ADMINISTRASI
Pengertian Administrasi
Secara etimologi administrasi berasal dari bahasa Yunani, administrare yang berarti pengabdian/pelayanan. Sedangkan secara terminologi berarti :- Sempit : kegiatan penyusunan dan pencatatan sebuah data dan informasi dengan sistematis (tata usaha).
- Luas : usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.
Ciri-Ciri
Administrasi
- Adanya kelompok manusia
- Adanya kerja sama
- Adanya proses atau usaha
- Adanya bimbingan, kepemimpinan
dan pengawasan
- Adanya tujuan
Fungsi
Administrasi
- Perencanaan
- Pengorganisasian
- Penyusunan personalia
- Pengarahan/bimbingan
- Pengkoordinasian
- Pelaporan
- Penganggaran
Fungsi lain administrasi adalah pemotivasi (motivating), penggerakan (actuating), penilaian (evaluating) dan pengontrolan (pengawasan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar