Senin, 12 November 2012

Standar Pengelolaan Akreditasi SMA/MA


INSTRUMEN, PETUNJUK TEKNIS DAN DATA PENDUKUNG
STANDAR PENGELOLAAN AKREDITASI SMA/MA
      
      
101.
Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan visi lembaga.

5  A.
Merumuskan dan menetapkan visi, mudah dipahami dan sering disosialisasikan.

5  B.
Merumuskan dan menetapkan visi, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan.

5  C.
Merumuskan dan menetapkan visi, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan.

5  D.
Merumuskan dan menetapkan visi, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan.

5  E.
Tidak merumuskan dan menetapkan visi.

101.
Yang dimaksud dengan sering disosialisasikan, jika sekolah/madrasah mensosialisasikan visi lembaga sebanyak 2 (dua) kali atau lebih kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pada satu semester terakhir.

101.---

102.
Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan misi lembaga.

5  A.
Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami dan sering disosialisasikan.

5  B.
Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan.

5  C.
Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan.

5  D.
Merumuskan dan menetapkan misi, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan.

5  E.
Tidak merumuskan dan menetapkan misi.

102.
Yang dimaksud dengan sering disosialisasikan, jika sekolah/madrasah mensosialisasikan misi lembaga sebanyak 2 (dua) kali atau lebih kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pada satu semester terakhir.

102.---
103.
Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan tujuan lembaga.

5  A.
Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah dipahami dan sering disosialisasikan.

5  B.
Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan.

5  C.
Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan.

5  D.
Merumuskan dan menetapkan tujuan, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan.

5  E.
Tidak merumuskan dan menetapkan tujuan.

103.
Yang dimaksud dengan sering disosialisasikan, jika sekolah/madrasah mensosialisasikan tujuan lembaga sebanyak 2 (dua) kali atau lebih kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pada satu semester terakhir.

103. Tujuan sekolah/madrasah.
a) ____________________________________________________________
b) ____________________________________________________________
c) ____________________________________________________________
d) ____________________________________________________________
e) ____________________________________________________________
                f) ____________________________________________________________
       g) ____________________________________________________________

104.
Sekolah/Madrasah memiliki rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) dan rencana kerja tahunan.

5  A.
Memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan dan sudah disosialisasikan oleh pimpinan.

5  B.
Memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan tetapi belum disosialisasikan oleh pimpinan.

5  C.
Memiliki rencana kerja jangka menengah atau rencana kerja tahunan dan sudah disosialisasikan oleh pimpinan.

5  D.
Memiliki rencana kerja jangka menengah atau rencana kerja tahunan tetapi belum disosialisasikan oleh pimpinan.

5  E.
Tidak memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan.

104.
Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen tertulis rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) dan rencana kerja tahunan yang disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah/madrasah. Di dalam rencana kerja tahunan memuat ketentuan-ketentuan yang jelas tentang: kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan masyarakat, peranserta masyarakat dan kemitraan, rencana-rencana kerja lainnya yang mengarah pada peningkatan dan pengembangan mutu sekolah/madrasah.
104.  a)  Rencana kerja jangka menengah (empat tahunan), dibuat dari tahun ........    sampai tahun ........
          b)  Rencana kerja tahunan yang dimiliki.
                Ÿ  Tahun ........... / ...........
                Ÿ  Tahun ........... / ...........
                Ÿ  Tahun ........... / ...........
                Ÿ  Tahun ........... / ...........

105.
Sekolah/Madrasah memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis yang mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait.

5  A.
Memiliki 7 (tujuh) atau 8 (delapan) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.

5  B.
Memiliki 5 (lima) atau 6 (enam) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.

5  C.
Memiliki 3 (tiga) atau 4 (empat) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.

5  D.
Memiliki 1 (satu) atau 2 (dua) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.

5  E.
Tidak memiliki dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.

105.
Pedoman yang mengatur aspek pengelolaan terdiri dari 8 (delapan) dokumen sebagai berikut:
a.      KTSP.
b.        Kalender pendidikan/akademik.
c.        Struktur organisasi sekolah/madrasah.
d.       Pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
e.        Peraturan akademik.
f.         Tata tertib sekolah/madrasah.
g.       Kode etik sekolah/madrasah, dan
h.       Biaya operasional sekolah/madrasah.



105.  Kepemilikan dokumen aspek pengelolaan pendidikan.

No.
Jenis dokumen pengelolaan pendidikan
Ada
Tidak
1
KTSP


2
Kalender pendidikan/akademik


3
Struktur organisasi sekolah/madrasah


4
Pendayagunaan pendidik & tenaga kependidikan


5
Peraturan akademik


6
Tata tertib sekolah/madrasah


7
Kode etik sekolah/madrasah


8
Biaya operasional sekolah/madrasah



         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”


106.
Sekolah/Madrasah memiliki struktur organisasi dengan kejelasan uraian tugas.

5  A.
Memiliki struktur organisasi yang dipajang di dinding dan disertai uraian tugas yang jelas.

5  B.
Memiliki struktur organisasi dan disertai uraian tugas yang jelas.

5  C.
Memiliki struktur organisasi dan disertai uraian tugas tetapi tidak jelas.

5  D.
Memiliki struktur organisasi tetapi tidak ada uraian tugas.

5  E.
Tidak memiliki struktur organisasi.

106.
Jawaban dibuktikan dengan bagan atau struktur organisasi sekolah/ madrasah yang lengkap serta uraian tugas dari masing-masing anggota organisasi.


106.  Kepemilikan struktur organisasi sekolah/madrasah.
Uraikan isi struktur organisasi sekolah/madrasah dan penjelasan singkat


107.
Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan.

5  A.
Sebanyak 76% - 100% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.

5  B.
Sebanyak 51% - 75% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.

5  C.
Sebanyak 26% - 50% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.

5  D.
Sebanyak 1% - 25% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.

5  E.
Tidak melaksanakan kegiatan sesuai rencana kerja tahunan.

107.
Jawaban dibuktikan dengan dokumen tentang adanya kesesuaian antara rencana kerja tahunan dengan laporan pelaksanaan kegiatan.

107.  Pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah sesuai rencana kerja tahunan.

No.
Dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah yang dimiliki
1

2

3

4




108.
Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan kesiswaan.

5  A.
Memiliki 4 (empat) atau 5 (lima) dokumen kegiatan kesiswaan.

5  B.
Memiliki 3 (tiga) dokumen kegiatan kesiswaan.

5  C.
Memiliki 2 (dua) dokumen kegiatan kesiswaan.

5  D.
Memiliki 1 (satu) dokumen kegiatan kesiswaan.

5  E.
Tidak memiliki dokumen kegiatan kesiswaan.

108.
Kegiatan kesiswaan terdiri dari 5 (lima) dokumen yang terdiri atas:
a.        Seleksi penerimaan siswa baru.
b.        Memberikan layanan konseling.
c.        Melaksanakan kegiatan ekstra dan kokurikuler.
d.       Melakukan pembinaan prestasi unggulan, dan
e.        Melakukan pelacakan terhadap alumni.

108.  Jenis kegiatan kesiswaan yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) _________________________________________________
b) _________________________________________________
c) ________________________________________________
d) _______________________________________________
       e) ____________________________________________


109.
Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran.

5  A.
Memiliki 4 (empat) atau 5 (lima) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.

5  B.
Memiliki 3 (tiga) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.

5  C.
Memiliki 2 (dua) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.

5  D.
Memiliki 1 (satu) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.

5  E.
Tidak memiliki dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.

109.
Kegiatan kurikulum dan pembelajaran terdiri dari 5 (lima) dokumen yang terdiri dari:
a.       KTSP.
b.       Kalender pendidikan.
c.       Program pembelajaran.
d.       Penilaian hasil belajar siswa, dan
e.       Peraturan akademik.

109.  Jenis kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran:
a) _____________________________________________________________
b) _____________________________________________________________
c) _____________________________________________________________
d) _____________________________________________________________
       e) _____________________________________________________________
      
       Kepemilikan dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.

No.
Jenis dokumen kurikulum dan pembelajaran
Ada
Tidak
1
KTSP


2
Kalender pendidikan


3
Program pembelajaran


4
Penilaian hasil belajar siswa


5
Peraturan akademik


         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”


110.
Sekolah/Madrasah melaksanakan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

5  A.
Melaksanakan 4 (empat) atau 5 (lima) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

5  B.
Melaksanakan 3 (tiga) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

5  C.
Melaksanakan 2 (dua) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

5  D.
Melaksanakan 1 (satu) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

5  E.
Tidak melaksanakan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

110.
Lima program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan terdiri atas:
a.        Pembagian tugas.
b.        Penentuan sistem penghargaan.
c.        Pengembangan profesi.
d.       Promosi dan penempatan, serta
e.        Mutasi.

110.  Pelaksanaan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
No.
Jenis program pendayagunaan
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Pembagian tugas


2
Penentuan sistem penghargaan


3
Pengembangan profesi


4
Promosi dan penempatan


5
Mutasi


         Keterangan:  Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau  “Tidak dilakukan”


111.
Sekolah/Madrasah mengelola sarana dan prasarana pembelajaran.

5  A.
Mengelola 4 (empat) atau 5 (lima) program sarana dan prasarana.

5  B.
Mengelola 3 (tiga) program sarana dan prasarana.

5  C.
Mengelola 2 (dua) program sarana dan prasarana.

5  D.
Mengelola 1 (satu) program sarana dan prasarana.

5  E.
Tidak mengelola program sarana dan prasarana.

111.
Lima program pengelolaan sarana prasarana meliputi:
a.         Perencanaan, pemenuhan serta pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan.
b.         Evaluasi serta pemeliharaan sarana dan prasarana agar tetap berfungsi dalam mendukung proses pendidikan.
c.         Perlengkapan fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas di sekolah/madrasah.
d.         Penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat, serta
e.         Pemeliharaan seluruh fasilitas fisik dan peralatan dengan memerhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan.

111.  Pengelolaan program sarana dan prasarana pembelajaran.

No.
Jenis program sarana dan prasarana
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Perencanaan, pemenuhan, dan pendayagunaan sarpras pendidikan


2
Evaluasi dan pemeliharaan sarpras dalam mendukung proses pendidikan


3
Perlengkapan fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas


4
Penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan


5
Pemeliharaan seluruh fasilitas fisik dan peralatan pendidikan


         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”

112.
Sekolah/Madrasah mengelola pembiayaan pendidikan.

5  A.
Memiliki 4 (empat) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.

5  B.
Memiliki 3 (tiga) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.

5  C.
Memiliki 2 (dua) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.

5  D.
Memiliki 1 (satu) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.

5  E.
Tidak memiliki program pengelolaan pembiayaan pendidikan.

112.
Empat program pengelolaan pembiayaan pendidikan terdiri atas:
a.         Sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola.
b.         Kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya.
c.         Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran, serta
d.         Penggunaan anggaran untuk dilaporkan kepada komite sekolah/madrasah atau lembaga penyelenggara pendidikan serta institusi di atasnya.

112.  Pengelolaan program keuangan dan pembiayaan pendidikan.

No.
Jenis program keuangan dan pembiayaan
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola


2
Kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan


3
Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran


4
Penggunaan anggaran untuk dilaporkan komite sekolah/madrasah dan institusi di atasnya


         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”





113.
Sekolah/Madrasah menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

5  A.
Memiliki 4 (empat) atau 5 (lima) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

5  B.
Memiliki 3 (tiga) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

5  C.
Memiliki 2 (dua) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

5  D.
Memiliki 1 (satu) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

5  E.
Tidak memiliki kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

113.
Jawaban dibuktikan dengan dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah/ madrasah untuk menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan yang kondusif seperti: seminar ilmiah, pelatihan, kebersihan, kedisiplinan, penanaman nilai-nilai kejuangan, dan sebagainya.

113.  Bentuk penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran kondusif yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) _____________________________________________
b) ____________________________________________
c) ____________________________________________
d) ___________________________________________
       e) ___________________________________________________________




114.
Sekolah/Madrasah melibatkan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.

5  A.
Memiliki 4 (empat) atau lebih dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.

5  B.
Memiliki 3 (tiga) dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.

5  C.
Memiliki 2 (dua) dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.

5  D.
Memiliki 1 (satu) dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.

5  E.
Tidak memiliki dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.

114.
Jawaban dibuktikan dengan dokumen tertulis tentang keterlibatan masyarakat dan/atau lembaga lain yang relevan dalam mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah/madrasah, seperti penyusunan program kegiatan sekolah/madrasah, pelaksanaan program kegiatan, MoU dengan lembaga lain, dsb.

114.  Bentuk keterlibatan masyarakat dalam membangun kemitraan dengan lembaga lain yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) ___________________________________________________________
b) ___________________________________________________________
c) ___________________________________________________________
d) ___________________________________________________________
       e) ___________________________________________________________

115.
Sekolah/Madrasah memiliki program pengawasan yang disosialisasikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan.

5  A.
Memiliki 4 (empat) atau 5 (lima) dokumen program pengawasan.

5  B.
Memiliki 3 (tiga) dokumen program pengawasan.

5  C.
Memiliki 2 (dua) dokumen program pengawasan.

5  D.
Memiliki 1 (satu) dokumen program pengawasan.

5  E.
Tidak memiliki dokumen program pengawasan.

115.
Program pengawasan terdiri dari 5 (lima) dokumen:
a.       Pemantauan.
b.       Supervisi.
c.       Evaluasi.
d.       Pelaporan, dan
e.       Tindak lanjutnya.

115.  Bentuk sosialisasi program pengawasan kepada pendidik dan tenaga kependidikan.
a) ___________________________________________________________
b) ___________________________________________________________
c) ___________________________________________________________
d) ___________________________________________________________
       e) ___________________________________________________________

       Kepemilikan dokumen program pengawasan.

No.
Jenis dokumen program pengawasan
Ada
Tidak
1
Pemantauan


2
Supervisi


3
Evaluasi


4
Pelaporan


5
Tindak lanjut


         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”


116.
Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan evaluasi diri.

5  A.
Melaksanakan evaluasi diri setidak-tidaknya sekali dalam 1 (satu) semester.

5  B.
Melaksanakan evaluasi diri sekali dalam 2 (dua) semester.

5  C.
Melaksanakan evaluasi diri sekali dalam 3 (tiga) semester.

5  D.
Melaksanakan evaluasi diri sekali dalam 4 (empat) semester.

5  E.
Tidak melaksanakan evaluasi diri.

116.
Kegiatan evaluasi diri adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekolah/ madrasah untuk mengetahui gambaran secara menyeluruh tentang kinerja dan keadaan dirinya melalui pengkajian dan analisis berkenaan dengan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan. Jawaban dibuktikan dengan dokumen laporan evaluasi diri sekolah/madrasah.

103.Pelaksanaan kegiatan evaluasi diri kinerja sekolah/madrasah.

No.
Jenis kegiatan evaluasi diri yang dilakukan sekolah/madrasah
1

2

3

4

5

6

7





117.
Sekolah/Madrasah melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

5  A.
Melaksanakan 4 (empat) atau lebih program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

5  B.
Melaksanakan 3 (tiga) program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

5  C.
Melaksanakan 2 (dua) program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

5  D.
Melaksanakan 1 (satu) program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

5  E.
Tidak melakukan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

117.
Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan meliputi 4 (empat) program yang terdiri dari:  
a.       Kesesuaian penugasan dengan keahlian.
b.       Keseimbangan beban kerja.
c.       Kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas, serta
d.       Pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan.

        
117.  Pelaksanaan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

No.
Jenis kegiatan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang dilakukan sekolah/madrasah
1

2

3

4

5





118.
Sekolah/Madrasah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk akreditasi.

5  A.
Memiliki 4 (empat) bahan persiapan akreditasi.

5  B.
Memiliki 3 (tiga) bahan persiapan akreditasi.

5  C.
Memiliki 2 (dua) bahan persiapan akreditasi.

5  D.
Memiliki 1 (satu) bahan persiapan akreditasi.

5  E.
Tidak memiliki persiapan bahan akreditasi.

118.
Bahan dan/atau kebutuhan persiapan akreditasi terdiri dari:
a.       Dokumen yang diperlukan oleh instrumen akreditasi.
b.       Personal yang akan mendampingi asesor.
c.       Bukti fisik nondokumen, dan
d.       Sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan akreditasi.
   
118.  Persiapan bahan dan/atau kebutuhan akreditasi.

No.
Bahan dan/atau kebutuhan akreditasi yang disiapkan sekolah/madrasah
1

2

3

4

5





119.
Sekolah/Madrasah memiliki struktur kepemimpinan sesuai standar pendidik dan tenaga kependidikan.

5  A.
Memiliki kepala sekolah/madrasah dan 3 (tiga) atau lebih wakil kepala sekolah/madrasah.

5  B.
Memiliki kepala sekolah/madrasah dan 2 (dua) wakil kepala sekolah/madrasah.

5  C.
Memiliki kepala sekolah/madrasah dan 1 (satu) wakil kepala sekolah/madrasah.

5  D.
Memiliki kepala sekolah/madrasah tetapi tidak memiliki wakil kepala sekolah/madrasah.

5  E.
Tidak memiliki kepala sekolah/madrasah dan wakil kepala sekolah/madrasah.

119.
Kepala SMA/MA dibantu minimal oleh tiga wakil kepala sekolah/ madrasah untuk bidang akademik, sarana prasarana, dan kesiswaan. Dalam hal tertentu atau sekolah/madrasah masih berada dalam taraf pengembangan, kepala sekolah/madrasah dapat menugaskan guru untuk melaksanakan fungsi sebagai wakil kepala sekolah/madrasah.
119.  Keberadaan Wakil kepala sekolah/madrasah.

No.
Nama
Bidang
1

Akademik.
2

Sarana dan prasarana.
3

Kesiswaan.


.........................


120.
Sekolah/Madrasah memiliki sistem informasi manajemen untuk mendukung administrasi pendidikan.

5  A.
Memiliki sistem informasi dan memiliki fasilitas dan petugas khusus.

5  B.
Memiliki sistem informasi dan memiliki fasilitas tetapi tidak memiliki petugas khusus.

5  C.
Memiliki sistem informasi dan memiliki petugas khusus tetapi tidak memiliki fasilitas.

5  D.
Memiliki sistem informasi tetapi tidak memiliki fasilitas dan/atau petugas khusus.

5  E.
Tidak memiliki sistem informasi.

120.
Petugas khusus adalah petugas yang diangkat berdasarkan SK kepala sekolah/madrasah untuk menangani sistem informasi manajemen.

104.Sistem informasi manajemen (SIM) untuk mendukung administrasi pendidikan dengan fasilitas dan petugas khusus.

No.
Jenis kegiatan SIM yang dilakukan sekolah/madrasah
1

2

3

4

5






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar