Sabtu, 29 Januari 2022

Administrasi

 ADMINISTRASI

Pengertian Administrasi

Secara etimologi administrasi berasal dari bahasa Yunani, administrare yang berarti pengabdian/pelayanan. Sedangkan secara terminologi berarti :

- Sempit : kegiatan penyusunan dan pencatatan sebuah data dan informasi dengan sistematis (tata usaha).   

- Luas : usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.

Ciri-Ciri Administrasi

  1. Adanya kelompok manusia
  2. Adanya kerja sama
  3. Adanya proses atau usaha
  4. Adanya bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
  5. Adanya tujuan

Fungsi Administrasi

  1. Perencanaan
  2. Pengorganisasian
  3. Penyusunan personalia
  4. Pengarahan/bimbingan
  5. Pengkoordinasian
  6. Pelaporan
  7. Penganggaran

Fungsi lain administrasi adalah pemotivasi (motivating), penggerakan (actuating), penilaian (evaluating) dan pengontrolan (pengawasan).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar