Rabu, 08 April 2020

HIV dan AIDS

BAHAYA HIV dan AIDS


Pengertian HIV dan AIDS

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Obat atau metode penanganan HIV belum ditemukan. Dengan menjalani pengobatan tertentu, pengidap HIV bisa memperlambat perkembangan penyakit ini, sehingga pengidap HIV bisa menjalani hidup dengan normal. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, maka tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.
Faktor Risiko HIV dan AIDS
Kelompok orang yang lebih berisiko terinfeksi, antara lain:
  1. Orang yang melakukan hubungan intim tanpa kondom, baik hubungan sesama jenis maupun heteroseksual.
  2. Orang yang sering membuat tato atau melakukan tindik.
  3. Orang yang terkena infeksi penyakit seksual lain.
  4. Pengguna narkotika suntik.
  5. Orang yang berhubungan intim dengan pengguna narkotika suntik.

 

Penyebab HIV dan AIDS

Di negara Indonesia, penyebaran dan penularan HIV paling banyak disebabkan melalui hubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba. Seseorang yang terinfeksi HIV dapat menularkannya kepada orang lain, bahkan sejak beberapa minggu sejak tertular. Semua orang berisiko terinfeksi HIV.

 

Gejala HIV dan AIDS

Tahap Pertama:

  1. Pengidap akan mengalami nyeri mirip, seperti flu, beberapa minggu setelah terinfeksi, selama satu hingga dua bulan.
  2. Dapat tidak menimbulkan gejala apapun selama beberapa tahun.
  3. Dapat timbul demam, nyeri tenggorokan, ruam, pembengkakan kelenjar getah bening, diare, kelelahan, nyeri otot, dan sendi.

Tahap Kedua:

  1. Umumnya, tidak menimbulkan gejala lebih lanjut selama bertahun-tahun.
  2. Virus terus menyebar dan merusak sistem kekebalan tubuh.
  3. Penularan infeksi sudah bisa dilakukan pengidap kepada orang lain.
  4. Berlangsung hingga 10 tahun atau lebih.

Tahap Ketiga:

  1. Daya tahan pengidap rentan, sehingga mudah sakit, dan akan berlanjut menjadi AIDS.
  2. Demam terus-menerus lebih dari sepuluh hari.
  3. Merasa lelah setiap saat.
  4. Sulit bernapas.
  5. Diare yang berat dan dalam jangka waktu yang lama.
  6. Terjadi infeksi jamur pada tenggorokan, mulut, dan vagina.
  7. Timbul bintik ungu pada kulit yang tidak akan hilang.
  8. Hilang nafsu makan, sehingga berat badan turun drastis.

Diagnosis HIV dan AIDS

Tes HIV harus dilakukan untuk memastikan seseorang mengidap HIV atau tidak. Pemeriksaan yang dilakukan sebagai langkah diagnosis adalah dengan mengambil sampel darah atau urine pengidap untuk diteliti di laboratorium. Jenis pemeriksaan untuk mendeteksi HIV, antara lain:
  1. Tes antibodi. Tes ini bertujuan mendeteksi antibodi yang dihasilkan tubuh untuk melawan infeksi HIV. Meski akurat, perlu waktu 3-12 minggu agar jumlah antibodi dalam tubuh cukup tinggi untuk terdeteksi saat pemeriksaan.
  2. Tes antigen. Tes antigen bertujuan mendeteksi protein yang menjadi bagian dari virus HIV, yaitu p24. Tes antigen tersebut dapat dilakukan 2-6 minggu setelah pengidap yang dicurigai terinfeksi HIV.
Jika skrining menunjukkan pengidap terinfeksi HIV (HIV positif), pengidap perlu menjalani tes selanjutnya, untuk memastikan hasil skrining, membantu dokter mengetahui tahap infeksi yang diderita, serta menentukan metode pengobatan yang tepat. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah pengidap, untuk selanjutnya diteliti di laboratorium. Tes tersebut, antara lain:
  1. Hitung sel CD4. CD4 adalah bagian dari sel darah putih yang dihancurkan oleh HIV. Jumlah CD4 normal berada dalam rentang 5001400 sel per milimeter kubik darah. AIDS terjadi jika hasil hitung sel CD4 di bawah 200 sel per milimeter kubik darah.
  2. Pemeriksaan viral load (HIV RNA). Bertujuan untuk menghitung RNA, bagian dari virus HIV yang berfungsi menggandakan diri. Jumlah RNA yang lebih dari 100.000 kopi per mililiter darah, menandakan infeksi HIV baru saja terjadi atau tidak tertangani. Sedangkan jumlah RNA yang berada di bawah 10.000 kopi per mililiter darah, menunjukan perkembangan virus yang tidak terlalu cepat, tetapi kerusakan pada sistem kekebalan tubuh tetap terjadi.
  3. Tes resitensi (kekebalan) dilakukan untuk menentukan obat anti HIV jenis apa yang tepat bagi pengidap. Hal ini dikarenakan beberapa pengidap memiliki resistensi terhadap obat tertentu.

Pengobatan HIV dan AIDS

Meskipun sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan HIV, tetapi ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus. Jenis obat ini disebut antiretroviral (ARV). ARV bekerja dengan menghilangkan unsur yang dibutuhkan virus HIV untuk menggandakan diri dan mencegah virus HIV menghancurkan sel CD4. Jenis obat ARV memiliki berbagai varian, antara lain Etravirine, Efavirenz, Lamivudin, Zidovudin, dan juga Nevirapine.
Selama mengonsumsi obat antiretroviral, dokter akan memonitor jumlah virus dan sel CD4 untuk menilai respons pengidap terhadap pengobatan. Hitung sel CD4 akan dilakukan tiap 36 bulan. Sedangkan pemeriksaan HIV RNA, dilakukan sejak awal pengobatan, lalu dilanjutkan tiap 34 bulan selama masa pengobatan.
Agar perkembangan virus dapat dikendalikan, pengidap harus segera mengonsumsi ARV begitu didiagnosis mengidap HIV. Risiko pengidap HIV untuk terserang AIDS akan semakin besar jika pengobatan ditunda, karena virus akan semakin merusak sistem kekebalan tubuh. Selain itu, penting bagi pengidap untuk mengonsumsi ARV sesuai petunjuk dokter. Konsumsi obat yang terlewat hanya akan membuat virus HIV berkembang lebih cepat dan memperburuk kondisi pengidap.
Segera minum obat jika jadwal konsumsi obat pengidap dan tetap ikuti jadwal berikutnya. Namun jika dosis yang terlewat cukup banyak, segera bicarakan dengan dokter. Kondisi pengidap juga memengaruhi resep atau dosis yang sesuai. Dokter juga dapat menggantinya sesuai dengan kondisi pengidap. Selain itu, pengidap juga boleh untuk mengonsumsi lebih dari 1 obat ARV dalam sehari.

Pencegahan HIV dan AIDS

Terdapat berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan HIV dan AIDS, antara lain:
  1. Hindari pergaulan bebas, berhubungan intim hanya dengan pasangan suami atau istri.
  2. Menggunakan kondom saat berhubungan intim.
  3. Bersikap jujur kepada pasangan jika mengidap positif HIV, agar pasangan juga menjalani tes HIV.
  4. Diskusikan dengan dokter jika didiagnosis positif HIV saat hamil, mengenai penanganan selanjutnya, dan perencanaan persalinan, untuk mencegah penularan dari ibu ke janin.
  5. Bersunat untuk mengurangi risiko infeksi HIV.
  6. Jika menduga baru saja terinfeksi atau tertular virus HIV, seperti setelah melakukan hubungan intim dengan pengidap HIV, maka harus segera ke dokter. Agar bisa mendapatkan obat post-exposure prophylaxis (PEP) yang dikonsumsi selama 28 hari dan terdiri dari 3 obat antiretroviral.

117 komentar:

  1. HIV merupajan jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang dan melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi atau penyakit Lain. Seseorang yang terinfeksi virus ini tidak akan langsung tau jika tanpa dilakukannya pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Mengapa? Karena proses penyebaran virus ini akan terjadi dalam jangka waktu yang lama bahkan bisa sampai bertahun tahun. Dan seseorang yang sudah terinfeksi tidak akan terus merasakan sakit, karena dalam tahapannya selama beberapa tahun orang tersebut tidak mengalami gejala apapun jadi terlihat seperti sehat namun tanpa disadari virus itu tetap terus berkembang dalam tubuh dan mulau merusak sistem kekebalan tubuh sehingga orang yang terinfeksi virus HIV ini akan mudah sakit. Dan apabila tidak segera ditangani maka selanjutnya menjadi AIDS. Jika keadaan tubuh seseorang sudah terkena AIDS maka keadaan tubuh sudah sangat parah, orang tersebut akan mudah terserang penyakit penyakit lain. Oleh karena nyalah perlu dilakukannya pemeriksaan meski virus HIV ini belom ditemukan obat penyembuhannya tapi ada obat yang digunakan untuk memperlambat menyebaran virus didalam tubuh yaitu obat ARV. Dan untuk mencegah terjadinya penyakit ini dalam tubuh kita maka kita harua menjauhi pergaulan bebas, berhubungan intim yang tidak aman dan selaly menjaga kesehatan tubuh.




    Nama: Wahyu Nur Salehah
    Kelas : XI MIPA 1
    mapel : Biologi
    Hari/ Tgl : Kamis, 09 Aprlil 2020

    BalasHapus
  2. Nama siti nuraisah
    Kls xl mipa 1
    Kesimpulan yg dapat saya ambil dari cerita di atas yaitu hiv adalah suatu virus yg dapat menyerang sistem kekebalan tubuh kita dan melemahkan kemampuan tubuh kita sedangkan aids adalah ketika hiv sudah pada infeksi akhir
    Penyebaran hiv dan aids bisa terjadi karena hubungan suami istri atau juga pamakaian suntik narkotika yg berganti2
    Gejala yg dapat terjadi pada hiv atau aids yaitu flu selama 2 minggu dan gejala demam serta nyeri sendi
    Pada saat ini memang hiv atau aids blm ada obat y akan tetapi untuk memperlambat penyebaran y trrdapat obat yaitu ARV yg bekerja untuk menghilangkan unsur yg di butuh kan hiv

    BalasHapus
  3. Nama: muhammad yusron
    Kelas XI MIPA 1
    Hari /tgl : Kamis 09 April 2020
    Pelajaran : biologi
    Kesimpulan : HIV (human immunodeficiency virus) adalah suatu virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga sangat rentan diserang berbagai penyakit .Jika Infeksi HIV tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.
    Sampai saat ini belum ada obat untuk menangani HIV dan AIDS. Akan tetapi, ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut, dan dapat meningkatkan harapan hidup penderita.

    BalasHapus
  4. Nama : Anis Yuliana
    Kelas : XI Mipa 1

    HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sampai saat ini virus HIV belum ditemukan metode pengobatannya, namun jika kita menjalani pengobatan maka bisa memperlambat berkembangnya virus itu. Orang yang terinfeksi virus ini tidak akan tau bahwa iya sedang terinfeksi karna proses penyebaran virus ini sangat lama bisa bertahun tahun. Namun, jika kita sudah mengetahui bahwa kita sudah terserang virus HIV. Kita harus melakukan penanganan secara efektif agar kita tidak terkena AIDS. AIDS adalah infeksi yang timbul karna rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat infeksi HIV. Penyebab terkena HIV itu biasanya karena hubungan intim yang tidak aman atau bisa juga karna penularan dari ibu ke bayi saat hamil melalui proses melahirkan atau proses menyusui.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Hiv adalah virus yang merusak kekebalan tubuh sesorang sehingga orang yang terkena hiv rentan di serang berbagai penyakit jika infeksi virus hiv tidak segera di tangani akan berkembang menjadi Aids. Aids adalah stadium akhir dari infeksi virus hiv, pada tahap ini kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya sampai saat ini belum ada obat untuk menangani virus hiv tetapi ada obat yang di gunakan untuk memperlambat penyebaran hiv yaitu obat ARV. Untuk mencegah terjadinya virus hiv di dalam tubuh kita yaitu dengan cara menjauhi pergaulan bebas, dan selalu menjaga kesehatan


    Nama : Khaerunnisa
    Kelas XI Mipa 1

    BalasHapus
  7. Kesimpulan dari HIV dan AIDS
    HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan lemahnya kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.Sedangkan AIDS adalah kondisi dimana HIV sudah pada tahap infeksi akhir.
    Penyebab HIV dan AIDS adalah melakukan hubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba.
    Gejalanya seperti flu,demam,nyer n tenggorokan ruam, pembengkakan kelenjar getah bening,diare, kelelahan, nyeri otot dan sendi gejala ini lebih lanjut selama bertahun-tahun/tanpa gejala.
    Jenis pemeriksaan untuk mendeteksi HIV dan AIDS,ant antara tes antibodi,tes antigen.Setelah itu diteliti di laboratorium seperti hitung sel CD4, pemeriksaan viral load(HIV/RNA)dan tes resistensi (kekebalan).
    Jenis obat HIV yaitu antiretroviral (ARV).
    Pencegahannya hindari pergaulan bebas, menggunakan kondom saat berhubungan intim dll.


    Yanti Riyanti
    XI MIPA 1
    Biologi

    BalasHapus
  8. Nama:Delisah
    Kelas:XI MIPA 1

    AIDS disebabkan oleh infeksi HIV.yaitu suatu lentivirus dari golongan retroviridar.Transmisi infeksi HIV dapat melalui hubungan seksual , darah atau produksi darah yang terinfeksi, jarum yang terkontaminasi, serta transmisi vertikal dari ibu keanak. Diagnosis infeksi HIV dan AIDS dapat dilakukan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang yang meliputi pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan tradiologi. Tetapi ada juga jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus, jenis obat ini disebut antirefrovial (ARV).

    BalasHapus
  9. Kesimpulan:
    HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.pengidap HIV bisa memperlambat perkembangan penyakit ini, sehingga pengidap HIV bisa menjalani hidup dengan normal jika skrining menunjukan pengidap terinfeksi HIV positif,prelu menjalini tes.tes ini dilakukan dengan mengambil sempel darah pengidap untuk selanjuknya ditiliti di laborotorium jenis pemeriksaan untuk mendeteksi antara lain tes anti bodidan tes antigen setelah itu kalau positif HIV akan di tes lagi yg diantaranya hitung sel CD4,pemeriksaan viral load(HIV NRA)dan tes resitensi(kekebalan).AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, maka tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.untuk pengobatan HIV AIDS meski belum ada obatnya untuk menyembuhkan HIV, tetapi ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus. Jenis obat ini disebut antiretroviral (ARV). ARV bekerja dengan menghilangkan unsur yang dibutuhkan virus HIV untuk menggandakan diri dan mencegah virus HIV menghancurkan sel CD4. Jenis obat ARV memiliki berbagai varian, antara lain Etravirine, Efavirenz, Lamivudin, Zidovudin, dan juga Nevirapine.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:fathurrohman
      Kelas:Xl mipa 2
      👆👆👆👆

      Hapus
  10. Nama: Lu'lu Qolbi Bilqisth
    Kelas : XI MIPA 1

    HIV adalah penyakit yang belum ditemukan obatnya , tetapi ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus yang disebut dengan antirefrovial (ARV) . Penyakit ini merupakan penyakit menular , bisa dengan hubungan seksual atau jarum suntik yang tidak steril saat menggunakan narkoba . Pemeriksaan yang dilakukan sebagai diagnosis adalah dengan mengambil sampel darah atau urine pengidap untuk diteliti di laboratorium . HIV dapat dicegah dengan cara menghindari pergaulan bebas .

    BalasHapus
  11. Nama: Syifa Nur'aeni
    kelas:XI MIPA 2

    HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan melemahnya kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit,sehingga seseorang yang terkena penyakit ini gampang terkena penyakit lainnya. Jika Hiv sudah parah maka akan berlanjut menjadi AIDS. AIDS adalah ketika tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan sehingga resiko kematian sangat sangat besar. HIV dan AIDS merupakan penyakit yang mematikan karena Obat untuk menyembuhkan penyakit ini belum ditemukan, namun hanya ada obat yang dapat memperlambat perkembangan virus ini yaitu ARV. Penyebab HIV dan AIDS yaitu seringnya ganti pasangan ketika berhubungan intim dan bergantian menggunakan jarum suntik saat memakai narkoba.

    BalasHapus
  12. HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.
    Orang yang sudah berada dikondisi HIV tahap akhir ia akan rentan terkena virus AIDS.

    Penyebab HIV ialah melalui hungan intim yang tidak aman dan penggunaan jarum suntik yang bergantian dan tidak steril

    Gejala HIV dan AIDS
    Pengidap akan mengalami nyeri seperti flu,setelah terinfeksi virus
    Setelah beberapa tahun virus akan terus merusak sistem kekebalan tubuh
    Dan tubuh akan terasa nyeri,demam,merasa lelah,dulit bernapas dan hilangnya nafsu makan

    PENGOBATAN HIV
    Belum di temukan obat untuk menyembuhkan pengidap HIV namun ada ada jenis obat yang memperlambat perkembangan virus HIV yaitu jenis obat ANTIRETROVIRAL(ARV)
    Pengidap HIV harus segera mengkonsumsi ARV begitu telah diagnosis agar tidak berisiko terkena AIDS.


    PENCEGAHAN
    □Hindari pergaulan bebas
    □menggunakan kondom saat berhubungan intim
    □bersunat untuk mengurangi risiko infesi HIV



    Nama:siti Ardiyatunnur
    Kelas:XI MIPA 1

    BalasHapus
  13. Nama : Mukhamad isa
    Kelas : XI Mipa 2
    HIV adalah virus yang menyerang anti bodi atau sistem kekebelan tubuh yang menyebabkan melemahnya kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit, sedangkan AIDS adalah kondisi dimana HIV sudah pafa tahap infeksi akhir. HIV biasanya menular melalu jarum suntik dan hubungan seksual. Penyakit ini sangat berbahaya karena tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan membuat tubuh sulit untuk menyembuhkan penyakit2 ringan. Belum ada obat untuk penyakit ini, sampai saat ini hanya dapat memperlambat perkembangan virus dengen Antirefrovial (ARV)

    BalasHapus
  14. HIV adalah virus yg menyerang sistem kekebalan tubuh bahkan sampai merusak ,virus ini jika tidak segera ditangani makan akan menjadi AIDS virus ini akan lebih berbahaya karena HIV merupakn tahapan akhir.virus ini disebabkan beberapa faktor antara lain hub seksual, konsumsi narkoba dgn cara suntik dan bergantian.Obat penyakit ini blm ada sampai sekarang namun ada obat untuk memperlabat virus ini menggandakan dirinya dan mencegah virus ini menghancurkan sel cD4

    BalasHapus
  15. Nama: Sifa Ainurokhmah
    Kls : XI MIPA 1

    BalasHapus
  16. Nama: Novia Putri Ramadani
    Kelas: XI MIPA 2
    Hari /Tgl:Kamis,09 April 2020
    Tugas: Menulis kesimpulan materi HIV dan AIDS


    HIV adalah adalah virus yang menyerang imunitas tubuh dan dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Sampai saat ini obat dan penanganan untuk HIV belum ditemukan.sedangkan AIDS adalah kondisi tubuh dimana HIV sudah pada tahap akhir. Kelompok orang yang lebih beresiko terinfeksi adalah orang yang melakukan pergaulan bebas. Diagnosis HIV dan AIDS dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dan urine penderita untuk diteliti di laboratorium.jenis pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi HIV antara lain tes antibodi dan tes antigen, menghitung sel CD4,pemeriksaan HIV RNA,dan tes resitensi.Gejala HIV sendiri memiliki beberapa tahap dan cenderung menahun.Orang yg sudah terkena HIV akan mudah terserang penyakit lain atau daya tahan tubuh si penderita semakin rentan. Seperti yang sudah dipaparkan tadi,HIV masih belum ditemukan obatnya akan tetapi perkembangan virus bisa dikendalikan dengan mengkonsumsi ARV. Pencegahan HIV dan AIDS bisa dilakukan dengan cara mengindari pergaulan bebas,bersunat,dan yang terpenting jaga kesehatan tubuh dengan cara rajin berolahraga dan makan makanan yabg sehat dan bergizi. Dan satu lagi, banyak banyak berdoa kepada allah bagi kita yang tidak terkena HIV dan AIDS agar tidak tertular penyakit tersebut.

    BalasHapus
  17. Nama:Nida Nur Syahadah
    Kelas:XI MIPA 1

    HIV AIDS adalah penyakit yang sangat berbahaya karena menyerang kekebalan tubuh pengidap dan belum ditemukan obatnya.Tapi anehnya diIndonesia penularannya sangat luas.Tau kenapa? karena penularannya disebabkan oleh pergaulan bebas yang sering ada diIndonesia melalui hubungan intim, penggunaan narkotika suntik, sering membuat tato atau tindik, dan hubungan intim narkotika suntik. Jadi, berhati-hatilah dalam bergaul karena ketika salah pergaulan dapat merugikan.

    BalasHapus
  18. HIV adalah virus yg menyerang sistem kekebalan tubuh yg mampu melawan infeksi dan penyakit. Sedangkan AIDS adalah infeksi yg timbul akibat virus HIV.penyebab penularan HIV dan AIDS bisa melalui hubungan intim dan bergantian jarum suntik. Gejala HIV dan AIDS seperti sakit biasa jadi kita tdk mudah utk mengenali apakah kita menderita penyakit HIV dan AIDS ini karena gejalanya seperti demam,flu, sakit tenggorokan,dll. Pengobatannya dgn cara meminum obat Antiretroviral(ARV) dan cara pencegahannya dgn cara:
    -hindari pergaulan bebas
    -menggunakan kondom saat berhubungan intim
    -bersunat utk mengurangi risiko infeksi HIV
    -jika merasa seperti terinfeksi atau tertular virus HIV dan AIDS maka segera ke dokter.


    Nama:farchatussalimah
    Kelas:XI MIPA 2

    BalasHapus
  19. HIV adalah virus yg menyerang sistem kekebalan tubuh yg mampu melawan infeksi dan penyakit. Sedangkan AIDS adalah infeksi yg timbul akibat virus HIV.penyebab penularan HIV dan AIDS bisa melalui hubungan intim dan bergantian jarum suntik. Gejala HIV dan AIDS seperti sakit biasa jadi kita tdk mudah utk mengenali apakah kita menderita penyakit HIV dan AIDS ini karena gejalanya seperti demam,flu, sakit tenggorokan,dll. Pengobatannya dgn cara meminum obat Antiretroviral(ARV) dan cara pencegahannya dgn cara:
    -hindari pergaulan bebas
    -menggunakan kondom saat berhubungan intim
    -bersunat utk mengurangi risiko infeksi HIV
    -jika merasa seperti terinfeksi atau tertular virus HIV dan AIDS maka segera ke dokter.


    Nama:farchatussalimah
    Kelas:XI MIPA 2

    BalasHapus
  20. HIV adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan inveksi dan penyakit . Gejala HIV memiliki tahapan - tahapan, tahap pertama - tahap kedua - dan Tahap Inveksi gejalanya akan sulit terdeteksi karena penyebaran virus Ini akan terjadi dalam waktu panjang,jika sudah terdeksi pada infeksi akhir ini sudah bukan HIV tapi AIDS yaitu tubuh tidak akan lagi mampu untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.Sejauh ini belum ditemukan obat nya tetapi ada pengobatan yang dapat memperlambat perkembangan penyakit ini yaituu Obat ARV,penularan penyakit ini yaitu dengan hubungan intim yang tidak sehat,penggunaan narkoba suntik secara bergantian , orang yang berresiko terinfeksi yaitu orang yang sering di tato atau ditindik ,pengguna narkoba suntik,dll..untuk menghidari penyakit ini dengan menjauhkan diri dari pergaulan bebas,jaga kesehatan,berkhitan,dan tidak menggunakan narkoba suntik dan lainyaa

    BalasHapus
  21. HIV adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan inveksi dan penyakit . Gejala HIV memiliki tahapan - tahapan, tahap pertama - tahap kedua - dan Tahap Inveksi gejalanya akan sulit terdeteksi karena penyebaran virus Ini akan terjadi dalam waktu panjang,jika sudah terdeksi pada infeksi akhir ini sudah bukan HIV tapi AIDS yaitu tubuh tidak akan lagi mampu untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.Sejauh ini belum ditemukan obat nya tetapi ada pengobatan yang dapat memperlambat perkembangan penyakit ini yaituu Obat ARV,penularan penyakit ini yaitu dengan hubungan intim yang tidak sehat,penggunaan narkoba suntik secara bergantian , orang yang berresiko terinfeksi yaitu orang yang sering di tato atau ditindik ,pengguna narkoba suntik,dll..untuk menghidari penyakit ini dengan menjauhkan diri dari pergaulan bebas,jaga kesehatan,berkhitan,dan tidak menggunakan narkoba suntik dan lainyaa



    Nama :Nurazizah
    Kelas : XI MIPA 1

    BalasHapus
  22. Nama:Novia Rohmatun Nazilah
    kelas:XI MIPA 2
    Komentar:HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh,hal tersebut akan mengkibatkan melemahnya sistem imun untuk menjaga diri dari berbagai virus dan penyakit,gejala dari virus ini dibagi menjadi 3 tahapan,oleh karena itu jika mengalami gejala tersebut apalagi jika sudah mencapai tahapan yang ketiga maka cepat lah konsultasi pada dokter agar mendapat penanganan dan obat untuk mengobatinya.Banyak Faktor yang menyebabkan seseorang mengidap HIV dan AIDS salah satunya adalah penggunaan narkotika suntik,di Indonesia penyebaran dan penularannya paling banyak disebabkan karena berhubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik.Seseorang yang terkena virus ini dapat menularkannya pada orang lain.

    BalasHapus
  23. Nama :Rika fadilah
    Kelas:XI MIPA 1
    HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan AIDS merupakan kumpulan berbagai gejala penyakit menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh HIV. HIV menular melalui cairan vagina,sperma,jarum suntik yang tidak steril . Sampai saat ini obatnya belum ditemukan tetapi ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus . Jenis obat inih di sebut ARV .pencegahan HIV dan AIDS antara lain, menghindari pergaulan bebas ,menggunakan kondom saat berhubungan intim dan selalu menjaga kesehatan tubuh

    BalasHapus
  24. HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. HIV dan AIDS disebabkan melalui hubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba. Orang yang berisiko terinfeksi HIV adalah orang yang melakukan hubungan intim tanpa kondom, baik hubungan sesama jenis maupun heteroseksual. Sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkann penyakit HIV. agar terhindar dari HIV dan AIDS kita harus menghindari pergaulan bebas dan menggunakan kondom saat berhubungan intim.

    BalasHapus
  25. HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. HIV dan AIDS disebabkan melalui hubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba. Orang yang berisiko terinfeksi HIV adalah orang yang melakukan hubungan intim tanpa kondom, baik hubungan sesama jenis maupun heteroseksual. Sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkann penyakit HIV. agar terhindar dari HIV dan AIDS kita harus menghindari pergaulan bebas dan menggunakan kondom saat berhubungan intim.


    Nama: Siti Maharani
    Kelas: XI Mipa 2

    BalasHapus
  26. Nama:Risma Silvia
    Kelas: XI MIPA 2

    HIV adalah virus penyerang sistem imun yang dapat melemahkan fungsinya. Orang yang melakukan hubungan intim tanpa kondom, orang yang sering membuat tato, dan orang-orang yang menggunakan alat suntik bersamaan atau yang berinteraksi dengan mereka beresiko besar tertular HIV.

    Ketika HIV berada pada tahap infeksi akhir (AIDS), maka tubuh tidak lagi memiliki kemampua untuk melawan infeksi. HIV dapat dideteksi dengan tes antibodi, tes antigen, hitung sel CD 4, pemeriksaan viral load, dan tes resitensi (kekebalan). Sampai sekarang memang belum ditemukan obat untuk HIV. Namun, perkembangannya dapat dihambat dengan penggunaan obat ARV.

    Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan HIV dan AIDS yaitu menghindari pergaulan bebas, menggunakan kondom saat berhubunga intim, memberitahu pasangan jika terkena HIV, bersunat, konsultasi ke dokter jika menduga telah terinfeksi, dan jika dalam keadaan hamil hendaklah dikonsultasikan ke dokter agar anaknya tidak tertular.

    BalasHapus
  27. HIV adalah virus yg menyerang sistem kekebalan tubuh. Dan HIV juga bisa melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.Sedangkan seseorang yang mengidap penyakit HIV tidak akan langsung tau, karena penyakit HIV tidak terus terusan membuat seseorang yang terinfeksi merasakan sakit yang terus menerus.
    AIDS(Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah dimana kondisi HIV sudah pada tahap infeksi terakhir, maka ketika seseorang sudah mengalami AIDS, mereka tidak lagi memiliki kemampuan untuk selalu melawan infeksi tersebut.

    Nama:Siti Ratna Sari
    Kelas:XI MIPA 2

    BalasHapus
  28. Nama : Aisha Permatasari
    Kelas: XI MIPA 1

    HIV adalah penyakit menyerang sistem imunitas tubuh.Sistem penyerangannya adalah dengan menghancurksn sel dalam sel darah putih yang penting untuk kekebalan tubuh,yaitu CD4. HIV ini juga membutuhkan bantuan untuk menggandakan diri,yaitu dengan cara memperbanyak RNA. Semua kerja keras yang dilakukan HIV ini akan menyebabkan sistem imun tubuh rusak,dengan kata lain kekebalan tubuh hilang. Belum ada obat/penanganan untuk mematikan virus ini. Tetapi,ada prosedur-prosedur yang dapat dilakukan untuk menghambat HIV. Prosedur ini bertujuan untuk mengacak-ngacak segala kerja keras yang sudah dilakukan HIV dan yang menjadi pahlawan disini adalah ARV. Dimana ARV ini akan melemahkan unsur yang membantu HIV untuk menggandakan tubuh dan menghancurkan CDV.
    HIV ini terjadi karena hal-hal berbahaya yang mungkin dianggap sepele oleh sebagian masayarakat. Diantaranya dia berani melakukan seks bebas dan bergantian jarum suntik. Gejala HIV ini memang sangatlah biasa,yaitu hanya seperti flu. Bahkan,tidak ada gejala sama sekali. Hingga pada akhirnya terjadi beberapa masalah tubuh,yaitu diantaranya muncul bintik ungu di kulit,nafsu makan hilang,mudah sekali sakit. Tes yang akan dilakukan pertama kali adalah tes antibody dan tes antigen. Jika pasien positif HIV,maka akan dilakukan pengecekkan berlanjut yaitu hitung sel CD4,pemeriksaan viral load dan tes resitensi. Barulah ARV yang berjuang
    Cara mencegahan HIV sebenarnya sangatlah mudah,yaitu dengan cara menjauhi seks bebas,tidak menggunakan narkoba dengan suntik,jujur kepada pasangan jika sudah terinfeksi hiv dan jika anda ibu hamil,segeralah berkonsultasi kepada dokter agar dapat melakukan tindakan yang tepat sehingga janin tidak tertular HIV.

    BalasHapus
  29. Nama: Siti Sri Dewi
    Kelas: XI MIPA 2

    HIV (Human Immunedeficiency Virus) merupakan salah satu jenis virus yang dapat menyerang sistem imun. HIV dapat menimbulkan suatu penyakit yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), yaitu penyakit yang dapat mematikan kinerja antibodi di dalam tubuh. Pada umunya, penderita HIV/AIDS tidak mengalami gejala tertentu selama beberapa tahun. Sebagian besar penularan virus ini yaitu dengan free sex. Belum ada obat atau metode penanganan khusus untuk virus ini. Meskipun demikian, ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangannya yaitu antiretroval (ARV).

    BalasHapus
  30. Nama: Mufidatun Nisa
    Kelas : XI Mipa 2


    HIV merupakan virus yg menyerang melaui sistem kekebalan tubuh,apabila virus ini sudah tahap infeksi akhir maka dapat menimbulkan AIDS dalam kondisi ini tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan.Adapun orang yg mudah beresiko terinfeksi HIV salah satunya adalah orang yg mengonsumsi narkotika jenis suntik.HIV disebabkan oleh adanya hubungan intim yg tidak aman,sehingga menimbulkan gejala,gejala HIV ini mirip dengan demam bahkan baru beberapa tahun gejalanya baru terlihat.jadi sebaiknya harus di tes ke dokter.Untuk menghindari hal tersebut kita harus melakukan pencegahan salah satunya adalah menghindari pergaulan bebas.

    BalasHapus
  31. Nama: Fatimah Azzahra
    Kelas: XI Mipa¹

    HIV/AIDS Merupakan virus yang menyerang melalui sistem kekebalan tubuh,virus tersebut akan betkembang biak di dalam organ tubuh hal ini merupakan masalah serius, karena bukan hanya merupakan masalah kesehatan,tetapi juga masalah ekonomi, sosial, dan lain-lain. sifat dan efeknya sangatlah unik karena AIDS mematikan kelompok yang saling dan paling efektif secara produksi dalam masyarakat mengurangi produktivitas dan kapasitas Kebutuhan masyarakat ID sifatnya sangat mematikan sehingga menimbulkan rasa malu dan pengucilan (diasingkan) di lingkungan masyarakat

    BalasHapus
  32. Nama:Siti Sarah
    Kls:Xl MIPA 2
    Penyakit HIV adalah penyakit yg disebabkan oleh hubungan intim yang tidak aman dan bergantian mengunakan jarum suntik yang tidak seterika saat memakai narkoba.
    Untuk mengetahui orang tersebut sudah terkontaminasi atau belum yaitu dgn cara mengambil Sempel darah dan urine untuk dijual teliti di laboratorium.
    Gejala orang yang sudah terkontaminasi oleh HIV salasatuasal,pengidap akan mengalami nyeri mirip seperti flu .beber beb Minggu setelah terinfeksi .selama satu hingga dua bulan.

    BalasHapus
  33. Nama:Lala Khumaeroh
    Kls :XI mipa 1
    Hiv merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.Sedangkan AIDS adalah kondisi dimana Hiv sudah pada tahap infeksi akhir.penyebab Hiv disebabkan melalui hubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba.Gejal HiV dan AiDS yaitu,timbul demam,nyeri tenggorokan,ruam,diare,dan nyeri otot.virus Hiv ini belum ditemukan obat penyembuhannya tetapi ada obat yang di gunakan untuk memperlambat penyebaran virus di dalam tubuh yaitu obat ARV.Dan untuk menghindari Hiv kita harus menghindari pergaulan bebas,berhubungan intim hanya dengan pasangan suami atau istri,dan menggunakan kondom saat berhubungan intim.

    BalasHapus
  34. Nama: Ratnasari
    Kelas:XI MIPA 1

    HIV merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.Aids merupakan HIV sudah pada tahap invenksi akhir. Penyakit ini di sebabkan oleh melakukan hubungan intim yang tidak memakai pengaman & jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba.Penyakit HiV ini belum ada obatnya namun,ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus yaitu obat ini di sebut antiterotraviral(ARV).
    Untuk memastikan seseorang menghisap HIV atau tidak.pemeriksaan yang di lakukan sebagai langkah diagnosis dengan mengambil Sampel darah atau urine.orang yang terkena HIV mendapat gejala seperti demam,nyeri tenggorokan dlsb.

    BalasHapus
  35. HIV ialah virus yang sangat mematikan bagi penderita nya
    HIV dapat menyebar melalui berbagai cara yaitu antara lain yaitu:
    -melalui hubungan intim
    -Orang yang kulit nya di tusuk2 oleh jarum tato
    -orang yang mnggunakan suntik jarum secara bersamaan
    HIV menyerang kekebalan tubuh seseorang
    Biasanya nya gejala HIV ditandai dengan totol ungu di kulit dan tidak akan hilang,dan tumbuh nya jamur ditenggorokkan,dan membuat nfsu makan menghilang.

    Nama:A.sihabuddin(Wa selly)
    Kelas:XI mipa 2

    BalasHapus
  36. Nama:Nike Agustiana
    XI mipa 2
    HIV adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit biasa menular melalui ubungan badan (sex) jarim suntik dll. Penyakit ini belum ada obatnya tapi ada jenis obat yang dapat menghambat penyakit HiV iniARv namanay ini hanya bisa menahan agar virus tidak lebih menyebar keseluruh tubuh. Jika kt ingin terhindar dari virus HIV hindari pergaluan bebas karna banyak orang yang terkena melalui pergaulan bebas .

    BalasHapus
  37. Nama:Fikri Maula
    Kelas:XIMIPA2
    Kesimpulanya yaitu HIV/AIDS menjadi masalah yg serius,karena bukan hanya satu masalah saja yg akan muncul yaitu masalah kesehatan atau persoalan pembangunan, tetapi juga masalah ekonomi, sosial, dan lain-lain. Berdasarkan sifat dan efeknya, sangatlah unik karena AIDS mematikan kelompok yang paling produktif dan paling efektif secara reproduksi dalam
    masyarakat. Dampak yang ditimbulkan AIDS terhadap masyarakat dapat bersifat permanen atau setidaknya berjangka sangat panjang.
    AIDS secara sosial tidak terlihat (invisible) meski demikian kerusakan yang ditimbulkannya sangatlah nyata. HIV/AIDS karena sifatnya yang sangat
    mematikan sehingga menimbulkan melemahnya sistem imun﴾kekebalan tubuh﴿,rasa malu dan pengucilan dari masyarakat,hampir mirip dgn virus covid-19 .

    BalasHapus
  38. NAMA:DEWI RIA WULANDARI
    KELAS:X1 MIPA1

    HIV merupakan virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh pada seseorang.Ketika seseorang sudah mengalami Aids maka tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.
    sampai saat ini pun belum ditemukan obat untuk menyembuhkan Hiv secara tuntas,namun ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus jenis obat ini adalah Antiretrovial(ARV).Dengan menjalani pengobatan tertentu,pengidap Hiv dapat memperlambat perkembangan penyakit ini,sehingga pengidap Hiv bisa menjalani hidup dengan normal.
    Upaya yang dapat dilakukakan untuk mencegah penularan virus Hiv/Aids adalah menghindari pergaulan bebas,penggunaan narkotik suntik,berhubungan intim menggunakan kondom dan lainnya.

    BalasHapus
  39. HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit .Pengidap penyakit ini tidak akan  langsung tahu karna gejalanya yang tidak ketara hingga waktu lama. Apabila HIV sudah pada tahap infeksi akhir kondisi ini disebut AIDS.Penyakit ini belum ditemukan obatnya. Namun ada obat yang bisa memperlambat atau mengendalikan perkembangan virus yaitu antiretrioviral(ARV). Penyebarannya disebabkan melalui hubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba .Pencegahan penyakit ini  yaitu dangan menghindari pergaulan bebas ,berhubungan intim secara bebas,juga membersihkan diri.

    Nama:Tya fabia
    Kelas:XI Mipa 1

    BalasHapus
  40. Nama : Fatimah Azzahroh
    kls: XI mipa 2

    Kesimpulan:
    HIV(Human Immunodefi ciency virus)adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang melemahkan kemampuan tubuh.
    begitu pula obat penanganan HIV belum ditemukan .dan AIDS adalah dimana kondisi HIV sudah pada tahap infeksi akhir.ketika seseorang sudah mengalami AIDS tubuhnya tidak akan lagi memiliki kemampuan lagi untuk melawan infeksi yang telah di timbulkan .
    Penularan HIV paling banyak disebabkan melalui Hubungan intim yang tidak aman dan secara bergantian .Gejala dari HIV dapat timbul Demam,diare,nyeri otot dan sendi berlangsung hingga 10 tahun atau lebih .Gejalanya Sulit untuk bernafas dan setiap hari nya mengalami kecapean dan merasa lelah hingga hilangnya nafsu makan.
    Walaupun obat HiV itu belum di temukan obatnya ada juga obat yang dapat memperlambatkan perkembangan virus yang ada pada dalam tubuh yaitu obatnya adalah ARV(Antiretroviral)Agar perkembangan virus dapat dapat di kendalikan dan harus segera mengomsumsi obat tersebut apabila tidak Resiko pengidap HIV untuk terserang AIDS akan semakin besar karena Berkembangannya sangat cepat apabila pengobatannya di tunda.selain itu pengidap juga boleh untuk mengomsumsi lebih dari 1 obat ARV dalam sehari.
    Pencegahan HIV,Dilakukan hanya untuk berhubungan intim hanya dengan pasangan suami atau istri,dan hindari pergaulan bebas,dan selalu jaga kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  41. Nama:Mutiara Fatmiyah
    Kelas:XI MIPA 2

    HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sampai saat ini virus HIV belum ditemukan metode pengobatannya, namun jika kita menjalani pengobatan maka bisa memperlambat berkembangnya virus itu.Gejala HIV timbul seperti demam,diare,nyeri otot dan sendi berlangsung hingga 10 tahun lebih.HIV disebabkan karena hubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba .Pencegahan penyakit ini yaitu dangan menghindari pergaulan bebas,dan selalu menjaga kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  42. Nama:HIDAYAT
    Kelas: XI MIPA 1


    HIV adalah penyakit' yang berbahaya penyakit ini bisa menyerang kekebalan tubuh manusia. Virus ini bisa bisa menular dan penularan ini melalui :Orang yang melakukan hubungan intim tanpa kondom, baik hubungan sesama jenis maupun heteroseksual.
    Orang yang sering membuat tato atau melakukan tindik.
    Orang yang terkena infeksi penyakit seksual lain.
    Pengguna narkotika suntik.
    Orang yang berhubungan intim dengan pengguna narkotika suntik.

    Gejala HIv timbulnya seperti demen,diare,nyeri otot
    Virus ini tidak ada obatnya namun ada obat yang memperlambat penghambatan HIV
    Pencegahan HIV dan AIDS
    -Hindari pergaulan
    -Menggunakan kondom saat berhubungan intim.
    -bersikap jujur kalo terkena virus hiv

    BalasHapus
  43. NAMA : FIRMAN SUGANDI
    KELAS : XI MIPA 1
    HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan penyakit DAN
    AIDS adalah suatu kumpulan gejala penyakit kerusakan system kekebalan tubuh; bukan penyakit bawaan tetapi diddapat dari hasil penularan di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, maka tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.
    Lebih sImpul nya kita harus Waspada terhadap Virus HIV AIDS. Di atas juga menjelaskan tentang pengertian HIV AIDS, FAKTOR DAN RESIKO, Penyebab HIV dan AIDS, Penyebab HIV dan AIDS, DAN CARA* Pencegahan HIV/ AIDS.
    Anda bisa membacanya dengan lebih lengkap lagi di atas yang telah tersusun dengan rapi oleh ibu fatimah. Kita sebagai orang yang sehat harus waspada terhadap virus tersebut, kalau bisa kita juga jangan sampai terlibat/terkena virus HIV AIDS

    BalasHapus
  44. Nama: Dewi Sujinah
    Kelas: XI MIPA 2



    HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi sel darah putih,jikala sel darah putih semakin banyak dihancurkan maka kekebalan tubuh semakin lemah. Sedangkan AIDS merupakan suatu induknya yaitu kondisi yang sangat serius atau virus infeksi stadium akhir.
    Virus HIV AIDS adalah penyakit menular seksualitas yang bisa disebabkan dengan berhubungan intim. Penyakit HIV AIDS ini merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan karena belum bisa ditemukan obat yang dapat memulihkannya hingga saat ini, tetapi masih ada salah satu jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus yaitu Antiretrovial (ARV) . Jadi orang yang belum terserang dengan penyakit ini lebih baik mencegah dengan hindari pergaulan bebas atau berhubungan intim hanya dengan pasangan suami istri.

    BalasHapus
  45. Saya Menyimpulkan Dari Materi di atas bahwa HIV (Human Immunodeficiency virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan penyakit dan AIDS(Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Maka Jika sudah teterkena ia akan mudah sakit, jadi Kita harus jauhi pergaulan bebas dan harus mendekatkan diri kepada allah swt agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas
    Sekian dari saya Wassalamualaikum wr.wb😊


    Nama: Denmas teo bimantara
    Kelas : XI MIPA 2

    BalasHapus
  46. HIV ( human Immunodeficiency virus) ialah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.sedangkan AIDS (aequired immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi dimana HIV sudah pada tahap infeksi akhir.makanya penyakit ini dianggap berbahaya krena obatnya pun belum bisa ditemukan dan bisa membuat tubuh mudah lelah dan mudah sakit,akibat penyakit ini ialah dari hubungan intim secara bebas atau salah satu dari pasangan mengidap penyakit tersebut dan melakukan narkotika suntik.gejalanya pun seperti flu, demam,dan nyeri tenggorokan. Obanyapun sulit untuk ditemukan sehingga sulit untuk sembuh.makanya penyakit ini berbahaya untuk tubuh kita makanya kita harus menghindari hal-hal yang menyebabkan penyakit tersebut dan harus selalu jaga kesehatan
    Nama :Santi
    Kelas:XI mipa2

    BalasHapus
  47. NAMA :ABU HASAN
    KELAS:XI MIPA 2
    HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sampai saat ini virus HIV belum ditemukan metode pengobatannya, namun jika kita menjalani pengobatan maka bisa memperlambat berkembangnya virus itu. Orang yang terinfeksi virus ini tidak akan tau bahwa iya sedang terinfeksi karna proses penyebaran virus ini sangat lama bisa bertahun tahun. Namun, jika kita sudah mengetahui bahwa kita sudah terserang virus HIV. Kita harus melakukan penanganan secara efektif agar kita tidak terkena AIDS. AIDS adalah infeksi yang timbul karna rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat infeksi HIV. Penyebab terkena HIV itu biasanya karena hubungan intim yang tidak aman atau bisa juga karna penularan dari ibu ke bayi saat hamil melalui proses melahirkan atau proses menyusui.

    BalasHapus
  48. Nama:Azizah Noviantikaa Kartubi
    Kelas:XI MIPA 1


    HIV adalah adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit obat untuk penyembuhan penderita penyakit HIV sampai sekarang belum juga ditemukan.AIDS adalah kondisi dimana HIV sudah pada tahap terinfeksi terakhir.Ketika sesesorang sudah mengalami AIDS,maka tubuh tidak akan lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan dan dan orang yang mengalami HIV AIDS juga daya tahan tubuhnya akan semakin lemaha atau semakin berkurang sehingga orang tersebut tubuhnya akan rentan sakit.karena penyakit ini sangat beresiko tinggi.
    Penyebab tertularnya HIV AIDS ini biasanya orang yang sering melakukan hubungan seks secara berganti ganti pasangan,selain itu juga karena bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril
    Untuk menghindari penyakit ini kita harus menjauhi pergaulan bebas di luaran,dan tidak untuk berhubungan seks dengan berganti ganti pasangan.





    BalasHapus
  49. HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem imun tubuh atau sistem petahanan tubuh, sehingga menjadikan imun dalam tubuh manusia tidak bisa melawan virus dalam artian tubuh menjadi lebih terserang penyakit. Sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah dimana kondisi tubuh sudah dalam tahap melemah dalam sistem imun pun sudah sulit dalam pertahanan, hal ini dikarenakan virus HIV dan AIDS. Gejala HIV dibagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah tahap infeksi akut, dan terjadi pada beberapa bulan pertama setelah seseorang terinfeksi HIV. Pada tahap ini, sistem kekebalan tubuh orang yang terinfeksi membentuk antibodi untuk melawan virus HIV. Tetapi sayangnya hal ini sedikit disadari oleh orang yang sudah terinveksi.
    Gejala AIDS sendiri salah satunya ialah Berat badan turun tanpa diketahui sebabnya dan Bercak putih di lidah, mulut, kelamin, serta anus. Hal ini dikarenakan oleh human immunodeficiency virus (HIV). HIV yang masuk ke dalam tubuh akan menghancurkan sel CD4 ( sel darah putih yang melawan infeksi ). Semakin virus melawan sel CD4 maka semakin melemah sel CD4 untuk melawan, terlebih obat yang ditemukan baru hanya bisa untuk mengurangi virus meluas bukan untuk menyembuhkan . Antiretroviral (ART) adalah obat untuk meredam pertumbuhan virus dengan cara menghilangkan unsur yang terkait dengan bertumbuhnya virus dan mencegah virus untuk menghancurkan sel CD4. Salah satu cara mencegah tertularnya virus tersebut adalah menghindari pergaulan bebas, karena pergaulan bebas virus rentan untuk tertular kepada lawan main.

    Nama : Agni Setianingrum
    Kelas : 11 MIPA 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. lawan main diganti dengan kata lain ya, misalnya pasangan hubungan intim

      Hapus
  50. Nama : mufasihatul munnaffaroh
    Kelas : XI mipa 2
    Komentar :
    HIV adalah penyakit berupa virus yang menyerang sistem imun atau kekebalan tubuh , dan ketika virus ini telah ke tahap ahir maka di sebut AIDS.
    Orang yang biasanya rentan untuk terkena adalah orang yang sering , bahkan gonta ganti pasangan intim , bertato , dan bisa lewat suntikan yg bergonta ganti , gejalanya adalah demam , flu , dll . bahkan bisa tidak ada gejala , penyakit ini sangat bisa menular kepada , hubungan intim dengan org yg memiliki HIV / AIDS , sampe sekarang belum di temukan , tapi ada obat penangkal yaitu obat ARV .
    Ada banyak bilang orang " lebih baik mencegah dari pada mengibati " untuk itu marilah kita mencegah penyakit ini dengan berhubungan intim hanya dengan pasangan dan menggunakan kondom dll.

    BalasHapus
  51. Nama :Malikibnu
    Kelas:X MIPA I

    Kesimpulan:

    HIV, adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. AIDS adalah kondisi dimana HIV sudah pada tahap akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS maka tubuh orang tersebut tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang di timbulkan.
    Meskipun sampai saat ini belum ada obat untuk menangani HIV. Akan tetapi ada jenis obat obat yang memperlambat perkembangan virus terserbut.jenis obat tersebut adalah Antiretroviral (ARV). ARV bekerja dengan menghilangkan unsur yang di butuhkan oleh virus HIV untuk menggadakan diri fan mencegah virus HIV mengancurkan sel CD4.

    BalasHapus
  52. Nama:Kodirun Santoso
    Kelas:XI mipa2



    Kesimpulan yang dapat saya ambil dari materi bahaya HIV virus adalah virus yg termasuk melemahkan kemampuan organ tubuh kita,dan juga termasuk bisa menyerang sistem kekebalan tubuh juga,sehingga tubuh kita akan terjadi infeksi dan mudah sekali sakit.dan HIV virus ini dapat juga menular dan beresiko besar bagi orang yang di tato dan juga di tindik,terus juga bagi orang yang berhubungan intim dengan seseorang narkotika suntik sangat besar banget resikonya makanya itu jagalah dirimu dari pergaulan bebas remaja masa sekarang karena itu sangat membahayakan bagi kita semua

    BalasHapus
  53. NAMA: ROBI'ATUL ADAWIYAH
    KELAS: XI MIPA 2
    MAPEL: BIOLOGI
    HARI, TGL: JUM'AT, 10 APRIL 2020

    Kesimpulan yang dapat saya ambil dari materi diatas adalah, bahwasannya virus HIV merupakan termasuk salah satu virus berbahaya yang hingga kini belum ditemukan obat penawarnya. Virus HIV jni menyerang melalui sistem imun/ daya tahan tubuh seseorang. Dinegara Indonesia penyebaran dan penularan HIV paling banyak disebabkan melalui hubungan intim yang tidak aman dan pergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba. Seseorang yang terinfeksi HIV dapat menularkannya kepada orang lain bahkan sejak beberapa minggu tertular semua orang beresiko terinfeksi HIV. Yang lebih berbahayanya lagi, penderita yang mengidap penyakit HIV ini tidak merasakan gejala apapun dan rentan bertahannya bisa sampai 10 tahun tak terasa apa-apa.
    Meskipun sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan HIV, akan tetapi ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus tersebut. Jenis obat ini disebut antiretroviral (ARV) yg dapat mencegah virus HIV dan menghancurkan sel CD4. ARV ini bisa dikonsumsi lebih dari 1 dalam sehari sesuai instruksi dari dokter
    Upaya Pencegahan dari virus HIV ini yakni dengan cara menghindari pergaulan bebas dan hanya berhubungan dengan suami istri,menggunakan kondom saat berhubungan intim, bersunat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Robi, jangan telat lagi ya untuk ke depannya

      Hapus
  54. Nama : kheroni
    Kelas: xi mipa 1

    Kesimpulan yg bisa saya ambil virus HIV ini menyerang kekebalan tubuh manusia,kekebalan manusia ini salah satu organ vita, virus ini sangat bahaya karna blom ada obatnya,biasanya penyakit ini juga mudah tertular jika melakukan hubung dngan orng yg memiliki HIV dan bekas suntikan" dari orng yg terkena hiv, mari kita hidup sehat dengan tidak berhubungan dgn orng yg mempunyai HIV atau yg bisa menyebabkan kita terkena penyakit tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Ron. lbh berusaha tepat waktu ya.

      Hapus
  55. Nama:M.Adrian.R
    Kelas:XI Mipa 1

    HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sampai saat ini virus HIV belum ditemukan metode pengobatannya
    Virus HIV ini dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun Orang yang telah mengidap virus AIDS akan menjadi pembawa dan penular AIDS selama hidupnya, walaupun tidak merasa sakit dan tampak sehat

    BalasHapus
  56. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
  57. Anang nursiyam
    XI mipa 1
    BiollogiHIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sampai saat ini virus HIV belum ditemukan metode pengobatannya
    Virus HIV ini dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun Orang yang telah mengidap virus AIDS akan menjadi pembawa dan penular AIDS selama hidupnya, walaupun tidak merasa sakit dan tampak sehat.

    BalasHapus
  58. Anang nursiyam
    XI mipa 1
    BiollogiHIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sampai saat ini virus HIV belum ditemukan metode pengobatannya
    Virus HIV ini dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun Orang yang telah mengidap virus AIDS akan menjadi pembawa dan penular AIDS selama hidupnya, walaupun tidak merasa sakit dan tampak sehat.

    BalasHapus