INSTRUMEN, PETUNJUK TEKNIS DAN DATA PENDUKUNG
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
AKREDITASI SMA/MA
51.
|
Guru memiliki kualifikasi
akademik minimum sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV).
|
|
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100% guru berpendidikan minimum S1 atau
D-IV.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75% guru berpendidikan minimum S1 atau
D-IV.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% guru berpendidikan minimum S1 atau
D-IV.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% guru berpendidikan minimum S1 atau
D-IV.
|
|
5 E.
|
Tidak ada seorang pun guru
berpendidikan minimum S1 atau D-IV.
|
|
51.
|
Jawaban dibuktikan dengan
memperlihatkan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai
ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Perhitungan dilakukan dengan cara
membandingkan jumlah guru berkualikasi minimum S1 atau D-IV dengan jumlah
seluruh guru.
|
51. Jumlah guru yang dimiliki sekolah/madrasah
dan kualifikasinya.
Jumlah guru: .......... orang.
Kualifikasi:
No
|
Tingkat
pendidikan
|
Jumlah dan
status guru
|
Jumlah
|
|||
GT* /PNS
|
GTT** /Guru
bantu
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
1
|
S3/S2
|
|||||
2
|
S1
|
|||||
3
|
D4
|
|||||
4
|
D3/Sarjana muda
|
|||||
5
|
D2
|
|||||
6
|
D1
|
|||||
7
|
£ SMA
sederajat
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan: * GT = Guru tetap (bagi sekolah/madrasah
swasta)
** GTT = Guru tidak tetap (baik
sekolah/madrasah negeri atau swasta)
52.
|
Guru pelajaran mengajar
sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
|
|
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100% guru pelajaran memiliki kesesuaian
antara mata pelajaran yang diampu dengan latar belakang pendidikannya.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75% guru pelajaran memiliki kesesuaian
antara mata pelajaran yang diampu dengan latar belakang pendidikannya.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% guru pelajaran memiliki kesesuaian
antara mata pelajaran yang diampu dengan latar belakang pendidikannya.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% guru pelajaran memiliki kesesuaian
antara mata pelajaran yang diampu dengan latar belakang pendidikannya.
|
|
5 E.
|
Tidak ada seorang pun guru
pelajaran memiliki kesesuaian antara mata pelajaran yang diampu dengan latar
belakang pendidikannya.
|
52.
|
Jawaban dibuktikan dengan rata-rata persentase kehadiran seluruh guru dalam satu
semester.
|
52. Jumlah guru
yang mengajar memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran
yang diampu.
No.
|
Guru mata
pelajaran
|
Jumlah guru
dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
|
Jumlah guru
dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan mata pelajaran yang
diampu
|
Jumlah
|
||||||
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
D1/D2
|
D3/
Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
|||
1
|
Matematika
|
|||||||||
2
|
Bahasa Indonesia
|
|||||||||
3
|
Bahasa Inggris
|
|||||||||
4
|
Pendidikan Agama
|
|||||||||
5
|
Seni Budaya
|
|||||||||
6
|
PKn
|
|||||||||
7
|
Konseling
|
|||||||||
8
|
Lainnya:
...............
|
|||||||||
9
|
||||||||||
10
|
||||||||||
11
|
||||||||||
12
|
||||||||||
13
|
||||||||||
14
|
||||||||||
15
|
||||||||||
16
|
||||||||||
17
|
||||||||||
18
|
||||||||||
19
|
||||||||||
20
|
||||||||||
Jumlah
|
53.
|
Guru sehat jasmani dan
rohani untuk menjalankan tugas mengajar.
|
|
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100% guru hadir untuk menjalankan tugas
mengajar dalam satu semester terakhir.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75% guru hadir untuk menjalankan tugas
mengajar dalam satu semester terakhir.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% guru hadir untuk menjalankan tugas
mengajar dalam satu semester terakhir.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% guru hadir untuk menjalankan tugas
mengajar dalam satu semester terakhir.
|
|
5 E.
|
Tidak ada seorang pun guru
hadir untuk menjalankan tugas mengajar dalam satu semester terakhir.
|
53.
|
Jawaban dibuktikan dengan
jumlah kehadiran seluruh guru dalam waktu satu semester.
|
53. s.d.
70. ---
54.
|
Guru merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip
pembelajaran.
|
|
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100%
guru merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai
dengan prinsip-prinsip pembelajaran.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75%
guru merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai
dengan prinsip-prinsip pembelajaran.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% guru merencanakan, melaksanakan, dan
mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% guru merencanakan, melaksanakan, dan
mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran.
|
|
5 E.
|
Tidak ada seorang pun guru
merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan
prinsip-prinsip pembelajaran.
|
54.
|
Jawaban dibuktikan di
dalam RPP dengan melihat kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi pembelajaran dengan prinsip-prinsip pembelajaran serta dokumen hasil
supervisi akademik kepala sekolah/madrasah dan catatan penilaian guru.
|
55.
|
Guru memiliki integritas
kepribadian dan bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, serta
peraturan dan ketentuan yang berlaku.
|
|
5 A.
|
Semua guru bertindak sesuai dengan norma agama, hukum,
sosial, serta peraturan dan ketentuan yang berlaku.
|
|
5 B.
|
Ada guru yang melanggar norma agama, hukum, sosial,
serta peraturan dan ketentuan yang berlaku; dan telah dikenai sanksi yang
sepadan seperti dibebastugaskan dari mengajar atau dikeluarkan.
|
|
5 C.
|
Ada guru yang melanggar norma agama, hukum, sosial,
serta peraturan dan ketentuan yang berlaku namun diberi kesempatan
memperbaiki diri dan dilakukan pembinaan.
|
|
5 D.
|
Ada guru yang melanggar norma agama, hukum, sosial,
serta peraturan dan ketentuan yang berlaku namun hanya diberikan peringatan
tertulis.
|
|
5 E.
|
Ada guru yang melanggar
norma agama, hukum, sosial, serta peraturan dan ketentuan yang berlaku namun
tidak diberikan sanksi apa pun.
|
55.
|
Jawaban dibuktikan dengan:
a.
Tidak ada satu pun guru yang tersangkut perkara kriminal
dan tidak ada pengaduan dari masyarakat.
b.
Kalau
ada guru yang melakukan pelanggaran, telah ditindak oleh sekolah/madrasah
seperti dibebastugaskan atau dikeluarkan.
c.
Melihat
peraturan sekolah/madrasah (kode etik guru) dan tindakan yang diambil.
d.
Peristiwa
dalam satu tahun terakhir.
|
56.
|
Guru berkomunikasi secara
efektif dan santun dengan sesama guru, tenaga kependidikan, dan orangtua
siswa.
|
|
5 A.
|
Adanya rapat dewan guru, rapat antara guru dan kepala
sekolah/madrasah, guru dan komite sekolah/madrasah, serta pertemuan antara
guru dan orangtua siswa.
|
|
5 B.
|
Adanya rapat dewan guru, rapat antara guru dan kepala
sekolah/madrasah, serta guru dan komite sekolah/madrasah.
|
|
5 C.
|
Adanya rapat dewan guru serta rapat antara guru dan
kepala sekolah/madrasah.
|
|
5 D.
|
Adanya rapat dewan guru.
|
|
5 E.
|
Tidak pernah diadakan
rapat.
|
56.
|
Jawaban dibuktikan dengan
adanya undangan, daftar hadir, dan/atau notulen rapat dewan guru, rapat
antara guru dan kepala sekolah/ madrasah, rapat guru dan komite
sekolah/madrasah, serta pertemuan antara guru dan orangtua siswa.
Pertemuan-pertemuan tersebut dihadiri setidak-tidaknya oleh 76% guru tetap.
|
57.
|
Guru menguasai materi
pelajaran yang diampu serta mengembangkannya dengan metode ilmiah.
|
|
5 A.
|
Adanya kesesuaian antara latar belakang kompetensi guru
dengan mata pelajaran yang diampu dengan pengalaman mengajar rata-rata di
atas 9 tahun.
|
|
5 B.
|
Adanya kesesuaian antara latar belakang kompetensi guru
dengan mata pelajaran yang diampu dengan pengalaman mengajar rata-rata antara
7 sampai dengan 9 tahun.
|
|
5 C.
|
Adanya kesesuaian antara latar belakang kompetensi guru
dengan mata pelajaran yang diampu dengan pengalaman mengajar rata-rata antara
4 sampai dengan 6 tahun.
|
|
5 D.
|
Adanya kesesuaian antara latar belakang kompetensi guru
dengan mata pelajaran yang diampu dengan pengalaman mengajar rata-rata 3
tahun atau kurang.
|
|
5 E.
|
Tidak ada kesesuaian
antara latar belakang kompetensi guru dengan mata pelajaran yang diampu.
|
57.
|
Jawaban dibuktikan dengan
kesesuaian antara latar belakang kompetensi guru dengan mata pelajaran yang
diampu dan dihitung dari rata-rata lama mengajar pada semua guru.
|
58.
|
Kepala sekolah/madrasah
berstatus sebagai guru, memiliki sertifikat pendidik, dan Surat Keputusan
(SK) sebagai kepala sekolah/madrasah.
|
|
5 A.
|
Berstatus sebagai guru, memiliki sertifikat pendidik,
dan memiliki SK sebagai kepala sekolah/madrasah.
|
|
5 B.
|
Berstatus sebagai guru, tidak memiliki sertifikat
pendidik, tetapi memiliki SK sebagai kepala sekolah/madrasah.
|
|
5 C.
|
Berstatus sebagai guru, memiliki sertifikat pendidik, tetapi
tidak memiliki SK sebagai kepala sekolah/madrasah.
|
|
5 D.
|
Tidak berstatus sebagai guru, tidak memiliki sertifikat
pendidik, tetapi memiliki SK sebagai kepala sekolah/ madrasah.
|
|
5 E.
|
Tidak berstatus sebagai
guru, tidak memiliki sertifikat pendidik, dan tidak memiliki SK sebagai
kepala sekolah/madrasah.
|
58.
|
Jawaban dibuktikan dengan
adanya Surat Keputusan (SK) dari yayasan/ penyelenggara pendidikan atau
pemerintah, sertifikat pendidik (untuk kepala sekolah yang belum disertifikasi
dapat diganti Akta IV/S1 kependidikan), dan jadwal mengajar.
|
59.
|
Kepala sekolah/madrasah
memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV).
|
|
5 A.
|
Memiliki kualifikasi akademik minimum S1 atau D-IV
kependidikan dikeluarkan oleh perguruan tinggi terakreditasi.
|
|
5 B.
|
Memiliki kualifikasi akademik minimum S1 atau D-IV
Kependidikan dikeluarkan oleh perguruan tinggi tidak terakreditasi.
|
|
5 C.
|
Memiliki kualifikasi akademik minimum S1 atau D-IV
nonkependidikan dikeluarkan oleh perguruan tinggi terakreditasi.
|
|
5 D.
|
Memiliki kualifikasi akademik minimum S1 atau D-IV
nonkependidikan dikeluarkan oleh perguruan tinggi tidak terakreditasi.
|
|
5 E.
|
Tidak memiliki kualifikasi
akademik minimum yang dipersyaratkan.
|
59.
|
Jawaban dibuktikan dengan
ijazah kepala sekolah/madrasah.
|
60.
|
Kepala sekolah/madrasah
memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 tahun.
|
|
5 A.
|
Memiliki pengalaman mengajar 5 (lima) tahun atau lebih.
|
|
5 B.
|
Memiliki pengalaman mengajar 3 (tiga) sampai dengan 4 (empat)
tahun.
|
|
5 C.
|
Memiliki pengalaman mengajar 2 (dua) sampai dengan 3
(tiga) tahun.
|
|
5 D.
|
Memiliki pengalaman mengajar 1 (satu) sampai dengan 2
(dua) tahun.
|
|
5 E.
|
Memiliki pengalaman
mengajar kurang dari 1 (satu) tahun.
|
60.
|
Jawaban dibuktikan dengan
surat keterangan pengalaman mengajar.
|
61.
|
Kepala sekolah/madrasah
memiliki kemampuan manajerial yang ditunjukkan dengan keberhasilan mengelola
siswa.
|
|
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100% lulusan diterima di perguruan
tinggi terakreditasi pada dua tahun terakhir.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75% lulusan diterima di perguruan tinggi
terakreditasi pada dua tahun terakhir.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% lulusan diterima di perguruan tinggi
terakreditasi pada dua tahun terakhir.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% lulusan diterima di perguruan tinggi
terakreditasi pada dua tahun terakhir.
|
|
5 E.
|
Tidak ada seorang pun lulusan yang diterima di
perguruan tinggi terakreditasi pada dua tahun terakhir.
|
61.
|
Jawaban dibuktikan dengan
data lulusan sekolah/madrasah yang diterima di perguruan tinggi terakreditasi
pada dua tahun terakhir dari data penelusuran alumni.
|
62.
|
Kepala sekolah/madrasah
memiliki kemampuan kewirausahaan yang ditunjukkan antara lain dengan adanya
naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sebagai sumber
belajar siswa.
|
|
5 A.
|
Mampu menggalang dana pengembangan kegiatan
ekstrakurikuler secara mandiri sebanyak 76% - 100% dari dana ekstrakurikuler
dalam Rencana Kerja Sekolah/ Madrasah (RKS/M).
|
|
5 B.
|
Mampu menggalang dana pengembangan kegiatan
ekstrakurikuler secara mandiri sebanyak 51% - 75% dari dana ekstrakurikuler
dalam RKS/M.
|
|
5 C.
|
Mampu menggalang dana pengembangan kegiatan
ekstrakurikuler secara mandiri sebanyak 26% - 50% dari dana ekstrakurikuler
dalam RKS/M.
|
|
5 D.
|
Mampu menggalang dana pengembangan kegiatan
ekstrakurikuler secara mandiri sebanyak 1% - 25% dari dana ekstrakurikuler
dalam RKS/M.
|
|
5 E.
|
Tidak mampu menggalang
dana pengembangan kegiatan ekstrakurikuler secara mandiri.
|
62.
|
Jawaban dibuktikan dengan
data yang menunjukkan kemampuan kepala sekolah/madrasah dalam menggalang
dana pengembangan kegiatan
ekstrakurikuler secara mandiri.
|
63.
|
Kepala sekolah/madrasah
melakukan supervisi dan monitoring.
|
|
5 A.
|
Melakukan supervisi dan monitoring secara terencana
dengan implementasi sebanyak 76% - 100% dari kegiatan monitoring yang
direncanakan dalam RKS/M.
|
|
5 B.
|
Melakukan supervisi dan monitoring secara terencana
dengan implementasi sebanyak 51% - 75% dari kegiatan monitoring yang
direncanakan dalam RKS/M.
|
|
5 C.
|
Melakukan supervisi dan monitoring secara terencana
dengan implementasi sebanyak 26% - 50% dari kegiatan monitoring yang
direncanakan dalam RKS/M.
|
|
5 D.
|
Melakukan supervisi dan monitoring secara terencana
dengan implementasi sebanyak 1% - 25% dari kegiatan monitoring yang
direncanakan dalam RKS/M.
|
|
5 E.
|
Tidak melakukan supervisi
dan monitoring.
|
63.
|
Jawaban dibuktikan dengan
jadwal dan bukti pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi; apabila
sekolah/madrasah melakukan monitoring tetapi tidak ada dalam Rencana Kegiatan
Sekolah/Madrasah (RKS/M), masuk jawaban D.
|
64.
|
Tenaga administrasi
minimum memiliki kualifikasi akademik pendidikan menengah atau yang
sederajat.
|
|
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100% tenaga administrasi memiliki
kualifikasi akademik pendidikan menengah atau yang sederajat.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75% tenaga administrasi memiliki
kualifikasi akademik pendidikan menengah atau yang sederajat.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% tenaga administrasi memiliki
kualifikasi akademik pendidikan menengah atau yang sederajat.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% tenaga administrasi memiliki
kualifikasi akademik pendidikan menengah atau yang sederajat.
|
|
5 E.
|
Tidak ada seorang pun
tenaga administrasi memiliki kualifikasi akademik pendidikan menengah atau
yang sederajat.
|
64.
|
Jawaban dibuktikan dengan
ijazah tenaga administrasi dari lembaga pendidikan menengah atau yang
sederajat.
|
65.
|
Tenaga administrasi
memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 A.
|
Sebanyak 76% - 100% tenaga administrasi memiliki latar
belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 B.
|
Sebanyak 51% - 75% tenaga administrasi memiliki latar
belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 C.
|
Sebanyak 26% - 50% tenaga administrasi memiliki latar
belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 D.
|
Sebanyak 1% - 25% tenaga administrasi memiliki latar
belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 E.
|
Tidak ada seorang pun
tenaga administrasi memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan
tugasnya.
|
65.
|
Jawaban dibuktikan dengan
adanya kesesuaian antara jenis pekerjaan dengan ijazah yang bersangkutan.
|
66.
|
Tenaga perpustakaan
minimum memiliki kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.
|
|
5 A.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan minimal 2
(dua) orang, keduanya memenuhi kualifikasi Diploma satu (D-1).
|
|
5 B.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan minimal 2
(dua) orang, salah satu di antaranya memenuhi kualifikasi Diploma satu (D-1).
|
|
5 C.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan minimal 1
(satu) orang dan memenuhi kualifikasi Diploma satu (D-1).
|
|
5 D.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan minimal 1
(satu) orang dan tidak memenuhi kualifikasi Diploma satu (D-1).
|
|
5 E.
|
Sekolah/Madrasah tidak memiliki tenaga
perpustakaan.
|
66.
|
Kualifikasi akademik yang
dipersyaratkan adalah berpendidikan minimal diploma satu (D-1). Jawaban
dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat.
|
67.
|
Tenaga perpustakaan
memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 A.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan minimal 2
(dua) orang, keduanya sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 B.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan minimal 2 (dua) orang, salah satu di antaranya
sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 C.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan minimal 1
(satu) orang dan sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 D.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan minimal 1
(satu) orang dan tidak sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 E.
|
Sekolah/Madrasah
tidak memiliki tenaga perpustakaan.
|
67.
|
Jawaban dibuktikan dengan adanya kesesuaian penugasan
dengan ijazah yang bersangkutan atau sertifikat kompetensi
pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh
pemerintah. Jika berijazah SMA/MA dan telah memiliki sertifikat pelatihan
perpustakaan atau berijazah SMA/MA dan mempunyai pengalaman selama 3 tahun
dianggap relevan.
|
68.
|
Tenaga laboratorium memiliki
kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.
|
|
5 A.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga laboratorium minimal 2
(dua) orang, keduanya memenuhi kualifikasi Diploma satu (D-1)
|
|
5 B.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga laboratorium minimal 2
(dua) orang, salah satu di antaranya memenuhi kualifikasi Diploma satu (D-1).
|
|
5 C.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga laboratorium minimal 1
(satu) orang dan memenuhi kualifikasi Diploma satu (D-1).
|
|
5 D.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga laboratorium minimal 1
(satu) orang dan tidak memenuhi kualifikasi Diploma satu (D-1).
|
|
5 E.
|
Sekolah/Madrasah tidak memiliki tenaga laboratorium.
|
68.
|
Jawaban dibuktikan dengan adanya ijazah tenaga
laboratorium sesuai dengan jenis laboratorium, minimal dari program diploma
satu (D-I).
|
69.
|
Tenaga laboratorium memiliki
latar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 A.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga laboratorium minimal 2
(dua) orang, keduanya sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 B.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga laboratorium minimal 2
(dua) orang, salah satu di antaranya sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 C.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga laboratorium minimal 1
(satu) orang dan sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 D.
|
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga laboratorium minimal 1
(satu) orang dan tidak sesuai dengan tugasnya.
|
|
5 E.
|
Sekolah/Madrasah
tidak memiliki tenaga laboratorium.
|
69.
|
Jawaban dibuktikan dengan adanya kesesuaian antara
penugasan dengan ijazah yang bersangkutan. Jika
berijazah SMA/MA dan telah mempunyai pengalaman selama 3 tahun dianggap
relevan.
|
70.
|
Sekolah/Madrasah memiliki
tenaga layanan khusus.
|
|
5 A.
|
Memiliki 4 (empat) jenis atau lebih tenaga layanan
khusus.
|
|
5 B.
|
Memiliki 3 (tiga) jenis tenaga layanan khusus.
|
|
5 C.
|
Memiliki 2 (dua) jenis tenaga layanan khusus.
|
|
5 D.
|
Memiliki 1 (satu) jenis tenaga layanan khusus.
|
|
5 E.
|
Tidak memiliki satupun tenaga
layanan khusus.
|
70.
|
Jawaban dibuktikan dengan
adanya tenaga layanan khusus yang tidak dirangkap. Adapun lima jenis tenaga
layanan khusus adalah sebagai berikut:
a. Penjaga sekolah/madrasah.
b. Tukang kebun.
c. Tenaga kebersihan.
d. Pengemudi, dan
e. Pesuruh.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar