Sabtu, 29 Januari 2022

Organisasi

 ORGANISASI


Pengertian Organisasi

Ø   Etimologi (bahasa) : berasal dari bahasaYunani, organon yang berarti alat.

Ø   Terminologi (istilah) :

     -  Organisasi adalah tempat atau wadah bagi orang-orang yang berkumpul yang memiliki tujuan yang sama, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode dan lingkungan), sarana dan prasarana, data dsb, yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

     -  Sebuah perkumpulan atau hubungan yang sistematis dan efektif untuk mencapai hasilyang diinginkan.

Komponen/Ciri  Organisasi

  1. Adanya sekelompok orang yang saling bekerjasama
  2. Adanya tujuan yang sama
  3. Adanya bentuk/struktur
  4. Adanya aktivitas

Prinsip Organisasi

  1. Mempunyai tujuan yang jelas
  2. Tujuan organisasi harus diterima dan dipahami oleh setiap individu di dalam organisasi
  3. Memiliki kesatuan arah
  4. Adanya keseimbangan antara wewenang dengan tanggung jawab
  5. Berkesinambungan
  6. Penempatan orang harus sesuai ahlinya, orang pemangku jabatan harus mau belajar
  7. Adanya pembagian tugas

Manfaat Berorganisasi

  1. Menumbuhkan rasa kebersamaan
  2. Memperkuat tali persaudaraan
  3. Menebarkan rasa tolong menolong
  4. Memperkaya informasi
  5. Meningkatkan kualitas pribadi
  6. Membangkitkan semangat juang
  7. Mengurangi sifat egois
  8. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
  9. Belajar berbicara di depan umum
  10. Belajar manajemen berorganisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar