Selasa, 07 April 2020

Suksesi Ekologi


SUKSESI


foto : aborday.org

Suatu komunitas tidak berada dalam keadaan statis, namun mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi dalam komunitas dapat diamati dan seringkali perubahan tersebut berupa pergantian ke komunitas lain. Misalnya, ada kebun jagung yang ditinggalkan setelah panen dan tidak ditanami lagi. Di tempat itu akan bermunculan berbagai jenis gulma yang membentuk komunitas. Apabila lahan tersebut dibiarkan cukup lama, dalam komunitas itu akan terjadi pergantian komposisi spesies yang mengisi lahan tersebut. Perubahan secara bertahap pada struktur komunitas sepanjang waktu disebut suksesi. 

Suksesi adalah suatu proses perubahan, berlangsung satu arah secara teratur yang terjadi pada suatu komunitas dalam jangka waktu tertentu hingga terbentuk komunitas baru yang berbeda dengan komunitas semula. Dengan perkataan lain suksesi dapat diartikan sebagai perkembangan ekosistem tidak seimbang menuju ekosistem seimbang. Suksesi terjadi sebagai akibat modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem.
Para ahli ekologi telah mempelajari asosiasi antar-organisme dalam beberapa tahap untuk mengetahui mekanisme suksesi. Berdasarkan kondisi habitat pada awal suksesi, dapat dibedakan dua macam suksesi, yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder.

1. Suksesi primer 
Suksesi primer terjadi bila komunitas asal terganggu. Gangguan ini mengakibatkan hilangnya komunitas asal tersebut secara total sehingga di tempat komunitas asal terbentuk habitat baru. Gangguan ini dapat terjadi secara alami, misalnya karena tanah longsor, letusan gunung berapi, endapan lumpur yang baru di muara sungai, dan endapan pasir di pantai. Gangguan dapat pula karena perbuatan manusia misalnya penambangan timah, batubara, dan minyak bumi.  

Contoh yang terdapat di Indonesia adalah terbentuknya suksesi di Gunung Krakatau yang pernah meletus pada tahun 1883. Di daerah bekas letusan gunung Krakatau mula-mula muncul pioner berupa lumut kerak (liken) serta tumbuhan lumut yang tahan terhadap penyinaran matahari dan kekeringan. Tumbuhan perintis itu mulai mengadakan pelapukan pada daerah permukaan lahan, sehingga terbentuk tanah sederhana. Bila tumbuhan perintis mati maka akan mengundang datangnya pengurai. Zat yang terbentuk karena aktivitas penguraian bercampur dengan hasil pelapukan  lahan membentuk tanah yang lebih kompleks susunannya. Dengan adanya tanah ini, biji yang datang dari luar daerah dapat tumbuh dengan subur. Kemudian rumput yang tahan kekeringan tumbuh. Bersamaan dengan itu tumbuhan herba pun tumbuh menggantikan tanaman pioner dengan menaunginya. Kondisi demikian tidak menjadikan pioner subur tapi sebaliknya. Sementara itu, rumput dan  belukar dengan akarnya  yang kuat mengadakan pelapukan lahan. Bagian tumbuhan yang mati diuraikan oleh jamur sehingga keadaan tanah menjadi lebih tebal. Kemudian semak tumbuh. Tumbuhan semak menaungi rumput dan belukar maka terjadilah kompetisi. Lama kelamaan semak menjadi dominan kemudian pohon mendesak tumbuhan belukar sehingga terbentuklah hutan. Saat itulah ekosistem disebut mencapai kesetimbangan atau dikatakan ekosistem mencapai  klimaks, yakni perubahan yang terjadi sangat kecil sehingga tidak banyak mengubah ekosistem itu. 

2. Suksesi Sekunder 
Suksesi sekunder terjadi bila suatu komunitas mengalami gangguan, baik secara  alami maupun buatan.  Gangguan  tersebut  tidak merusak total tempat tumbuh organisme sehingga dalam komunitas  tersebut  substrat lama dan kehidupan masih ada. Contoh gangguan alami misalnya banjir, gelombang laut, kebakaran, angin kencang, dan gangguan buatan seperti penebangan hutan dan pembakaran padang rumput dengan sengaja. Contoh suksesi sekunder misalnya ketika padang rumput atau hutan dibersihkan untuk kegiatan pertanian atau penebangan pohon. Jika daerah tersebut ditinggalkan atau didiamkan saja setelah digunakan, akan terjadi suksesi kembali. Padang rumput atau kebun yang ditinggalkan akan ditumbuhi lagi oleh rerumputan baru, perdu, dan pohon-pohon. 

Pada musim kemarau tahun 1.997, api membakar hutan-hutan di kalimantan. Beribu-ribu hektar pohon, perdu, serta rumput terbakar. Banyak hewan mati karena asap dan api. Beberapa hewan lain pindah keluar dari hutan. Abu hasil tumbuhan dan hewan yang terbakar menyediakan nutrisi bagi kecambah atau tunas tumbuhan. Tumbuhan baru akan tumbuh di daerah tersebut dan populasi hewan akan kembali lagi. Hewan-hewan tersebut akan memberi senyawa organik untuk tanah sehingga banyak tumbuhan lain akan hidup di daerah tersebut. Tumbuhan menyediakan makanan lebih banyak untuk herbivora. Beberapa herbivora memberi makan untuk karnivora. Keseluruhan proses tersebut menyebabkan populasi berubah dan komunitas berkembang secara berkesinambungan.

Proses suksesi sangat terkait dengan faktor linkungan, seperti letak lintang, iklim, dan tanah. Lingkungan sangat menentukan pembentukkan struktur komunitas klimaks. Misalnya, jika proses suksesi berlangsung di daerah beriklim kering, maka proses tersebut akan terhenti (klimaks) pada tahap komunitas rumput; jika berlangsung di daerah beriklim dingin dan basah, maka proses suksesi akan terhenti pada komunitas (hutan) conifer, serta jika berlangsung di daerah beriklim hangat dan basah, maka kegiatan yang sama akan terhenti pada hutan hujan tropik.

Proses suksesi sangat beragam, tergantung kondisi lingkungan. Proses suksesi pada daerah hangat, lembab, dan subur dapat berlangsung selama seratus tahun. Coba bandingkan kejadian suksesi pada daerah yang ekstrim (misalnya di puncak gunung atau daerah yang sangat kering). Pada daerah tersebut proses suksesi dapat mencapai ribuan tahun.

Kecepatan proses suksesi dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut :
  1. Luas komunitas asal yang rusak karena gangguan.
  2. Jenis-jenis tumbuhan yang terdapat di sekitar komunitas yang terganggu.
  3. Kehadiran pemencar benih.
  4. Iklim, terutama arah dan kecepatan angina yang membantu penyebaran biji, sporam dan benih serta curah hujan.
  5. Jenis substrat baru yang terbentuk
  6. Sifat – sifat jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat terjadinya suksesi.
Suksesi tidak hanya terjadi di daratan, tetapi terjadi pula di perairan misalnya di danau dan rawa. Danau dan rawa yang telah tua akan mengalami pendangkalan oleh tanah yang terbawa oleh air. Danau yang telah tua ini disebut eutrofik.

Pada beberapa tempat, suksesi akan berlangsung melalui tahap-tahap sampai faktor biotik dan abiotik seimbang. Komunitas yang mengalami keseimbangan disebut komunitas klimaks. Komunitas klimaks merupakan hasil akhir dari suksesi. Misalnya suksesi rawa menjadi daratan yang merupakan komunitas klimaks.

Tipe komunitas klimaks yang berkembang dibedakan dibedakan oleh faktor-faktor pembatas lingkungan. Di daerah dimana air merupakan faktor pembatas, komunitas klimaksnya adalah gurun. Pada daerah pegunungan, komunitas klimaks terdiri dari lumut kerak dan lumut, serta jarang terdapat pohon karena faktor-faktor pembatasnya adalah suhu, air, dan angin. Sepanjang kondisi lingkungan menjadi konstan maka komunitas klimaks akan bertahan. 

Telah dijelaskan bahwa akhir sukses adalah terbentuknya suatu komunitas klimaks. Berdasarkan tempat terbentuknya, terdapat tiga jenis komunitas klimaks sebagai berikut :
  1. Hidroser yaitu suksesi yang terbentuk di ekosistem air tawar.
  2. Haloser yaitu suksesi yang terbentuk di ekosistem air payau
  3. Xeroser yaitu suksesi yang terbentuk di daerah gurun.

Pembentukkan komunitas klimaks sangat dipengaruhi oleh musim dan biasanya komposisinya bercirikan spesies yang dominant. Berdasarkan pengaruh musim terhadap bentuknya komunitas klimaks, terdapat dua teori sebagai berikut :
  1. Hipotesis monoklimaks menyatakan bahwa pada daerah musim tertentu hanya terdapat satu komunitas klimaks
  2. Hipotesis poliklimaks mengemukakan bahwa komunitas klimaks dipengaruhi oleh berbagai faktor abiotik yang salah satunya mungkin dominan.
Skema urutan perkembangan vegetasi pada suksesi primer :
Permukaan tanah terbuka
Vegetasi perintis
Vegetasi cryptogamae/berspora (jamur, ganggang, lumut dan tumbuhan paku)
Vegetasi rumput dan semak
Vegetasi semak belukar
Vegetasi perdu dan pohon
Vegetasi klimaks

Sumber, disadur dari :
Biologi untuk SMA/MA Kelas X, Erlangga

81 komentar:

  1. suksesi adalah proses komunitas secara teratur membentuk komunitas baru. Suksesi dibagi menjadi dua yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder.suksesi dapat terjadi di lahan-lahan setelah panen contohnya sawah, ladang atau kebun.bukan hanya di daratan suksesi bisa juga berada di daerah perairan misalnya rawa dan danau.
    Nama:Alvan Nur Tamam
    Kelas:X Mipa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya,suksesi itu sebuah perubahan ekosistem yang terjadi akibat bencana alam atau hal lain yang dapat menambah hal baru.terbagi 2 macamyaitu suksesi primer dan suk-sesi sekunder. Perbedaaan dua tipe suksesi ini terletak pada kondisi habitat awal proses terjadinya suksesi.terjadi bukan hanya didaratan tetapi juga diperairan seperti rawa dan danau.
      Nama : nayla mukarromah
      Kelas: x mipa

      Hapus
  2. Nama : Fathu Syifa Nur Rifqi
    Kelas : X Mipa


    Suksesi dapat dikatakan suatu proses perubahan yang berlangsung satu arah secara teratur yang terjadi pada suatu komunitas dalam jangka waktu tertentu hingga terbentuk komunitas baru yang berada pada komunitas semula.
    Komunitas tidak dalam keadaan statis, tetapi mengalami perubahan.
    Suksesi berdasarkan kondisi habitatnya di bagi menjadi 2 yaitu suksesi primer, dan suksesi sekunder.

    BalasHapus
  3. Suksesi adalah sebuah perubahan baik ekosistem atau pergantian komunitas yang terjadi secara perlahan-lahan.Suksesi terjadi sebagai akibat modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem.Berdasarkan kondisi habitat pada awal suksesi, dapat dibedakan dua macam suksesi, yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder.
    Suksesi primer terjadi bila komunitas asal terganggu.Contoh yang terdapat di Indonesia adalah terbentuknya suksesi di Gunung Krakatau yang pernah meletus pada tahun 1883. Suksesi sekunder terjadi bila suatu komunitas mengalami gangguan, baik secara  alami maupun buatan.  Contoh suksesi sekunder misalnya ketika padang rumput atau hutan dibersihkan untuk kegiatan pertanian atau penebangan pohon.


    Fitriyani
    X Mipa

    BalasHapus
  4. Nama : Siti Nur Azizah
    Kelas: X MIPA
    Suksesi Adalah suatu proses komunitas secara teratur sehingga terbentuk komunitas baru.Suksesi Di bedakan menjadi 2 macam yaitu: suksesi primer;bila komunitas asalnya terganggu. Dan suksesi sekunder;Komunitasnya mengalami gangguan.
    Suksesi tidak hanya di daratan,suksesi juga di perairan contohnya di danau dan rawa.
    Proses suksesi dapat di daerah hangat,lebab,dan subur berlangsung dalan 100 tahun.

    BalasHapus
  5. Suksesi yaitu proses perubahan ekosistem dalam kurun waktu tertentu menuju ke lingkungan yang lebih stabil dan teratur, proses suksesi akan berhenti apabila lingkungan tersebut telah mencapai keadaan stabil atau telah mencapai klimaks.pada suksesi terdapat dua macam yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder.

    Salahudin Rizqi(x mipa)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama :Nihayatunnur
    Kelas:X Mipa

    Suksesi adalah perubahan yang terjadi pada struktur komunitas dari komunitas lama ke komunitas baru atau perubahan menuju kesinambungan.Terdapat 2 macam suksesi yaitu suksesi primer yang diakibatkan karena komunitas asal terganggu dan suksesi sekunder yang diakibatkan karena suatu komunitas mengalami gangguan,baik itu gangguan alami maupun buatan. Komunitas yang sudah mencapai kestabilan disebut komunitas klimaks. Suksesi terjadi di daratan dan daerah perairan.

    BalasHapus
  10. Suksesi yaitu suatu proses perubahan yang terjadi pada komunitas pada jangka waktu tertentu dan menghasilkan komunitas baru.
    Suksesi di bagi menjadi 2 macam yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder
    Suksesi primer terjadi apabila komunitas asal terganggu sedangkan suksesi sekunder terjadi apabila suatu komunitas mengalami gangguan baik secara alami maupun buatan.
    Suksesi terjadi tidak hanya pada daratan saja melainkan pada perairan juga bisa.
    Proses suksesi dapat terjadi di daerah lembab, hangat dan subur.
    Nama :Bayu ramdan
    Kelas :X mipa

    BalasHapus
  11. Nama : Ria yuliyanti
    Kelas : X mipa



    Suksesi yaitu proses perubahan yang terjadi secara sistematis pada komunitas dalam jangka waktu tertentu sehingga menjadi komunitas baru yang berbeda dari komunitas sebelumnya. Suksesi terjadi akibat modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem. Berdasarkan kondisi habitat di bedakan menjadi dua macam suksesi primer dan suksesi sekunder.

    BalasHapus
  12. Suksesi adalah suatu perubahan atau berbedanya komunitas secara teratus dengan jangka waktu yang sesuai dengan komunitas baru.suksesi juga dibagi menjadi 2 bagian yaitu suksesi primer dan suksesi sekinder.suksesi primer terjadi bila komunitas asalnya terganggu, contohnya karena terjadinya gunung meletus,tanah longsor dll.sedangkan suksesi sekunder terjadi ketika komunitasnya mengalami gangguan, contonya adalah padang rumput atau padang pasir yang dibereskan atau diperbaiki untuk dijadikan kebun baru yang ingin ditanami.

    NAMA :MUHAMMAD ALIYA ZEIN
    KELAS:X MIPA

    BalasHapus
  13. Nama:Intan fadillah
    Kelas: X mipa

    Suksesi adalah suatu proses perubahan yang berlangsung satu arah secara teratur yang dapat terbentuk komunitas baru yang berbeda dengan komunitas semula. Suksesi di bagi menjadi 2 yaitu primer dan sekunder, suksesi primer komunitas asal mengalami gangguan mengakibatkan hilang nya komunitas asal dan terbentuk habitat baru, sedangkan suksesi sekunder komunitas asal mengalami gangguan tetapi tidak merusak total komunitas dan komunitas lama masih ada. Proses suksesi sangat terkait dengan faktor lingkungan seperti, letak lintang, iklim dan tanah. Suksesi juga dapat terjadi di daratan dan perairan seperti rawa dan danau. Melalui tahap tahap hingga menjadi akhir dari suksesi adalah komunitas klimas.

    BalasHapus
  14. Nama:Mar'atus Sholihah
    Kelas:X Mipa


    SUKSESI EKOLOGI

    ●Suksesi:merupakan perubahan struktur yaitu pada suatu komunitas,dalam waktu yang relatif lama,hingga terbentuk komunitas baru.Suksesi,di bedakan menjadi 2 macam:
    1).suksesi primer
    2).suksesi sekunder

    Kecepatan proses suksesi tentu saja di pengaruhi oleh beberapa faktor.

    Tidak hanya di daratan,suksesi juga terjadi di perairan,contohnya danau dan rawa.

    Akhir suatu suksesi yaitu dengan terbentuknya suatu komunitas klimaks.

    BalasHapus
  15. Siti mariyah
    X mipa

    Suksesi adalah proses perubahan secara teratur dapat di artikan sebagai perkembangan ekosistem suksesi di bagi menjadi 2
    1).suksesi primer: terjadi karna komunitas asal terganggu sehingga komunitas asal terbentuk habitat baru contoh longsor ,letusan gunung berapi dll
    2).suksesi sekunder:terjadi karna komunitas mengalami gangguan sehingga komunitas tidak terbentuk habitat baru contok banjir,kebakaran dll
    Suksesi dapat terjadi di darat dan perairan seperti rawa dan danau.

    BalasHapus
  16. Nama:Alfin maulana
    Kelas:x MIPA


    Suksesi adalah proses komunitas secara teratur membentuk komunitas yang baru.
    Suksesi ada 2 macam yaitu,suksesi primer dan suksesi sekunder.suksesi primer diakibatkan karena komunitas asal terganggu,suksesi sekunder di akibatkan karena suatu komunitas yang mengalami gangguan alami maupun buatan.
    Komunitas yang telah mencapai keadaan stabil bisa di sebut dengan komunitas klimaks.

    BalasHapus
  17. Nama : Miselia
    Kelas: X Mipa

    Suksesi adalah proses perubahan suatu komunitas secara teratur sehingga menjadi komunitas baru.suksesi dibagi menjadi 2 yaitu suksesi primer dan seuksesi sekunder.perbedaan ini berdasarkan habitat pada awal suksesi.proses suksesi sangat beragam tergantung kondisi lingkungan.suksesi tidak hanya terjadi didaratan tetapi juga diperairan misalnya didanau dan rawa.

    BalasHapus
  18. Nama:Syifa'ul hidayah
    Kelas:X Mipa


    Suksesi adalah proses perubahan dari suatu komunitas lama menuju komunitas baru.Berlangsung satu arah secara teratur dan dalam waktu yang tertentu.
    Suksesi dibedakan menjadi 2,yaitu suksesi primer:Perubahan yang terjadi bila komunitas asal terganggu.Dan suksesi skunder:Perubahan yang terjadi bila suatu komunitas mengalami gangguan.
    Suksesi tidak hanya terjadi di darat,melainkan di perairan misalnya di danau dan rawa.

    BalasHapus
  19. Nama:Abdul Khalim
    Kelas:X Mipa


    Suksesi adalah perubahan yang secara bertahap dan teratur yang terjadi pada suatu komunitas.
    suksesi tersebut dapat di bedakan menjadi dua yaitu:
    A.suksesi primer: yaitu perubahan yang terjadi bilamana komunitas asal terganggu,
    B.suksesi skunder:perubahan yang terjadi apa bila suatu komunitas mengalami hangguan.
    proses dari suksesi tersebut sangat bergantung pada lingkunganya.suksesi tersebut tidak hanya terjadi di daratan saja namun di perairan pun bisa contohnya rawa dan danau.
    Dan akhir dari sebuah proses suksesi adalah terbentuknya suatu komunitas klimaks

    BalasHapus
  20. Suksesi yaitu perubahan secara teratur dari komunitas sebelumnya, suksesi dibagi menjadi 2,yaitu suksesi primer dan sekunder, proses suksesi sangat terkait dgn lingkungan, serta faktor suksesi juga beragam tergantung dgn kondisi lingkungan, suksesi tdk hanya terjadi di daratan tapi juga di perairan.
    Nama:siti mas'amah
    Kelas: x mipa

    BalasHapus
  21. Nama:jihana putri alin
    Kelas:x mipa
    Suksesi adalah suatu proses perubahan komunitas yang berlangsung satu arah seca teratur hingga terbentuk komunitas yang baru. Suksesi dibagi dua, suksesi primer dan suksesi sekunder. Suksesi terjadi akibat modifikasi lingkungan fisik komunitas atau ekosistem. Susesi sangat terkait dengan lingkungan.Suksesi berakhir dedengan sebuah komunitas atau ekosistem klimaks.
    Suksesi tidak hanya terjadi didaratan tetapi juga perairan misalnya danau dan rawa

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Suksesi adalah perubahan komunitas yang tidak seimbang secara bertahap dan teratu menjadi komunitas yang seimbang.Suksesi dibagi menjadi dua yaitu primer dan skunder.Suksesi terjadi dan bertahan tergantung faktor dan kondisi lingkungannya.Suksesi terjadi tidak hanya didaratan di perairan pun bisa seperti rawa dan danau

    NAMA:Lintang nurul aulia
    Kelas:X MIPA

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Suksesi merupakan perubahan komunitas yang terjadi secara langsung dan teratur dan juga terjadi dalam jangka waktu tertentu.Suksesi di bedakan menjadi dua macam,yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder.suksesi primer terjadi apabila komunitas asal terganggu sedangkan suksesi sekunder terjadi apabila suatu komunitas mengalami gangguan,baik secara alami ataupun maupun buatan.

    Annisa
    X MIPA

    BalasHapus
  26. Nama: mahfud saefudin
    Kelas: x mipa

    Jadi suksesi adalah perubahan yang terjadi pada ekosistem atau komunitas yang terjadi secara perlahan dalam jangka waktu tertentu.suksesi dibagi 2 sbb;

    1). Suksesi primer

    -adalah suksesi yang dari awal atau asal terganggu / terusik penuh.


    2).suksesi sekunder
    -adalah suksesi yang diawal tidak terusik / terganggu penuh sehingga ekosistem atau komunitas yang lama masih ada.

    BalasHapus
  27. Efi elfiyani
    X mipa

    Suksesi ekologi adalah suatu proses perkembangan (perubahan), meliputi struktur spesies dan komunitasnya, yang terarah sehingga dapat diduga arah perkembangannya. Proses suksesi ini merupakan hasil modifikasi lingkungan fisik oleh komunitas (Biotis). Suksesi mempelajari perubahan vegetasi pada suatu habitat, dalam perjalanan waktu, hingga tercapai stabilisasi (= Keseimbangan dinamis dengan lingkungan) dalam bentuk vegetasi klimaks-stabil

    BalasHapus
  28. Nama: Hibat Fajar Ramadhani
    Kelas: X-MIPA

    Jadi Gini Bu...

    Suksesi Ialah Perubahan secara bertahap pada struktur komunitas sepanjang waktu.

    Suksesi dibagi Menjadi 2 Yaitu:
    ✓Suksesi Primer
    ✓Suksesi Sekunder

    Suksesi Terjadi di daratan dan juga di daerah perairan seperti danau dan rawa.
    Suksesi akan berlangsung melalui tahap tahap sampai faktor biotik dan abiotik seimbang.Komunitas yang mengalami keseimbangan di sebut komunitas Klimaks
    Contohnya Rawa menjadi Daratan.

    Sekian:)

    BalasHapus
  29. Nama:Nofia isti anah
    Kelas:X Mipa

    Suksesi adalah suatu proses perubahan atau dalam artian lain suksesi sebagai perkembangan ekosistem tidak seimbang menuju ekosistem seimbang. Suksesi terjadi sebagai akibat modifikasi lingkungan fisik dalam ekosistem. Suksesi dibagi menjadi 2 yaitu;
    •Suksesi primer terjadi bila komunitas asal terganggu.Contoh;di Indonesia terbentuknya suksesi digunung krakatau yang pernah meletus pada tahun 1883
    •Suksesi sekunder terjadi bila suatu komunitas mengalami gangguan secara alami maupun buatan.Contoh gangguan alami;banjir,kebakaran,dll.Contoh gangguan buatan;penebangan pohon hutan. Suksesi tidak terjadi di daratan saja tapi terjadi di perairan juga contohnya;danau dan rawa

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  31. Nama: Fadhel Abbas
    Kelas: X MIPA

    Suksesi adalah suatu proses perubahan, berlangsung satu arah secara teratur yang terjadi pada suatu komunitas dalam jangka waktu tertentu hingga terbentuk komunitas baru yang berbeda dengan komunitas semula. Dengan perkataan lain suksesi dapat diartikan sebagai perkembangan ekosistem tidak seimbang menuju ekosistem seimbang. Suksesi terjadi sebagai akibat modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem.
    Berdasarkan kondisi habitat pada awal suksesi, dapat dibedakan dua macam suksesi, yaitu:

    1. Suksesi Primer.
    Suksesi primer terjadi bila komunitas asal terganggu, Dan mengakibatkan
    hilangnya komunitas asal tersebut.

    2. Suksesi Sekunder.
    Terjadi apabila suatu komunitas mengalami gangguan, baik secara alami maupun buatan.

    BalasHapus
  32. Nama : Luthfiya Tuzzuhro
    Kelas : X mipa
    Suksesi ialah proses perubahan komunitas lama menjadi komunitas baru,sebab komunitas lama meninggalkan habitatnya karna adanya gangguan sehingga terjadi pergantian komposisi spesies yg mengisi lahan habitat tsb. Gangguannya yg secara alami ( Longsor,banjir,kebakaran,dll..) dan buatan ( Penebangan hutan dan pembakaran padang rumput dgn sengaja ). Gangguan yg menyebabkan hilangnya komunitas lama secara total ( suksesi primer) dan gangguan yg menyebabkan hilangnya komunitas lama secara tdk total( suksesi sekunder ). Proses yg terjadi pum dilihat akan faktor lingkungannya seperti,letak lintangnya,iklim dan tanahnya. Suksesi juga tdk hanya terjadi di daratan melainkan bisa di perairan juga. Melalui tahap - tahap sehingga menjadi akhir dri suksesi adalah komunitas klimaks .

    BalasHapus
  33. Nama: Fatimatul Azizah
    Kelas:XMIPA

    Suksesi adalah suatu proses perubahan yang terjadi pada komunitas dengan secara teratur dalam jangka waktu tertentu.suksesi dapat di artikan sebagai perkembangan ekosistem tidak seimbang .suksesi di bagi menjadi 2 yaitu:suksesi primer dan suksesi sekunder,suksesi primer adalah terjadi bila komunitas asal terganggu.gangguan ini bisa terjadi secara alami maupun perbuatan manusia .sedangkan suksesi sekunder adalah terjadi apabila suatu komunitas mengalami gangguan secara buatan maupun alami.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Nama : Edwin Alfarizzi
    Kelas:X mipa
    Sukses I adalah suatu Proses perubahan,berlangsung satu arah separate teratur yang teraturn Yang terjadi pada suatu komunitas Dan dapat Di artisan sebagai perkembangan ekosistem Tidak seimbang menurut seimbang suksesI Di bagi Menjadi 2 yaitu:
    -Suksei primer terjadi Bilang komunitas asal tergantung contohnya tanah Longnor Dan letusan gunung merapi
    -suksesi sekunder terjadi Bilang suatu komunitas Mendalami ganggu an contohnya banjur Dan kebakaran

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Nama: fegi oktaviani
    Kelas: x mipa
    Suksesi adalah sebuah perubahan baik ekosistem atau pergantian komunitas yang terjadi secara perlahan lahan.bisa juga Di katakan bahwa suksesi adalah proses perubahan ekosistem dalam kurun waktu tertentu ke arah lingkungan yang lebih teratur atau stabil. Suksesi di bagi menjadi 2 macam, yaitu suksesi primer dan suksesi skunder.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Suksesi adalah Suatu proses Perubahan Komunitas Yang secara teratur dan menyeluruh dalam waktu jangka Panjang atau pendek, sehingga Membuat Komunitas yang baru/yang lebih baik dari komunitas yang lama. Suksesi dibagi menjadi 2 yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder, Suksesi primer yaitu suksesi terjadi apabila Terganggu atau ada gangguan ditempat itu contohnya tanah longsor. Suksesi Sekunder yaitu apabila Terjadi ketika ada gangguan Yang tidak merusak total contohnya Banjir


    Nama: Ali Jenal Abidin
    Kelas: X mipa

    BalasHapus
  41. Nama:mulyono
    kelas:X mipa

    Suksesi adalah proses perubahan,berlangsung dalam satu arah secara teratur yg terjadi pada suatu komunitas dalam jangka waktu tertentu dan dapat diartikan perbuahan terhadap ekosistem,suksesi juga dibagi menjadi dua yaitu :-

    *suksesi primer and suksesi skunder

    *suksesi premier adalah ketika komunitas atau ekosistem asal atau dari daerah tersebut terganggu dan mulai hilang satu persatu dan terancam keponakan

    *suksesi skunder adalah terjadi bila komunitas atau ekosistem terganggu baik dari ekosistem trsbt(alami) atau ulah selain ekosistem trsb sprti manusia (buatan).

    BalasHapus
  42. Alfiyana
    X MIPA

    Suksesi adalah suatu proses perubahan, berlangsung satu arah secara teratur yang terjadi pada suatu komunitas hingga terbentuk komunitas baru yang berbeda dengan komunitas semula.
    Suksesi dibagi mjd 2 yaitu:
    ~Suksesi Primer yaitu terjadi apabila komunitas asal terganggu yg mengakibatkan hilangnya komunitas asal tersebut secara total (punah) sehingga di tempat komunitas asal terbentuk habitat baru.
    ~Suksesi skunder yaitu terjadi apabila suatu komunitas mengalami gangguan, baik secara alami maupun buatan. Gangguan tersebut tidak merusak total tempat tumbuh organisme sehingga dalam komunitas tersebut substrat lama dan kehidupan masih ada(tdk punah).

    BalasHapus
  43. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
  44. Menurut kesimpulan saya,suksesi adalah suatu perubahan yang tidak teratur yang terjadi pada suatu komunitas baru yang berbeda dengan komunitas sebelum nya
    Suksesi di bagi menjadi 2
    -suksesi primes ialah suatu perubahan pada komunitas secara total
    -suksesi skunder ialah suatu perubahan pada komunitas yang secara tidak total sehingga komunitas yang sebelumnya masih ada

    Nama: Agin Ginanjar Yusuf
    Kls : X MIPA

    BalasHapus