ORGANISASI
Pengertian Organisasi
Ø Etimologi
(bahasa) : berasal dari bahasaYunani, organon yang berarti alat.
Ø Terminologi
(istilah) :
- Organisasi
adalah tempat atau wadah bagi orang-orang yang berkumpul yang memiliki tujuan
yang sama, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin
dan terkendali dalam memanfaatkan
sumber daya (uang, material, mesin, metode dan lingkungan), sarana dan
prasarana, data dsb,
yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan tersebut.
- Sebuah
perkumpulan atau hubungan yang sistematis dan efektif untuk mencapai hasilyang
diinginkan.
Komponen/Ciri Organisasi
- Adanya
sekelompok orang yang saling bekerjasama
- Adanya
tujuan yang sama
- Adanya
bentuk/struktur
- Adanya
aktivitas
Prinsip Organisasi
- Mempunyai tujuan yang jelas
- Tujuan organisasi harus diterima dan dipahami oleh setiap individu di dalam organisasi
- Memiliki kesatuan arah
- Adanya keseimbangan antara wewenang dengan tanggung jawab
- Berkesinambungan
- Penempatan orang harus sesuai ahlinya, orang pemangku jabatan harus mau belajar
- Adanya pembagian tugas
Manfaat Berorganisasi
- Menumbuhkan rasa kebersamaan
- Memperkuat tali persaudaraan
- Menebarkan rasa tolong menolong
- Memperkaya informasi
- Meningkatkan kualitas pribadi
- Membangkitkan semangat juang
- Mengurangi sifat egois
- Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
- Belajar berbicara di depan umum
- Belajar manajemen berorganisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar