan dan
  peningkatan mutu pendidikan sekolah/madrasah. | |
| 
5  A. | 
Digunakan
  untuk kesejahteraan warga sekolah/madrasah, pengembangan guru dan tenaga
  kependidikan, sarana prasarana, pengembangan kurikulum dan kegiatan
  pembelajaran, serta kegiatan ketatausahaan. | |
| 
5  B. | 
Digunakan
  untuk kesejahteraan warga sekolah/madrasah, pengembangan guru dan tenaga
  kependidikan, sarana prasarana, dan pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran,
  tetapi tidak untuk kegiatan ketatausahaan. | |
| 
5  C. | 
Digunakan untuk
  kesejahteraan warga sekolah/madrasah, pengembangan guru dan tenaga kependidikan,
  dan sarana prasarana, tetapi tidak untuk pengembangan kurikulum dan kegiatan
  pembelajaran, serta kegiatan ketatausahaan. | |
| 
5  D. | 
Digunakan untuk
  kesejahteraan warga sekolah/madrasah serta pengembangan guru dan tenaga
  kependidikan, tetapi tidak untuk sarana dan prasarana, pengembangan kurikulum
  dan pembelajaran, serta kegiatan ketatausahaan. | |
| 
5  E. | 
Hanya
  digunakan untuk kesejahteraan warga sekolah/ madrasah. | |
| 
136. | 
Sumbangan pendidikan atau dana dari masyarakat
  merupakan biaya yang dikeluarkan oleh calon siswa untuk dapat diterima
  sebagai siswa dengan berbagai istilah antara lain: uang pangkal, uang gedung,
  pembiayaan investasi sekolah/madrasah. Sekolah/Madrasah negeri mengikuti
  aturan yang dikeluarkan oleh Dinas/Kanwil setempat. | |
136.Biaya personal yang
berasal dari sumbangan penyelenggaraan pendidikan atau SPP (tanpa keringanan
biaya pendidikan).
| 
Tanpa
  keringanan biaya pendidikan | ||||
| 
No. | 
Tingkat  | 
Jumlah siswa | 
SPP/siswa | 
Jumlah (dalam rupiah) | 
| 
1 | 
Kelas
  X | |||
| 
2 | 
Kelas
  XI | |||
| 
3 | 
Kelas
  XII | |||
| 
Jumlah
  total | ||||
| 
137. | 
Penetapan
  uang sekolah/madrasah mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua siswa.   | |
| 
5  A. | 
Sebanyak 76% - 100% siswa
  dari keluarga tidak mampu mendapatkan keringanan. | |
| 
5  B. | 
Sebanyak 51% - 75% siswa
  dari keluarga tidak mampu mendapatkan keringanan. | |
| 
5  C. | 
Sebanyak 26% - 50% siswa
  dari keluarga tidak mampu mendapatkan keringanan. | |
| 
5  D. | 
Sebanyak 1% - 25% siswa
  dari keluarga tidak mampu mendapatkan keringanan. | |
| 
5  E. | 
Tidak ada seorang pun
  siswa mendapatkan keringanan. | |
| 
137. | 
Penetapan uang sekolah/madrasah (iuran bulanan)
  mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua siswa. Jawaban dibuktikan dengan
  data siswa tidak mampu, bukti (kartu bayaran) uang sekolah/madrasah yang
  dibayarkan, atau surat ketetapan kepala sekolah/madrasah atau yayasan. | 
137.Biaya personal yang
berasal dari SPP (dengan keringanan biaya pendidikan).
| 
Dengan
  keringanan biaya pendidikan | ||||
| 
No. | 
Tingkat  | 
Jumlah siswa | 
SPP/siswa | 
Jumlah (dalam rupiah) | 
| 
1 | 
Kelas
  X | |||
| 
2 | 
Kelas
  XI | |||
| 
3 | 
Kelas
  XII | |||
| 
Jumlah
  total | ||||
| 
138. | 
Siswa dikenakan biaya
  pendaftaran ulang pada setiap awal tahun pelajaran.  | |
| 
5  A. | 
Tidak ada seorang pun
  siswa dikenakan biaya pendaftaran ulang pada setiap awal tahun pelajaran.  | |
| 
5  B. | 
Sebanyak 1% - 25% siswa
  dikenakan biaya pendaftaran ulang pada setiap awal tahun pelajaran. | |
| 
5  C. | 
Sebanyak 26% - 50% siswa
  dikenakan biaya pendaftaran ulang pada setiap awal tahun pelajaran. | |
| 
5  D. | 
Sebanyak 51% - 75% siswa
  dikenakan biaya pendaftaran ulang pada setiap awal tahun pelajaran. | |
| 
5  E. | 
Sebanyak 76% - 100% siswa
  dikenakan biaya pendaftaran ulang pada setiap awal tahun pelajaran. | |
| 
138. | 
Biaya pendaftaran ulang merupakan biaya yang
  dikeluarkan oleh siswa pada awal tahun ajaran baru. Sekolah/Madrasah negeri
  mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi/Kanwil Depag
  dan/atau Dinas Pendidikan Kab/Kota/Kandepag setempat atau Yayasan.  | 
138.Biaya pendaftaran ulang
siswa setiap awal tahun.
| 
Biaya
  pendaftaran ulang siswa  | |||
| 
No. | 
Kelas  | 
Besar biaya pendaftaran | 
Jumlah (dalam rupiah) | 
| 
1 | 
X | ||
| 
2 | 
XI | ||
| 
3 | 
XII | ||
| 
139. | 
Sekolah/Madrasah
  melaksanakan subsidi silang untuk membantu siswa kurang mampu.  | |
| 
5  A. | 
Melaksanakan subsidi
  silang untuk membantu minimal 90 persen siswa kurang mampu selama 4 (empat)
  tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Melaksanakan subsidi
  silang untuk membantu minimal 90 persen siswa kurang mampu selama 3 (tiga)
  tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Melaksanakan subsidi
  silang untuk membantu minimal 90 persen siswa kurang mampu selama 2 (dua)
  tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Melaksanakan subsidi
  silang untuk membantu minimal 90 persen siswa kurang mampu selama 1 (satu)
  tahun terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak melaksanakan subsidi
  silang.  | |
| 
139. | 
Sekolah/Madrasah melakukan bantuan subsidi
  silang kepada siswa yang kurang mampu secara ekonomi, baik melalui
  pengurangan dan pembebasan biaya pendidikan (SPP), pemberian beasiswa dan
  sebagainya untuk membantu siswa dari keluarga kurang mampu agar dapat mengikuti
  pendidikan secara teratur dan berkelanjutan. Bantuan pemerintah, pemerintah
  daerah, maupun lembaga lain dapat dimasukkan sebagai bantuan. | 
139.Biaya subsidi silang
meliputi: pengurangan dan pembebasan biaya pendidikan, pemberian bea siswa
maupun bentuk bantuan lainnya. 
| 
Pengurangan
  dan pembebasan biaya pendidikan | ||||
| 
No. | 
Tingkat | 
Jumlah siswa | 
Besar pengurangan/ pembebasan
  biaya/siswa | 
Jumlah 
(dalam rupiah) | 
| 
1 | 
Kelas
  X | |||
| 
2 | 
Kelas
  XI | |||
| 
3 | 
Kelas
  XII | |||
| 
Jml
  total | ||||
| 
Pemberian
  bea siswa | ||||
| 
No. | 
Tingkat  | 
Jumlah siswa | 
Besar bea siswa/siswa | 
Jumlah (dalam rupiah) | 
| 
1 | 
Kelas
  X | |||
| 
2 | 
Kelas
  XI | |||
| 
3 | 
Kelas
  XII | |||
| 
Jml
  total | ||||
| 
Bentuk
  bantuan lainnya | ||||
| 
No. | 
Tingkat | 
Jumlah siswa | 
Besar bantuan lainnya/siswa | 
Jumlah (dalam rupiah) | 
| 
1 | 
Kelas
  X | |||
| 
2 | 
Kelas
  XI | |||
| 
3 | 
Kelas
  XII | |||
| 
Jml
  total | ||||
| 
40. | 
Sekolah/Madrasah
  melakukan pungutan biaya personal lain di samping uang sekolah/madrasah. | |
| 
5  A. | 
Tidak
  melakukan pungutan biaya personal lain di samping uang sekolah/madrasah.  | |
| 
5  B. | 
Melakukan
  1 (satu) jenis pungutan biaya personal lain di samping uang sekolah/madrasah. | |
| 
5  C. | 
Melakukan
  2 (dua) jenis pungutan biaya personal lain di samping uang sekolah/madrasah. | |
| 
5  D. | 
Melakukan
  3 (tiga) jenis pungutan biaya personal lain di samping uang sekolah/madrasah. | |
| 
5  E. | 
Melakukan
  4 (empat) jenis atau lebih pungutan biaya personal lain di samping uang
  sekolah/madrasah. | |
| 
140. | 
Biaya personal lain adalah biaya yang
  dikeluarkan oleh siswa selain uang sekolah/madrasah. Yang dimaksud dengan 4
  (empat) jenis pungutan biaya personal meliputi:  
a.        
  Biaya ujian. 
b.        
  Biaya praktikum.  
c.        
  Biaya perpisahan, dan 
d.        
  Biaya studi tour. | 
140.Pungutan biaya personal
di samping uang sekolah/madrasah.
| 
No. | 
Jenis pungutan | 
Jumlah (dalam rupiah) per
  tahun | 
| 
1 | ||
| 
2 | ||
| 
3 | ||
| 
4 | ||
| 
141. | 
Pengambilan
  keputusan dalam penetapan dana dari masyarakat sebagai biaya personal
  dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak terkait. | |
| 
5  A. | 
Melibatkan
  penyelenggara pendidikan/yayasan, kepala sekolah/madrasah, komite
  sekolah/madrasah, perwakilan guru, dan perwakilan tenaga kependidikan. | |
| 
5  B. | 
Melibatkan
  penyelenggara pendidikan/yayasan, kepala sekolah/madrasah, komite sekolah/madrasah,
  dan perwakilan guru. | |
| 
5  C. | 
Melibatkan
  penyelenggara pendidikan/yayasan, kepala sekolah/madrasah, dan komite
  sekolah/madrasah. | |
| 
5  D. | 
Melibatkan
  penyelenggara pendidikan/yayasan dan kepala sekolah/madrasah. | |
| 
5  E. | 
Hanya
  melibatkan kepala sekolah/madrasah. | |
| 
141. | 
Proses pengambilan keputusan dalam penggalian dana dari
  masyarakat dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak. | 
141.Pengambilan keputusan
untuk menetapkan biaya personal melibatkan berbagai pihak.
| 
No. | 
Pihak yang dilibatkan dalam
  pembahasan | 
| 
1 | |
| 
2 | |
| 
3 | |
| 
142. | 
Pengelolaan
  dana dari masyarakat sebagai biaya personal dilakukan secara sistematis,
  transparan, efisien, dan akuntabel. | |
| 
5  A. | 
Sebanyak
  76% - 100% dana dari masyarakat tercantum dalam RKA-S/M. | |
| 
5  B. | 
Sebanyak
  51% - 75% dana dari masyarakat tercantum dalam RKA-S/M. | |
| 
5  C. | 
Sebanyak
  26% - 50% dana dari masyarakat tercantum dalam RKA-S/M. | |
| 
5  D. | 
Sebanyak
  1% - 25% dana dari masyarakat tercantum dalam RKA-S/M. | |
| 
5  E. | 
Tidak
  tercantum dalam RKA-S/M. | |
| 
142. | 
Sudah jelas. | |
142.Biaya personal yang
berasal dari dana masyarakat tercantum dalam RKA-S/M.
| 
No. | 
Biaya personal yang
  dikeluarkan siswa | 
Tercantum dalam RKA-S/M | |
| 
Ya | 
Tidak | ||
| 
1 | |||
| 
2 | |||
| 
3 | |||
       Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Ya” atau
“Tidak”
| 
143. | 
Sekolah/Madrasah memiliki
  pedoman pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKA-S/M. | |
| 
5  A. | 
Memiliki pedoman
  pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKA-S/M selama 4 (empat)
  tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Memiliki pedoman
  pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKA-S/M selama 3 (tiga)
  tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Memiliki pedoman
  pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKA-S/M selama 2 (dua)
  tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Memiliki pedoman pengelolaan
  keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKA-S/M selama 1 (satu) tahun
  terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak memiliki pedoman
  pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan RKA-S/M. | |
| 
143. | 
RKA-S/M berpedoman pada pengelolaan keuangan diputuskan
  komite sekolah/madrasah dan ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah.
  Sekolah/Madrasah dapat menunjukkan bukti kesesuaian antara pedoman
  pengelolaan keuangan dengan rincian komponen-komponen dalam RKA-S/M. | 
143.Kepemilikan pedoman
pengelolaan keuangan selama empat tahun terakhir.
| 
No. | 
Kepemilikan | 
Tahun kepemilikan | |||
| 
200... | 
200... | 
200... | 
200... | ||
| 
1 | 
Pedoman
  pengelolaan keuangan. | ||||
       Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “200...” 
| 
144. | 
Sekolah/Madrasah memiliki
  pembukuan biaya operasional. | |
| 
5  A. | 
Memiliki pembukuan biaya
  operasional selama 4 (empat) tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Memiliki pembukuan biaya
  operasional selama 3 (tiga) tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Memiliki pembukuan biaya operasional
  selama 2 (dua) tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Memiliki pembukuan biaya
  operasional selama 1 (satu) tahun terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak memiliki pembukuan
  biaya operasional. | |
| 
144. | 
Sudah jelas. | 
144.Dilaksanakan pembukuan
biaya operasional selama empat tahun terakhir.
| 
No. | 
Dilaksanakan | 
Tahun kepemilikan | |||
| 
200... | 
200... | 
200... | 
200... | ||
| 
1 | 
Pembukuan
  biaya operasional. | ||||
Keterangan: Berilah tanda ceklis
(ü) pada kolom jawaban
“200...”, jika dilaksanakan.  
| 
145. | 
Sekolah/Madrasah membuat
  laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan menyampaikannya kepada
  pemerintah atau yayasan. | |
| 
5  A. | 
Membuat laporan
  pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan menyampaikannya kepada pemerintah
  atau yayasan selama 4 (empat) tahun terakhir. | |
| 
5  B. | 
Membuat laporan
  pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan menyampaikannya kepada pemerintah
  atau yayasan selama 3 (tiga) tahun terakhir. | |
| 
5  C. | 
Membuat laporan
  pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan menyampaikannya kepada pemerintah
  atau yayasan selama 2 (dua) tahun terakhir. | |
| 
5  D. | 
Membuat laporan
  pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan menyampaikannya kepada pemerintah
  atau yayasan selama 1 (satu) tahun terakhir. | |
| 
5  E. | 
Tidak membuat laporan
  pertanggungjawaban pengelolaan keuangan. | |
| 
145. | 
Sekolah/Madrasah dapat menunjukkan bukti
  kesesuaian antara pedoman pengelolaan keuangan dengan rincian
  komponen-komponen biaya operasional yang telah dibelanjakan selama satu tahun
  dan jika ada disertakan pula bukti pelaporan. | 
145.Pembuatan laporan pertanggungjawaban
pengelolaan keuangan selama empat tahun terakhir.
| 
No. | 
Dilaksanakan | 
Tahun pembuatan  | |||
| 
200... | 
200... | 
200... | 
200... | ||
| 
1 | 
Laporan
  pertanggungjawaban pengelolaan keuangan | ||||
       Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “200...”,
jika dilaksanakan
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar